11 Langkah Cara Menggambar Wajah Pria ala Manga

Ketika membaca manga, mungkin banyak dari kita yang kemudian mengkhayalkan untuk membuat karakter manga sendiri. Tapi banyak pula yang meragu karena tidak yakin mampu menggambar dengan baik. Padahal cara menggambar manga tidak terlalu sulit bila kita mau berlatih, kuncinya adalah membiasakan diri dan banyak belajar/meniru contoh karya orang lain.

Kali ini kita akan mencoba berlatih cara menggambar wajah pria ala manga. Sebelum kita mulai menggambar, persiapkan dulu 5 peralatan wajib untuk membuat gambar dasar, tidak perlu sampai tahapan mewarnai, cukup menggambar dulu. Apabila ke-5 peralatannya sudah siap, coba ikuti 11 langkah berikut:

  1. Awal menggambar, kita akan menggunakan pensil. Buatlah lingkaran di bagian tengah sketchbook, agak sedikit ke atas karena lingkaran ini akan menjadi cikal bakal bagian atas kepala.
  2. Buat garis vertikal membelah lingkaran yang telah kita buat. Garis ini akan menjadi garis tengah wajah, akan membantu kita untuk menempatkan mata, hidung, mulut dengan proporsional.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 1 & 2

  3. Buat garis horizontal di 1/3 bagian bawah lingkaran. Garis horizontal ini akan menjadi titik tengah wajah, pertemuan antara garis vertikal di no. 2 dengan garis horizontal akan menjadi tempat meletakkan hidung, sementara kedua sisi ujung garis adalah tempat meletakkan telinga.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 3

  4. Bentuk rahang dan dagu di bagian bawah lingkaran. Untuk mudahnya kita dapat membuatnya seperti huruf U, di mana kedua ujung dari huruf U tersebut menempel pada dua sisi lingkaran.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 4

  5. Mulailah menggambar mata pada sisi atas garis horzintal, hidung dan mulut pada sisi bawah garis horizontal.
  6. Gambarlah telinga pada kedua ujung garis horizontal, buatlah agar sejajar dengan posisi mata.

    Wajah ala Manga

    Langkah 5 & 6

  7. Buatlah rambut. Contoh-contoh rambut dapat ditiru dari gambar-gambar yang ada, apakah model lancip seperti landak, bergumpal seperti awan, realis seperti rambut asli, atau lainnya terserah kita.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 7

  8. Tebalkan bagian yang diinginkan dengan tinta. Proses ini biasa disebut dengan inking.
  9. Hapus sketsa awal pensil kita, sehingga nanti yang tersisa hanya sketsa setelah inking.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 8 & 9

  10. Buat efek bayangan dengan pensil. Efek bayangan ini tergantung dari sudut mana pencahayaan kita inginkan, bila dari depan wajah, berarti akan minim bayangan, bila dari bawah berarti bayangan akan gelap di bagian atas wajah, begitu seterusnya.

    Wajah Pria ala Manga

    Langkah 10 & 11

  11. Rapikan gambar dengan penghapus. Kadang dalam prosesnya banyak gambar atau arsiran pensil kita yang keluar garis, hapus dan rapikan bagian itu. Apabila terdapat kesalahan saat proses inking, dapat dihapus dengan tinta putih.
Cara Menggambar Manga

Contoh Wajah-wajah Pria ala Manga

Demikianlah cara menggambar wajah pria ala manga, ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Asal sering berlatih dan mencontoh gambar-gambar dari manga yang sudah ada, nanti kita akan terbiasa.

Agar lebih jelas, dapat disimak video tutorial berikut:

3 Comments

  1. abi mg April 20, 2017
  2. Nafiza July 6, 2017
  3. yhan August 28, 2017

Add Comment