Tahukah Kamu 4 Komik Jepang Populer Ini Belum Ada Versi Animenya?

Dari sekian banyak karya manga bermunculan, sudah lumrah jika ada komik-komik yang unggul dalam hal popularitas dibandingkan dengan yang lain. Meski biasanya komik manga dibagi segmentasi sesuai pangsa pasar yang dituju, namun ada beberapa karya manga yang mampu menyeberang melintasi berbagai segmen pembaca komik. Hal inilah yang membuatnya menjadi populer. Namun, polularitas tidak lantas menjadi alasan suatu komik dibuatkan versi animenya lho.

Berikut ini adalah 4 manga populer yang sampai sekarang belum ada animenya.

1. Vagabond

Vagabond menyajikan cerita tentang petarung yang memiliki ambisi untuk menjadi jagoan tarung nomor satu di dunia. Shimmen Takezo dan Matahachi pada awalnya pergi berperang ke daerah Sekigahara. Di sana, mereka mengalami kekalahan sehingga menjadi buronan pihak lawan. Dalam pelarian, mereka berdua bertemu seorang janda bernama Oko dan putrinya. Tak lama berselang mereka diserang oleh sekelompok bandit pimpinan Tsujikaze Tenma. Saat hendak melawan bandit-bandit tersebut, Matahachi kabur bersama Oko sedangkan Takezo ditinggal sendiri.

Komik Vagabond Tanpa Anime

Musashi Dalam Vagabond (zerochan.net)

Pulanglah Takezo ke kampung halamannya, namun ibu Matahachi tidak mau menerima penjelasannya dan merasa Takezo telah menelantarkan Matahachi, meninggalkannya sendirian. Merasa kesal, ibu Matahachi menjebak Takezo. Takezo pun kabur ke dalam hutan. Di sana ia bertemu dengan Otsu, teman kecilnya dan Takuan Soho seorang rahib yang konyol. Rahib itu kemudian mengganti nama Takezo menjadi Miyamoto Musashi. Petualangan barunya pun dimulai.

Kisah ini diangkat dari novel berjudul Musashi karya Eiji Yoshikawa, sedangkan versi manganya dibuat oleh Takehiko Inoue dan diberi judul Vagabond. Manga ini terbit sekitar tahun 1998 di Jepang. Inoue mulai menggambar komik ini dengan menggunakan kuas sepenuhnya pada jilid ke-18, membuat gambar komiknya terlihat lebih realistis dan indah. Tak heran komik Vagabond berhasil memenangkan Kodansha Manga Award kategori Umum di tahun 2000 dan mendapat Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka pada tahun 2002. Prestasi yang menjadikannya salah satu komik populer di Jepang.

Komik Berlatar Novel Yang Tak Diadaptasi Dalam Anime

Novel Musashi oleh Eiji Yoshikawa (testpressing.org)

Walau populer, Vagabond bukan tanpa kritik. Kritikan atas banyaknya adegan kekerasan seperti saat Takezo membacok kepala musuh atau ketika Shishido Baiken menghancurkan kepala lawannya dengan rantai menjadi salah satu pertimbangan untuk tidak dibuatkan versi animenya.

BACA JUGA  Keren! Ternyata 7 Karakter One Piece Ini Memang Ada di Dunia Nyata

2. 20th Century Boys

Komik ini berkisah tentang Kenji Endo yang bergabung di organisasi misterius bernama “Sahabat”. Namun, selama perjalanannya bergabung dalam organisasi, Kenji merasakan beberapa hal yang janggal dan curiga terhadap organisasinya sendiri. Ia berpikir bahwa kejadian-kejadian aneh dan bencana yang terjadi di Jepang saat itu merupakan ulah dari “Sahabat”.

Sahabat, Tokoh Komik Yang Tidak Diangkat ke Anime

Sahabat (20thcenturyboys.wikia.com)

Ia jadi teringat akan khayalan masa kecilnya tentang serangan monster, dimana Kenji dan teman-temannya menuliskan khayalan mereka dalam Buku Ramalan. Entah bagaimana, semua yang menjadi khayalan mereka di masa kecil itu, menjadi nyata ketika dia bergabung dengan organisasi “Sahabat”. Kenji kemudian berusaha mengumpulkan teman-teman kecilnya untuk mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Di sinilah petualangan mereka bermula.

Komik 20th Century Boys Belum Ada Animenya

Karakter 20th Century Boys (photobucket.com)

Karakter Kenzi Endo dalam manga 20th Century Boys merupakan buah karya Urasawa Naoki yang terbit sejak tahun 1999. Manga ini berhasil meraih Kodansha Manga Award tahun 2001 untuk kategori umum. Urasawa Naoki memiliki ciri khas berupa cerita yang berat dan kompleks. Hal ini menjadi keunikan dari komik-komik karyanya yang populer, seperti Monster dan Pluto.

Belum ada kejelasan tentang versi anime dari 20th Century Boys, namun versi live action dari komik ini telah dirilis pada tahun 2008 – 2009.

3. Harlem Beat

Bercerita tentang Toru Naruse, seorang remaja SMA yang selalu menjadi pemain cadangan klub bola basket serta mudah putus asa. Suatu hari ia bertemu dengan Syu, pemain three on three yang handal. Dari Syu, Naruse berlatih keras hingga bisa menjadi pemain basket yang hebat. Cerita petualangannya seputar kejuaraan street-basket pun dimulai. Perjuangan Toru Naruse yang membuat banyak penikmat komik tertarik untuk membacanya dan menjadi salah satu komik yang recommended.

Komik Harlem Beat Yang Belum Diangkat ke Anime

Toru Naruse (zerochan.net)

Manga Harlem Beat dibuat oleh Yuriko Nishiyama. Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Nishiyama yang menjelaskan alasan mengapa Harlem Beat tidak dibuatkan versi animenya.

BACA JUGA  3 Mangaka Ini Adalah Sumber Inspirasi Komik Bleach, Siapakah Mereka?

4. Yotsuba&!

Dia adalah anak usia 5 tahun yang memiliki karakter serba ingin tahu, lincah, teledor namun tetap lucu. Yup, itulah Yotsuba Koiwai, seorang gadis lima tahun yang belum jelas asal-usulnya. Ayah angkatnya, Koiwai, memanggil Yotsuba dengan sebutan “Aneh”.

Yotsuba bertetangga dengan keluarga Ayase yang memiliki 3 orang putri bernama Asagi, Fuuka dan Ena. Petualangan Yotsuba sering kali dilakukan dengan mereka bertiga.

Komik Yotsuba&! Masih Belum Ada Animenya

Yotsuba Koiwai (zerochan.net)

Cerita seputar kehidupan anak-anak ini disajikan begitu apik oleh Kiyohoko Azuma. Balutan komedi menambah hangatnya kisah keseharian keluarga yang ringan, namun memiliki muatan pendidikan anak. Manga Yotsuba&! mendapat banyak penghargaan serta penjualan yang cukup fantastis di setiap jilidnya. Walau popularitas komik ini terus meningkat, namun Azuma belum memiliki rencana untuk membuat versi animenya hingga saat ini.

Yotsuba Dalam Komik

Yotsuba dan Ayah Angkatnya (yotsubatobr.wordpress.com)

Ternyata tidak semua mangaka tertarik membuat versi animasi untuk karyanya. Dengan berbagai alasan dan pertimbangan, sebaiknya kamu para penggemar 4 manga di atas harus bersabar dengan keputusan mereka.

Add Comment