5 Tokoh Komik Muslimah Buatan Marvel

Setelah kemarin dibahas tentang 5 tokoh muslim dalam komik-komik Marvel, kali ini yang akan diangkat adalah 5 superhero muslimah Marvel Comics. Superhero yang masuk pembahasan adalah mereka yang memiliki peran penting dalam komik, bukan peran minor atau peran antagonis. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Faiza Hussain

Muncul pertama kali dalam komik Captain Britain and MI: 13 #1 (Mei 2008), Faiza awalnya hanyalah seorang manusia biasa yang berprofesi sebagai dokter. Ketika terjadi penyerangan oleh para Skrull ke bumi, Faiza mencoba berperan di tengah konflik dengan mengobati orang-orang yang terluka. Faiza kemudian terkena tembakan laser salah satu Skrull yang ternyata malah memberinya kekuatan super untuk menampilkan bagian dalam tubuh manusia, sehingga dapat memudahkannya membedah dan mengobati penyakit. Selain itu Faiza juga jadi memiliki kekuatan untuk membuat orang lain tidak bergerak, sehingga mudah untuk dikalahkan.

Faiza Hussain dan Excalibur

Faiza Hussain (comicvine.com)

Setelah para Skrull dikalahkan, Faiza mendapatkan kemampuan untuk mengangkat pedang legendaris, Excalibur. Hal itu membuatnya diangkat menjadi anggota MI: 13, dinas rahasia intelijen Inggris yang beranggotakan superhero. Nama alias Faiza adalah Excalibur.

2. Kamala Khan

Kamala Khan alias Ms. Marvel adalah remaja muslim 16 tahun keturunan Pakistan, karangan G. Willow Wilson dan digambar oleh Adrian Alphona. Muncul pertama kali dalam Captain Marvel #14 (Agustus 2013), Kamala kemudian memiliki komiknya sendiri yang berjudul Ms. Marvel, menjadi superhero muslimah pertama yang dibukukan secara solo oleh Marvel Comics.

Ms Marvel Superhero Muslimah

G. Willow Wilson dan Ms. Marvel (mangaforever.net)

G. Willow Wilson yang juga adalah seorang muslimah mualaf, menjelaskan tentang tokoh yang dibuatnya dengan kalimat, “Ini bukanlah Islamisasi (evangelism), adalah penting bagi saya untuk menggambarkan perjuangan seorang Kamala untuk mempertahankan keimanannya. Kakaknya sangatlah konservatif dalam berislam, ibunya paranoid bahwa Kamala akan salah bergaul dan hamil, sedang ayahnya lebih fokus pada pendidikan Kamala dan menginginkannya menjadi dokter.”

Ms Marvel dalam Cover Komik Amerika

Kamala Khan (depan) dan Captain Marvel (rard.net)

Kamala menjadi Ms. Marvel menggantikan Carol Danvers, Ms. Marvel sebelumnya yang kemudian merubah aliasnya menjadi Captain Marvel. Kamala memiliki kekuatan untuk merubah bentuk tubuhnya menjadi besar, kecil atau memanjang.

BACA JUGA  Inilah 10 Musuh Terkuat yang Pernah Dihadapi X-Men

3. Monet St. Croix

Terlahir di Sarajevo, Bosnia dengan nama Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix, Monet adalah anak ke-2 dari pasangan Jamila (Aljazair) dan Cartier St. Croix (Prancis). Pasangan Jamila dan Cartier memiliki 4 anak yang kesemuanya mempunyai kekuatan mutant, dari ke-4 anak tersebut, Monet dibesarkan oleh ibunya dengan nilai-nilai keislaman, salah satunya adalah mengajarkan membaca Al-Fatihah ketika merasa takut.

Monet adalah superhero Muslimah

Monet Diajarkan Membaca Al-Fatihah (comicvine.com)

Kemunculan perdana Monet adalah di komik Uncanny X-Men #316 (September 1994). Monet memiliki nama alias Penance atau M, kekuatannya adalah kecepatan supersonik, telekinesis, telepati dan mampu mendeteksi keberadaan mutant lainnya.

M atau Penance, Muslimah Sejak Kecil

Monet St. Croix (community.comicbookresources.com)

4. Monica Chang

Monica Chang muncul sebagai Black Widow dalam seri Ultimate Comics: Avengers #3 (2010) yang disusul dengan kemunculan regulernya dalam Avengers A.I. (Artificial Intelligence). Monica pada awalnya adalah anggota pasukan Amerika Serikat yang diselamatkan oleh Nick Fury dari pasukan musuh di Bosnia. Fury kemudian menikahinya dan pernikahan itu hanya bertahan selama 6 bulan, setelah Monica menemukan fakta bahwa Fury telah selingkuh dengan beberapa perempuan lain.

Terlahir sebagai seorang Asia-Amerika, Monica sempat menjadi direktur S.H.I.E.L.D. saat direktur sebelumnya yang menggantikan Fury, Marvin Flumm ditangkap atas tuduhan percobaan pembunuhan terhadap presiden.

Black Widow Muslimah

Monica Chang (comicvine.com)

Dalam Avengers A.I. #4 (2013) Monica Chang mengungkapkan bahwa dirinya adalah seorang muslimah. Diceritakan bahwa Monica yang sedang menunaikan sholat, ditunggui oleh Doombot, anggota Avengers A.I. yang memiliki Artificial Intelligence Dr Doom.

5. Sooraya Qadir

Dengan nama alias Dust, Sooraya Qadir muncul pertama kali dalam komik New X-Men #133 (Desember 2002) sebagai mutant yang diselamatkan oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Lahir di Afghanistan, Sooraya memiliki kemampuan untuk merubah tubuhnya menjadi pasir bahkan membuat badai pasir. Sooraya yang sehari-hari mengenakan cadar, mengatakan bahwa dia mengenakannya dengan penuh kesadaran, bukan karena paksaan Taliban, yang pernah berkuasa di Afghanistan.

Dust X-Men, Muslimah asal Afghanistan

Sooraya Qadir (irtiqa-blog.com)

Demikianlah ke-5 superhero muslimah buatan Marvel. Salah seorang editor Marvel Comics, Sana Amanat pernah menyampaikan harapannya lewat para superhero muslimah ini;

Komik (superhero muslimah) ini tidak bermaksud untuk berkhotbah tentang agama atau keimanan terhadap Islam secara khusus. Komik ini adalah tentang apa yang terjadi ketika Anda berjuang melawan ‘stempel’ (misalnya teroris muslim) yang dikenakan pada Anda dan bagaimana hal itu mengusik perasaan Anda. Ini adalah perjuangan yang kita semua hadapi dalam bentuk sama atau berbeda, tidak hanya khusus untuk yang Muslim saja.

Semoga harapan yang ingin disampaikan lewat tokoh-tokoh superhero muslimah tersebut dapat terwujud.

BACA JUGA  Begini Cara Muslim Jepang Menggalang Dana Lewat Anime

Sumber tulisan: wikipedia, marvel.wikia

One Response

  1. Ijonk Cihuy September 18, 2015

Add Comment