7 Baju Besi Iron Man Ini Akan Membuatmu Terkagum-kagum

Dilahirkan tanpa kekuatan super, tidak pernah mengalami mutasi genetis, tidak pernah tersengat serangga radioaktif, namun semua itu tak dapat menghalangi seorang Tony Stark menjadi pahlawan super. Dengan kekayaan dan kecerdasannya, Tony kemudian mengembangkan baju besi berteknologi tinggi yang digunakannya memerangi kejahatan, dalam sosok Iron Man.

Bila membahas baju besi Iron Man, bagi yang mengikuti live-action movie-nya, tentu sudah akrab dengan Mark I – III dari kumpulan baju besi Iron Man. Ketiganya adalah desain awal dari baju besi Iron Man, Mark I berwarna perak, Mark II berwarna emas dan Mark III yang nantinya akan menjadi warna khas Iron Man, adalah kombinasi merah dan kuning emas.

Saat tulisan ini dibuat, total sudah ada lebih dari 50 baju besi yang pernah dibuat oleh Tony Stark, berikut adalah 7 di antaranya:

1. Silver Centurion

Baju Besi Iron Man Silver Centurion

Silver Centurion dengan Kemampuan “Chameleon Field” (writeups.org)

Pada baju besi ini, Tony mengubah warna khasnya berupa merah dan emas menjadi merah dan perak. Baju besi ini awalnya dibuat untuk digunakan oleh Rhodey (War Machine), namun Tony terpaksa menggunakannya melawan Obadiah Stane. Silver Centurion dapat membuat “chameleon field” atau semacam zona bunglon yang memproduksi hologram lingkungan sekitar Iron Man berada, sehingga membuatnya menjadi tidak terlihat karena terkamuflase dengan lingkungan.

2. Space Armor

Baju Besi Iron Man: Mark 45

Baju Besi Iron Man: Space Armor (comicvine.com)

Baju besi ini digunakan oleh Stark untuk bertarung di luar angkasa. Beberapa tahun setelah merancangnya, Tony menggunakan baju besi ini untuk bertarung bersama Guardians of The Galaxy.

3. Thorbuster

Baju Besi Iron Man: Mark 23

Thorbuster vs Thor (comicvine.com)

Tony mempersiapkan baju ini untuk melawan Thor beserta palu saktinya, Mjolnir, apabila suatu saat Thor ‘berulah’. Baju besi ini memiliki sumber tenaga berupa Kristal Asgardian dan desainnya dibuat seperti The Destroyer, salah satu musuh besar Thor. Namun baju besi ini tidak bertahan lama, karena saat Thor berhadapan dengan Iron Man, baju besi ini dengan mudah dihancurkan.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa Ada 5 Versi dari Black Widow Avengers?

4. Hulkbuster

Baju Besi Iron Man: Mark 14

Hulk vs Hulkbuster (pinterest.com)

Digunakan dalam film Avengers: Age of Ultron, Hulkbuster adalah salah satu baju besi Iron Man yang memiliki banyak penggemar. Hulkbuster dibuat untuk dapat menyaingi kekuatan Hulk dan ia diyakini sebagai baju besi terbesar dan terkuat yang pernah dibuat oleh Tony.

5. Extremis

Iron Man Extremis

Extremis, Baju Besi Iron Man (comicvine.com)

Digunakan dalam film Iron Man 3, Extremis adalah kombinasi antara serum berisi virus dengan baju besi Iron Man. Dalam versi komiknya, saat menghadapi Mallen, Stark menyuntikkan dirinya dengan virus Extremis yang dapat membuatnya memiliki hubungan kejiwaan dengan baju besinya, seolah baju besi itu adalah bagian dari tubuh Tony Stark. Extremis membuat hubungan antara Tony dengan baju besinya lebih dekat dari sebelumnya.

6. Bleeding Edge

Baju Besi Bleeding Armor

Tony Stark Berubah Menjadi Iron Man (techtimes.com)

Boleh jadi ini adalah baju besi Iron Man terkeren yang pernah ada. Baju besi ini dirancang sebagai tingkat lanjut dari Extremis, yang membuatnya jauh lebih keren adalah bahwa baju besi ini tersimpan dalam sumsum tulang Tony Stark. Dengan Bleeding Edge, Tony dapat berubah menjadi Iron Man seperti berubahnya Eddie Brock menjadi Venom.

7. Superior Iron-Man (Endo-Sym Armor)

Baju Besi Iron Man 2015

Superior Iron Man (ironman.wikia.com)

Ini adalah baju besi teranyar dari Iron Man (2015). Baju besi ini dikenakan oleh Tony Stark yang kepribadiannya berubah karena mantra, menjadi jahat. Baju besi ini merupakan versi ketiga dari Extremis (versi keduanya adalah Bleeding Edge), baju besi biologis yang terbuat dari cairan logam yang akan mengeras ketika berinteraksi dengan tubuh penggunanya. Tony sendiri menyebut baju besi ini lebih “hidup” karena tidak memerlukan peralatan elektronik untuk mengontrolnya, Stark seperti terkoneksi secara biologis dan kejiwaan dengan baju besinya. Baju besi ini didesain dengan warna putih dan biru.

BACA JUGA  Naruto, Dragon Ball dan Manga Legendaris yang Dilanjutkan Bukan Oleh Pengarang Aslinya

Itulah 7 dari 50 lebih baju besi Iron Man yang pernah dibuat oleh Tony Stark. Selain untuk digunakan sendiri, Tony juga diketahui turut membuatkan baju besi untuk superhero lain, salah satunya Spiderman. Mengagumkan bukan? Adakah yang menjadi favoritmu?

Sumber tulisan: wikipedia, marvel.wikia, ironman.wikia

One Response

  1. asep November 3, 2016

Add Comment