8 Tokoh Islam Dalam Komik DC, Siapa Saja Mereka?

Bila Marvel Comics punya Josiah X, DC Comics juga memiliki jagoan-jagoan super muslimnya sendiri. Entah ingin merebut pasar pembaca muslim di seluruh dunia atau ingin mencoba menunjukkan toleransi, langkah DC tersebut patut diapresiasi. Berikut ini adalah 8 tokoh Islam karya DC Comics, hanya yang punya peran cukup penting dalam komik saja yang akan masuk daftar ini. Beberapa tokoh Islam dunia nyata yang sempat muncul dalam komik DC (seperti Muhammad Ali), tidak dimasukkan dalam daftar.

1. Al Jabr (kemunculan perdana dalam Demon Knights #1, 2011)

Tergabung dalam pasukan Demon Knights yang dipimpin oleh Jason Blood, manusia yang dirasuki iblis bernama Etrigan, Al Jabr merupakan salah satu sosok dark hero DC Comics. Kemunculan perdananya adalah ketika Al Jabr bersama Exoristos, Madame Xanadu dan Jason Blood yang berubah menjadi Etrigan, menyelamatkan desa Little Spring dari serangan gerombolan Questing Queen. Setelah peristiwa itu mereka kemudian membentuk kelompok bernama Demon Knights.

Komik Amerika, Demon Knights

Al Jabr

Al Jabr adalah pria misterius yang tidak diketahui nama aslinya, tidak punya kekuatan super namun ahli dalam merakit mesin dan senjata, dia juga seorang jago beladiri terutama untuk pertarungan jarak dekat atau pertarungan dengan pedang.

2. Bilal Asselah (kemunculan perdana dalam Detective Comics Annual #12, Februari 2011)

Dibesarkan oleh ibunya (seorang keturunan Aljazair) di pinggiran kota Paris, Prancis, masa kecil Bilal yang damai mulai terusik ketika pada usia 16 tahun dia dan temannya, Aarif, tertangkap polisi di tengah aksi demonstrasi muslim Prancis. Keduanya kemudian digelandang dan dipukuli oleh para polisi. Setelah sembuh, Aarif lalu berpesan kepada Bilal untuk bertemu Leni Urbana dan mendengarkan kata-katanya. Malamnya Aarif dibunuh oleh polisi karena mencoba membakar kantor polisi.

Tokoh Komik Amerika, Bilal Asselah

Nightrunner

Terbunuhnya Aarif merubah Bilal dan menjadikannya simbol penentangan terhadap prasangka ras atau agama. Bilal yang memiliki keahlian dalam parkour dan free-run, kemudian memutuskan diri untuk menjadi Nightrunner. Batman kemudian merekrut Bilal sebagai le Batman of France (Batman dari Prancis) dan menjadi anggota dari Batman Incorporated.

BACA JUGA  Tameng Captain America Pernah Dihancurkan oleh 5 Tokoh Ini

3. Davood Nassur (kemunculan perdana dalam Superman vol. 2 #48, Oktober 1990)

Davood Nassur, Sinbab Amerika

Sinbad vs Superman

Davood Nassur mendapatkan kekuatannya dari ikat pinggang makhluk luar angkasa. Dengan ikat pinggang itu, Davood yang dijuluki sebagai Sinbad, jadi memiliki kekuatan telekinesis. Kekuatan itu bisa membuatnya terbang, memukul Superman hingga jatuh, juga mengeluarkan sinar dari tangannya.

4. Hannibal White (kemunculan perdana dalam Blood Syndicate #1, 1993)

Blood Syndicate adalah geng multikultural beranggotakan manusia-manusia super yang mendapatkan kekuatan saat terjadi Big Bang, pertarungan besar antar geng di kota Dakota. Hannibal White yang dijuluki sebagai Wise Son, merupakan anggota geng Blood Syndicate yang kemudian diangkat sebagai ketua geng, setelah ketua sebelumnya (Tech-9) terbunuh. Hannibal yang juga adalah anggota Black Muslim, memiliki struktur molekul tubuh yang ultra padat, hal itu membuatnya kebal segala jenis senjata.

Tokoh Komik Amerika, Hannibal White

Wise Son

5. Khalid (kemunculan perdana dalam Superman #657, Desember 2006)

Mendapat nama julukan Sirocco dari Superman, Khalid pada awalnya ingin memiliki nama alias sebagai Aldabaran. Sirocco dan Superman bertemu pertama kali di Teheran, Iran, saat sedang menumpas gerombolan teroris. Kekuatan super Sirocco adalah mampu bergerak secepat angin (sekitar 25 km per detik), mampu mengendalikan angin, serta memiliki daya sembuh super cepat.

Tokoh Komik Amerika, Khalid

Sirocco

6. Rayhan Mazin (kemunculan perdana dalam Power Girl vol. 2 #24, 2011)

Memiliki kekuatan super untuk mengendalikan cuaca, tidak membuat Rayhan Mazin berminat menjadi superhero, bahkan dia seperti berniat menyembunyikan kekuatannya. Sebagai warga negara Amerika keturunan arab, kekuatan super yang dimilikinya justru membuat Rayhan takut dia akan dicurigai sebagai ancaman oleh masyarakat.

Namun ketika pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan, Rayhan yang mengkhawatirkan keselamatan para penumpang kemudian menggunakan kekuatannya untuk mengendalikan angin, mengangkat pesawat yang hendak jatuh dan mengarahkannya dengan pengendalian anginnya. Malang bagi Rayhan, Power Girl dan Batman kemudian hadir untuk membelokkan cerita, membuat keduanya dianggap pahlawan karena telah menyelamatkan pesawat yang terancam jatuh oleh perbuatan teroris bernama Rayhan Mazin!

Tokoh Komik Amerika, Rayhan Mazin

Rayhan Mazin Menyelamatkan Pesawat

Pada mulanya Rayhan mencoba mengikuti tindakan hukum yang diberlakukan kepadanya. Ditangkap, diborgol dan dibawa untuk diinterogasi, Rayhan kemudian berubah ketika mendapat berita bahwa ayahnya sekarat dan dia tak diizinkan bahkan untuk menghubungi keluarganya. Rayhan yang marah akhirnya kabur dan diburu oleh Power Girl dan Batman.

BACA JUGA  7 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Eiichiro Oda, Mangaka One Piece

Rayhan Mazin yang dibuat oleh Judd Winick dan digambar oleh Hendry Prasetya ini mencoba memotret bagaimana identitas keislaman dan arab masih dicurigai di Amerika.

7. Salah Miandad (kemunculan perdana dalam Batman and The Outsiders vol. 2 #3, 2008)

Tokoh Komik Amerika, Salah Miandad

REMAC

Sebagai ilmuwan yang bekerja untuk Batman, Salah turut menyelesaikan proyek REMAC (modifikasi dari OMAC) dan mengoperasikannya lewat Batcave. Ketika mengoperasikan REMAC, kesadaran Salah menyatu dengan REMAC, mengakibatkan Salah akan tewas apabila REMAC hancur.

8. Simon Baz (kemunculan perdana dalam The New 52 FCBD Special Edition #1, May 2012)

Pada saat terjadi peristiwa WTC tanggal 11 September 2001, Simon Baz yang masih berusia 10 tahun menonton peristiwa itu bersama keluarganya. Beberapa tahun setelah peristiwa WTC, Baz dan keluarga muslimnya (Baz adalah keturunan Lebanon) terus menerima perlakuan rasis dan penuh curiga dari warga sekitar. Puncaknya ketika Baz baru dipecat dari pekerjaannya, dalam kondisi putus asa dia lalu mencuri mobil yang ternyata terdapat bom di dalamnya. Polisi kemudian menangkap Baz dan menginterogasinya sebagai tersangka terorisme, saat itulah cincin Green Lantern milik Sinestro dan Hal Jordan (yang telah menyatu) menemukan Baz dan menjadikannya bagian dari pasukan polisi luar angkasa, Green Lantern.

Green Lantern Muslim, Simon Baz

Green Lantern (Baz)

Baz yang terpilih menggantikan Hal Jordan sebagai Green Lantern bumi, justru dianggap telah menculik Hal dan diburu oleh JLA. Baz mencoba tidak melawan JLA, namun tindakan Batman yang mencoba melepas cincin Green Lantern dari tangan Baz, membuat cincin itu bereaksi dan menyerang Batman. Pada akhirnya diceritakan bahwa Sinestrolah yang memilih Baz untuk menggunakan cincin Green Lantern.

Baz memiliki tato di lengan kanannya bertuliskan as-syajaah yang berarti keberanian dalam bahasa arab.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, theweek.com, greenlantern.wikia.com, koffie-kommie.blogspot.com, writeups.org, dc.wikia.com, comicvine.com

Add Comment