Mengenal Lebih Dekat Portgas D. Ace, Si Tinju Api One Piece

Penggemar manga sejati pasti mengenal judul satu ini: One Piece. Komik yang berkisah tentang bajak laut ini memberikan banyak pelajaran bagi para pembacanya seperti keberanian, persahabatan, petualangan dan hal-hal lainnya. Tokoh utama dari manga ini adalah Monkey D Luffy, atau Luffy One Piece, yang menjadi kepala dari bajak laut dari topi jerami. Luffy berusaha untuk menjadi raja bajak laut. Di dalam perjalanannya Luffy nanti akan bertemu kembali dengan kakaknya yang telah lama tidak ia temukan, Portgas D. Ace, atau Ace. Sebenarnya siapakah Ace? Bagaimanakah hubungan sebenarnya antara Ace dan Luffy? Yuk, kita baca kisah fakta menarik tentang Ace One Piece berikut ini.

Pertemuan Pertama Ace dan Luffy

Luffy adalah anak dari Monkey D Dragon dan Ace adalah anak dari Gold D. Roger (Raja Bajak Laut yang telah mati) dengan Rouge. Ace lahir ketika ayahnya telah dihukum mati. Agar pemerintah dunia tidak mengetahui bahwa  Gold D Roger memiliki anak, Rouger bertahan dan mengandung Ace selama 20 bulan. Rouge meninggal setelah melahirkan Ace karena kelelahan. Ia menitipkan Ace kepada Monkey D Garp, Kakek Luffy.

ace one piece

Monkey D. Dragon, Luffy, dan Ace One Piece (wallpapers.wallhaven.cc)

Luffy dan Ace lalu dititipkan oleh Monkey D. Garp  kepada bandit gunung yang bernama Dadan. Usia Luffy dan Ace hanya terpaut tiga tahun, Luffy 7 tahun dan Ace 10 tahun. Pada awal masa kecil mereka Ace sama sekali tidak mau berkomunikasi dengan Luffy. Ace sangat membenci Luffy karena menurutnya Luffy hanyalah anak yang manja dan lemah. Setiap hari Ace pergi ke hutan dan meninggalkan Luffy yang selalu berusaha mengejarnya.

ace one piece

Luffy dan Ace One Piece (s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Persaudaran Ace dan Luffy

Setelah berminggu-minggu mengikuti Ace, akhirnya Luffy berhasil menemukan tempat persembunyian Ace di hutan yang bernama Gray Terminal. Ternyata selama ini Ace telah memiliki seorang teman yang seumuran dengannya, Sabo.

Sabo adalah anak bangsawan dan bersama-sama dengan Ace mereka bercita-cita menjadi bajak laut. Ace dan Sabo mencuri harta karun dan menyembunyikannya sebagai bekal di masa depan. Luffy berusaha masuk ke dalam kelompok itu tetapi ditolak karena Luffy dianggap lemah.

gambar ace one piece

Luffy, Sabo, dan Ace One Piece (static.zerochan.net)

Luffy akhirnya bisa masuk ke dalam kelompok mereka saat ia diculik oleh Bluejam, kelompok bajak laut yang jahat. Luffy disiksa dan dipaksa memberi tahu di mana tempat persembunyian Ace dan Sabo.

BACA JUGA  Sudah Kenalkah Kamu Dengan Pengisi Suara Doraemon dan Nobita Ini?

Kala itu Ace dan Sabo memang mencuri barang berharga milik Bluejam. Meski sudah disiksa sedemikian rupa tetapi Luffy tidak mau membuka mulut. Luffy tidak mau Ace dan Sabo membenci dirinya jika ia membuka mulut. Baginya rasa sakit saat disiksa bukanlah apa-apa dibandingkan jika ia harus merasa kesepian karena tidak mempunyai teman.

Luffy akhirnya berhasil bebas dengan bantuan dari Ace dan Sabo. Mereka melarikan diri dari kejaran bajak laut Bluejam. Pada saat itulah persaudaraan mereka dimulai. Mereka meminum sake yang dicuri dari Dadan di sebuah cawan dan bersumpah bahwa mereka adalah saudara sehidup semati. Di antara tiga bersaudara itu, Ace adalah yang paling terkuat dan Luffy adalah adik yang paling lemah yang selalu dijaga oleh Ace dan Sabo.

Kisah masa kecil mereka berakhir ketika Sabo diculik oleh Bluejam atas perintah ayah Sabo yang berasal dari bangsawan. Sabo tidak melawan dengan perjanjian bahwa Bluejam tidak akan mengganggu Ace dan Luffy.

ace one piece saudara luffy

Luffy dalam Pencaria Ace, One Piece (s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Di akhir cerita, Sabo berada di tengah laut dan tenggelam dan dianggap mati oleh Ace dan Luffy. Ace sejak saat itu berjanji akan menjaga Luffy baik-baik demi Sabo. Nantinya saat Ace dan Luffy berpisah mereka masing-masing memiliki potongan kartu Vivre. Dengan kartu ini mereka dapat mengetahui jika salah satu dari mereka mendapatkan bahaya meski terpisak jarak yang amat jauh.

Jurus dan Kekuatan Ace

Sama seperti Luffy, Ace juga memakan buah setan. Buah setan yang dimakan oleh Ace adalah Buah Mera-mera tipe logia. Ketika seseorang memakan buah setan maka ia akan dibenci laut dan tidak bisa berenang tetapi di satu sisi ia akan mendapatkan kekuatan.

Kekuatan yang diberikan oleh buah setan yang dimakan Luffy adalah kekuatan seperti manusia karet dan kekuatan yang dimiliki oleh Ace adalah kekuatan mengendalikan api. Bahkan, Ace juga bisa merubah dirinya menjadi api.

Ace memiliki julukan Ace si Tinju Api karena jurus andalannya adalah tinju api. Jurus andalannya itu bahkan bisa membuat Ace menghancurkan kapal Baroque Works.

ace one piece

Tinju Api Ace One Piece (wallpapercave.com)

Ketika dewasa Ace juga berhasil menjadi bajak laut seperti Luffy. Jika Luffy menjadi kapten di kelompok bajak lautnya sendiri, hal yang berbeda terjadi pada Ace. Ace dengan kekuatannya menjadi salah satu anak buah kapal dengan jabatan sebagai komandan di divisi kedua Bajak Laut Whitebeard.

BACA JUGA  Ternyata Tidak Ada Naruto di Daftar 10 Manga Terlaris Jepang Tahun 2015

Lambang bajak laut Luffy adalah tengkorak dengan topi jerami dan lambang dari Bajak Laut Whitebeard adalah tengkorak dengan pisau melintang di mulut yang seolah-olah menggambarkan kumis putih. Pimpinan dari bajak laut ini, Edward Newgate adalah salah satu orang terkuat di dunia. Uniknya, di masa lalu hanya Edwar Newgate satu-satunya bajak laut yang pernah menandingi Roger ayah Ace.

Akhir dari Ace

Di dalam One Piece terdapat penjara yang sangat menyeramkan bernama Impel Down. Penjara ini merupakan penjara yang menjulang ke dalam air dan total terdiri dari 7 level dengan pengamanan maksimum.

Penjara ini merupakan tempat orang-orang berbahaya yang ada di dunia. Semakin dalam level yang dituju menunjukkan orang-orang yang ada di dalam sana semakin berbahaya. Sayangnya, Ace yang tertangkap oleh pemerintah dunia di penjara di dalam sana.

Api dari ace one piece

Kekuatan Ace One Piece (static.comicvine.com)

Saat itu Ace berusaha mengejar Blackbeard yang telah membunuh salah satu kru awak kapal Whitebeard, Thach, dan juga mencuri Buah Setan tipe Logia bernama Yami Yami no Mi. Ace tidak tahu jika Blackbeard telah memakan buah tersebut dan ia terkena perangkap dari Blakcbeard yang kemudian menyerahkan Ace kepada pemerintah dunia untuk dikurung di Impel Down sebagai salah satu bajak laut yang berbahaya.  Ace tidak bisa lari karena ia diborgol dengan batu laut sehingga ia tidak dapat menggunakan kekuatannya.

Melalui kartu Vivre yang dimiliki oleh Luffy, Luffy mengetahui bahwa Ace berada dalam bahaya. Luffy pun berusaha untuk membebaskan kakaknya yang rencananya akan dieksekusi oleh pemerintah dunia.

Dengan bantuan para bajak laut lain yang ia temui mereka bersama-sama menerobos Impel Down untuk menyelamatkan Ace. Saat-saat menjelang eksekusi Ace terjadilah peperangan besar antara bajak laut yang dipimpin oleh Bajak Laut Whitebeard dan pemerintah dunia. Sebelum peperangan terjadi, salah satu marinir angkatan laut juga memberitahukan bahwa Ace adalah anak dari Raja Bajak Laut Roger.

akhir ace one piece

Kematian Ace One Piece (img1.wikia.nocookie.net)

Berbagai macam usaha dilakukan untuk menyelamatkan Ace. Banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Namun saat Ace sudah berhasil dibebaskan, salah satu Angkatan Laut, Admiral Akainu melancarkan serangan terhadap Luffy dan Ace yang berusaha keluar. Ace berusaha melindungi Luffy dan ia pun mengorbankan dirinya agar Luffy tetap selamat. Saat Ace mati, babak baru dari dunia bajak laut pun ikut berubah. Itulah kisah Ace One Piece yang seru.

Add Comment