Adakah Tokoh Komik Marvel yang Dapat Menghancurkan Cakar Wolverine?

Wolverine adalah salah satu tokoh komik X-Men yang paling banyak penggemarnya. Tulang dan cakar adamantium serta kemampuan penyembuhan fisiknya, membuat mutant hasil percobaan ini menjadi tokoh sentral dalam beberapa film X-Men the movie, bahkan sampai dibuatkan filmnya tersendiri. Tapi mungkin muncul pertanyaan di benak para penggemar Wolverine; dapatkah tulang/cakar adamantium Wolverine dihancurkan?

Tulang dan cakar adamantium Wolverine disebut-sebut terbuat dari salah satu jenis logam terkuat di bumi, namun walau juga memiliki kemampuan penyembuhan super cepat, Wolverine pernah mati dalam beberapa episode komik Marvel. Tapi apakah kematiannya turut menghancurkan tulang dan cakar adamantiumnya? Simak 5 tokoh komik Marvel yang pernah membuat Wolverine terbunuh berikut:

1. Punisher

Dalam one-shot comic (komik satu seri) The Punisher Kills The Marvel Universe, diceritakan versi berbeda kelahiran The Punisher. The Punisher bukanlah lahir dari dendam seorang Frank Castle karena keluarganya dibunuh oleh mafia, tapi karena keluarganya tidak sengaja terbunuh dalam pertempuran para superhero melawan serbuan aliens. Terbakar dendam, The Punisher kemudian membunuhi satu-persatu anggota Avengers, Fantastic Four dan X-Men, termasuk Wolverine. Wolverine dibunuh dengan dilemparkan ke generator listrik, untuk kemudian tersetrum hingga hangus. Namun walaupun terbunuh, tulang adamantium Wolverine tetap utuh.

Wolverine dikalahkan Punisher

Punisher vs Wolverine (comicvine.com)

2. Sentinel

Wolverine Tak Berdaya di Hadapan Sentinel

Sentinel vs Wolverine (withinthepanels.com)

Dalam komik Uncanny X-Men Vol. 1 #142 (1981) yang merupakan latar belakang dari film X-Men: Days of Future Past, Wolverine diceritakan terbunuh oleh serangan sinar energi Sentinel, salah satu musuh terkuat para X-Men. Terbunuhnya Wolverine dan hampir seluruh mutant lainnya kemudian memaksa Kitty Pryde, salah satu anggota X-Men kembali ke masa lalu dan mencegah semuanya terjadi. Walaupun terbunuh, tulang adamantium Wolverine tidak hancur.

BACA JUGA  7 Baju Besi Iron Man Ini Akan Membuatmu Terkagum-kagum

Plot cerita ini agak berbeda di versi film bioskop, dimana yang kembali ke masa lalu adalah Wolverine.

3. Magneto

Dalam Uncanny X-Men #304, Magneto dengan kekuatannya berhasil mengeluarkan logam adamantium dari tubuh Wolverine, melepaskannya dari tulang, mengeluarkannya lewat kulit. Hal itu membuat tulang dan cakar Wolverine sama seperti tulang manusia lainnya, dapat dipatahkan. Adegan tersebut berulang dalam komik Ultimatum #5 (2009), dimana Magneto yang telah berhasil menguasai palu thor, Mjolnir, kemudian menggunakan kekuatan sinar Iron Man dan Cyclops untuk membunuh Wolverine. Magneto membunuh Wolverine setelah sebelumnya mengeluarkan logam adamantium, membuat tubuh Wolverine dapat dihancurkan.

Namun walau mampu membunuh Wolverine, Magneto tidak terbukti mampu menghancurkan tulangnya ketika dalam wujud adamantium.

Tokoh Antagonis Komik Marvel, Magneto

Magneto vs Wolverine (superheroinchq.com)

4. King Thor

Dalam komik Thor volume 2 #73 (Januari 2004), King Thor yang telah mewarisi tahta Odin dan memiliki Odin Force (kekuatan Odin), mengamuk saat Asgard diserang oleh para superhero bumi. Para superhero bumi menyerang Asgard untuk menuntut pertanggungjawaban Thor sebagai dewa karena telah berlaku tidak adil terhadap para manusia. Kemampuan King Thor dan Loki tidak dapat ditandingi oleh para superhero bumi, bahkan Wolverine yang menyerang King Thor secara langsung, akhirnya tewas setelah sebelumnya berhasil melukai King Thor. Wolverine tewas dengan kondisi tulang yang hancur.

Tokoh Komik Marvel Amerika, Thor

King Thor vs Wolverine (comicvine.com)

5. Hulk

Sejak awal kemunculan komik Wolverine, sudah terjadi beberapa kali pertarungan antara Wolverine melawan Hulk. Dari beberapa pertarungan yang telah terjadi, Wolverine terbunuh oleh Hulk dalam komik What If? Vol. 2 #50 (1993), setelah berkali-kali dipukul oleh Hulk di bagian kepala, Hulk kemudian mematahkan tulang belakang Wolverine dan membunuhnya. Jelas sekali dalam komik ini bahwa Hulk mampu mematahkan tulang adamantium Wolverine.

Tokoh Komik Avengers Amerika, Hulk

Hulk vs Wolverine (comicvine.com)

Selain ke-5 tokoh komik Marvel di atas, terdapat juga sosok Cyber yang berhasil menghancurkan cakar Wolverine. Dalam komik Wolverine #7, Cyber yang menghadapi Wolverine dalam kondisi tulang dan cakarnya tidak terlapisi logam adamantium, dengan mudah menghancurkan cakar Wolverine. Walau berhasil menghancurkan cakarnya, Cyber kemudian tidak berhasil membunuh Wolverine.

Cakar Wolverine Dipatahkan Cyber

Cyber vs Wolverine (comicvine.com)

Jadi ternyata tulang dan cakar adamantium Wolverine dapat dihancurkan, walau kadang terjadi dimana Wolverine terbunuh namun tulang dan cakar adamantiumnya tetap utuh.

BACA JUGA  Manga Jepang, Komik Amerika dan Genre Homoseksual

Sumber tulisan: wikipedia, comicvine, ign.com, superheroinchq.com, denofgeek.us

Add Comment