Inilah Anime Jepang Bergenre Mecha Terlaris di Tahun 2015

Buat kamu pecinta genre mecha, memasuki awal tahun 2016 ini ada pertanyaan menarik, apakah anime bergenre mecha terlaris di tahun 2015 kemarin? Anime Jepang yang menceritakan seputar robot-robot besar dan peperangan antar robot selalu menarik untuk diikuti, beberapa di antaranya sukses menjadi legenda. Sebut saja nama-nama seperti Voltus V, God Sigma, Getter Robo, Mazinger, Mazinkaiser, Gundam, FLCL juga Neon Genesis Evangelion.

Anime Jepang genre Mecha

Anime Mecha Lawas (liputan6.com)

Lalu apakah anime mecha tersukses tahun 2015 kemarin dan apakah kesuksesan mereka akan berlanjut di tahun ini? Inilah dua teratas dalam daftar.

2. Aldnoah.Zero 2nd Season

Aldnoah.Zero adalah seri anime mecha hasil produksi A-1 Pictures bekerjasama dengan TROYCA. Season ke-2 (episode ke-13 sampai ke-24) diluncurkan pada awal tahun 2015 lalu dan berakhir bulan Maret 2015. Kisah anime yang ceritanya digagas oleh Urobuchi Gen ini bermula pada masa tahun 1972, ketika itu sebuah hypergate (gerbang antar ruang) kuno alien ditemukan di permukaaan bulan. Dengan menggunakan teknologi hypergate tersebut, manusia mulai bermigrasi ke Mars dari bulan dan berkoloni di sana.

Anime Mecha Terlaris Aldnoah.Zero

Aldnoah.Zero Terran Mecha (aldnoahzero.com)

Sebuah kekaisaran Vers dibangun di Mars oleh koloni manusia tersebut, merekapun mengembangkan teknologi di sana dan mengklaim bahwa Mars beserta rahasianya dibuat untuk mereka. Pada akhirnya mereka menyatakan perang melawan bumi. Pertempuran berlatar tahun 1999 terjadi di permukaan bulan antara pasukan bumi dan Vers membuat hypergate meledak. Meledaknya hypergate memaksa pihak Vers dan bumi melakukan gencatan senjata.

Pasukan Bumi dalam Anime Mecha Terlaris Aldnoah.Zero

Para Pasukan Bumi (tvtropes.org)

Lima belas tahun kemudian, pada tahun 2014 pertempuran total Vers ke bumi kembali terjadi akibat serangan yang menimpa misi perdamaian Putri Kaisar Vers. Pasukan bumi berhasil memenangkan pertempuran ini dan memukul mundur pasukan Mars, namun sembilan belas bulan kemudian mereka menyerang kembali, berusaha mengambil alih bumi dan menguasainya.

BACA JUGA  Ini Dia 5 Jagoan Muslim Marvel Comics
Mecha dari Mars dalam Anime Jepang Aldnoah

Aldnoah.Zero Martian Mecha (aldnoahzero.com)

Pada musim yang kedua, Aldnoah.Zero mengetengahkan alur cerita yang lebih seru dan berbeda dari musim pertamanya. Anime Jepang yang pada versi manganya sempat melibatkan seorang mangaka Indonesia, Pinakes, telah sukses meraup penjualan sebanyak 6.529 kopi hingga September 2015.

Untuk mengetahui bagaimana kisah lengkapnya, tidak bisa tidak selain kamu harus menontonnya sendiri.

1. Fafner in the Azure: Exodus

Anime tersukses pertama pada genre mecha kali ini bercerita tentang dunia yang telah dikuasai oleh para alien raksasa yang dijuluki Festum. Seluruh dunia kecuali pulau Tatsumiyajima (Pulau Istana Naga). Manusia hidup tenang di pulau tersebut, mereka melakukan aktivitas keseharian dengan damai dan generasi berlalu hingga mayoritas mereka tidak lagi mengetahui tentang Festum.

Festum vs Fafner di Anime Jepang Fafner in The Azure

Festum vs Fafner (desustorage.org)

Sampai suatu ketika, sesosok Festum menemukan pulau Tatsumiyajima dan menyerangnya. Sistem pertahanan pulau yang dahulu berhasil melindungi Tatsumiyajima diaktifkan lagi, hanya saja kali ini mereka gagal. Banyak dari orang dewasa di pulau yang terbunuh oleh Festum dan dalam kekalahannya tersebut mereka meminta bantuan mecha (Fafner Mark Elf), namun setelah pertarungan sengit, pilot Fafner tersebut terbunuh. Karena jumlah orang dewasa menjadi sedikit akibat tewas di tangan Festum, akhirnya mereka mengutus seorang remaja, Kazuki Makabe untuk menjadi pilot pengganti dan melawan Festum.

Kazuki Makabe dari Anime Jepang Fafner

Kazuki Makabe (zerochan.net)

Anime yang telah tayang sejak tahun 2004 ini, meluncurkan episode terbarunya di tahun 2015; Exodus. Dalam episode barunya, diceritakan bahwa mulai terjadi interaksi di mana Festum mencoba hidup bersama manusia dan tidak saling menyerang. Interaksi ini menimbulkan babak baru di mana pertempuran yang terjadi tidak lagi sederhana, karena bukan saja antara manusia melawan Festum, tapi manusia melawan manusia.

Anime Jepang Fafner in The Azure

Fafner Mecha (filmmonthly.com)

Anime bergenre mecha yang telah menjadi fenomena selama lebih dari sepuluh tahun ini, sampai bulan September 2015 telah berhasil mengungguli Aldnoah.Zero 2nd Season dengan penjualan sebanyak 8.124 kopi. Hal itu tentunya akan membuat anime yang diproduksi oleh Xebec bekerjasama dengan Starchild Records tersebut akan menarik untuk dinikmati.

BACA JUGA  Adakah Sosok Naruto Yang Asli di Dunia Nyata?

Itulah dia kedua anime mecha terlaris di tahun 2015 kemarin, bukan tidak mungkin masih banyak yang memburunya hingga sekarang. Selamat menonton!

2 Comments

  1. L Danbo January 21, 2016
    • Alabn January 22, 2016

Add Comment