Semua Tentang Attack on Titan, Manga Post-Apocalyptic Terbaik

Spesial! Mungkin itu kata yang bisa menggambarkan manga Attack on Titan. Tidak heran jika manga yang mulai terbit pada tahun 2009 ini menjadi begitu populer di kalangan penggemar manga atau komik jepang.

September 2016 pihak penerbit Kodansha dan Bessatsu Shonen Magazine mengumumkan penjualan manga Attack on Titan sudah mencapai 60 juta eksemplar dalam kurun waktu 7 tahun.

Artinya, setiap tahun rata-rata ada lebih dari 8 juta copy print tersebar di dunia. Angka tertinggi penerbitan tercatat pada tahun 2013 yang mencapai 15.933.801 eksemplar. Nyaris mengalahkan manga terlaris One Piece dengan selisih puluhan ribu copy saja.

Bagi penggemar manga tentu hitungan penjualan tak terlalu dihiraukan, yang terpenting bagaimana plot cerita, karakter tokoh, dan artwork-nya bisa dibuat dengan sebaik mungkin.

Maka sebutan manga yang spesial tak salah alamat, karena Attack on Titan memang banyak dipuji punya plot cerita yang menarik, karakter tokoh yang kuat, serta artwork yang menawan.

Manga Terlaris Jepang 2015 #3

Attack On Titan (attackontitan.wikia.com)

Booming-nya Attack on Titan atau yang judul aslinya di Jepang Shingeki no Kyojin, banyak dianggap karena keunggulan plot ceritanya. Dengan mengambil latar genre post-apocalyptic, cerita Attack on Titan memadukan unsur dark fantasy, tragedi, horor, action, thriller dan sedikit bumbu drama.

Yang paling banyak mendapat pujian dari para kritikus manga adalah atmosfer dan alur cerita yang dibungkus begitu bagus. Penikmat manga akan dibawa masuk pada suasana kengerian tapi dengan ilustrasi yang halus. Perang melawan Titan (manusia raksasa) juga menggambarkan harapan manusia untuk membalik sesuatu yang mustahil.

Tetapi dari semuanya, alur cerita yang penuh misterilah yang membuat manga karangan Hajime Isayama ini digemari. Pembaca selalu dibuat penasaran dengan kejutan-kejutan dalam cerita manga ini dan rela mengunggu 1 bulan untuk setiap chapter barunya.

Sekilas Cerita Manga Attack on Titan

Sesuai dengan genrenya post-apocalyptic, Attack on Titan berkisah tentang suatu zaman dimana umat manusia menghadapi ancaman kepunahan akibat serangan para Titan (manusia raksasa).

Yang mengerikan adalah para Titan ini benar-benar sengaja mengincar manusia untuk “dimakannya”. Bukan memakan dalam arti sebenarnya, karena Titan tidak butuh makanan, melainkan mereka memakan manusia hanya untuk pembantaian. Mereka membiarkan hewan lain dan hanya mengincar manusia saja.

Manusia yang tersisa pun berusaha bertahan dari kehancuran dan serangan Titan, caranya dengan mendirikan tiga dinding tinggi yang mengelilingi kota. Tiga dinding itu adalah Dinding Maria (lapis pertama/luar), Dinding Rose (lapis kedua), dan Dinding Sina (lapis terakhir).

Setelah 100 tahun hidup dengan damai di dalam dinding, penduduk kota dikejutkan dengan kemunculan Colosal Titan (Titan tertinggi) yang bisa menjangkau dinding, serta Armored Titan (Titan terkuat) yang bisa menembus dinding dengan kekuatannya.

Bencana pun terulang, banyak penduduk kota yang menjadi korban dari keganasan Titan. Salah satu korban adalah ibu dari tokoh utama Eren Jaeger. Di depan matanya Eren melihat ibunya dimakan oleh Titan, membuat ia begitu dendam dan ingin membasmi semua Titan.

Attack on Titan Kematian Kalura

Kematian Kalura Jaeger (attackontitan.wikia.com)

Dari situlah Eren bersama saudara angkatnya Mikasa Ackerman dan teman baiknya Armin Arlert bergabung dengan pasukan kerajaan untuk melawan Titan. Tak tanggung-tanggung, Eren, Mikasa, dan Armin masuk dalam Scout Legion (pasukan pengintai).

Scout Legion adalah pasukan paling membahayakan prajurit karena banyak melakukan ekspedisi ke luar dinding untuk menyelidiki Titan. Disebutkan 60% anggota Scout Legion akan meninggal saat melakukan ekspedisi.

Di pasukan itulah Eren dkk. bertemu dengan rekan lainnya yang menjadi karakter pendukung, seperti Jean Killstein, Reiner Braun, Bertolt Hoover, Annie Leonhardt, Ymir, Sasha Braus, Historia Reiss, dan masih banyak lainnya.

Para Titan yang memiliki kemampuan regenerasi dengan cepat, bukanlah lawan bagi senjata api bahkan meriam. Disebutkan kelemahan Titan ada pada tengkuknya dan hanya bisa ditembus dengan pedang khusus.

Untuk menebaskan pedang ke tengkuk Titan, butuh alat khusus agar prajurit bisa melayang. Di sinilah kreatifnya imajinasi mangaka Hajime Isayama mendesain alat bernama 3D Manuver Gear. Alat yang bisa membuat prajurit bergerak cepat menuju ketinggian Titan.

Di tengah usaha mereka melakukan penyelidikan Titan, keanehan dan kejutan satu persatu muncul. Kejutan pertama adalah tokoh utama Eren Jaeger yang ternyata bisa berubah menjadi Titan. Fakta manusia bisa menjadi Titan (Titan Shifter) ini lalu dimanfaatkan Eren untuk membantu Scout Legion dalam misi.

Kejutan selanjutnya makin tak terduga. Rekan-rekan Eren di angkatan 104 satu-persatu membuka identitasnya bahwa mereka adalah Titan Shifter.

Mulai dari Annie Leonhardt yang berubah jadi Titan wanita di pusat kota Sina. Reiner dan Bertolt yang ternyata adalah Armored Titan dan Colosal Titan, biang kerok hancurnya dinding Maria. Ymir juga muncul menjadi Titan untuk menyelamatkan Historia.

Attack on Titan Terkuat

Titan Shifters (multifandom.ru)

Fakta lain yang terungkap adalah dinding kota yang ternyata berisi deretan Titan. Lalu ibu Conie yang berubah menjadi Titan dan bisa berbicara. Ayah Eren, Grisha Yeager yang ternyata punya peran penting dari banyak peristiwa, termasuk pada perubahan Eren.

Munculnya fakta-fakta itu bukannya semakin memperjelas, justru menambah deretan pertanyaan dan misteri yang membuat pembaca makin penasaran.

Dari mana asal mula Titan dan Titan Shifter? Apa sebetulnya misi Reiner, Bertolt, dan Annie masuk ke kota dan bergabung dalam pasukan? Lalu di mana dan seperti apa kampung halaman mereka bertiga?

Adakah peradaban manusia lain di luar dinding? Bagaimana asal-usul berdirinya kerajaan dan dinding kota? Lalu tak kalah menarik tentang rahasia keluarga kerajaan dan hubungannya dengan Grisha Yeager.

Manga ini masih on going, tentu berbagai pertanyaan di atas akan dijawab dalam kelanjutan cerita. Belum lagi pada versi anime, baru mengangkat sepertiganya saja dari cerita manga, maka masih akan panjang untuk menuntaskan misteri dalam Attack on Titan.

Karakter Utama Attack on Titan

1. Eren Jaeger

Attack on Titan Eren

Eren Jaeger (pinterest.com)

Eren Jaeger adalah karakter utama sekaligus tokoh sentral (protagonis) pada manga Attack on Titan. Eren lahir dan dibesarkan di distrik Shiganshina, terletak di tepi selatan Dinding Maria.

BACA JUGA  Keren! Ternyata 7 Karakter One Piece Ini Memang Ada di Dunia Nyata

Eren Jaeger adalah anak tunggal dari ayahnya Grisha Jaeger dan ibunya Kalura atau Carla dalam versi lain. Eren dan ayahnya Grisha Jaeger menyelamatkan Mikasa Ackerman saat masih kecil dan mengadopsinya, jadilah Mikasa sebagai adik angkat Eren.

Eren mempunyai perawakan seperti pemuda umumnya, dengan tinggi rata-rata, rambut pendek coklat tua (anime), wajah bulat memanjang, alis jarang dan berkerut membuatnya sering terlihat jengkel.

Sifatnya keras kepala, penuh semangat, dan cenderung impulsif. Karakternya yang meledak-ledak dan mudah emosional untungnya dapat diredam oleh Mikasa dan Armin. Namun di balik itu, Eren punya ketulusan ingin menyelamatkan penduduk dari bahaya Titan.

Pada awalnya Eren sangat terobesi dengan dunia di luar dinding, dia bercita-cita untuk bisa pergi keluar. Karenanya Eren sangat mengagumi dan ingin menjadi anggota Scouting Legion agar bisa ekspedisi ke luar dinding.

Eren punya pengalaman traumatik yang selalu membayangi kehidupannya. Trauma itu terjadi saat Eren melihat ibunya, Kalura dimakan oleh Titan di depan matanya. Jadilah Eren ditampilkan sebagai karakter yang sangat membenci Titan dan ingin membasmi semua Titan.

Eren lalu semakin terdorong untuk bergabung dengan Scout Legion. Bukan sekedar untuk melihat dunia luar, tapi untuk membalaskan dendam atas kematian ibunya, dengan cara menghancurkan semua Titan.

Namun sebuah pukulan bagi Eren saat menyadari bahwa dirinya sendiri adalah Titan Shifter, seorang manusia yang bisa berubah menjadi Titan dan kembali lagi menjadi manusia.

Sosok Eren saat menjadi Titan berbeda dengan Titan lainnya. Tubuhnya terlihat kuat dengan postur proporsional. Karakter Eren yang membenci Titan terbawa saat berubah, Titan Eren selalu akan “menghabisi” Titan lainnya.

Eren semakin bisa mengendalikan kesadarannya saat berubah menjadi Titan, dan akhirnya Titan Eren banyak membantu dalam setiap misi Scouting Legion. Namun, fakta bahwa Eren adalah Titan Shifter membuat dia menjadi incaran pihak lain, baik itu dari kerajaan maupun para pejuang di luar dinding (Reiner dkk.)

2. Mikasa Ackerman

Attack on Titan Mikasa

Mikasa Ackerman (nanozine.org)

Mikasa adalah karakter wanita utama dalam manga ini. Perawakannya digambarkan sebagai gadis yang berfisik kuat, dengan postur tinggi, rambut pendek hitam, dagu panjang, kulit pucat, dan pandangan matanya dingin.

Karakternya sangat tenang, apalagi dengan syal yang selalu terlilit di lehernya, menambah kesan dingin. Dengan kemampuan tarung yang hebat, kekuatan Mikasa dianggap setara dengan 100 prajurit.

Masa kecil Mikasa dipenuhi kebahagiaan. Dia ceria, ramah, dan hidup damai bersama kedua orang tuanya di tanah pertanian Dinding Maria.

Namun semua berubah ketika orang tuanya dibunuh oleh penjahat di depan matanya. Mikasa pun diculik dan hendak dijual oleh orang-orang yang memperdagangkan manusia.

Beruntung Eren Jaeger bersama ayahnya, Grisha Jaeger masih bisa menyelamatkan Mikasa dari para penculik. Mikasa pun dibesarkan oleh keluarga Jaeger.

Mikasa hendak diperdagangkan para penjahat karena dia punya darah Asia yang langka. Darah Asia yang ia dapatkan dari ibunya dihargai sangat mahal oleh pembeli dari Capitol.

Kejadian di masa kecilnya membuat Mikasa berubah menjadi lebih pendiam, dia selalu sinis akan dunia yang dianggapnya tempat kejam. Dunia diibaratkan seperti hutan rimba, dimana hanya yang kuat yang bisa bertahan dengan cara memangsa yang lemah.

Traumatik kehilangan kedua orang tuanya semakin bertambah setelah ibu angkatnya (ibu kandung Eren) dibunuh Titan. Mikasa pun semakin takut kehilangan orang yang disayanginya, dan tinggal Eren satu-satunya kerabat yang masih selamat.

Rasa takut itu yang membuat Mikasa tumbuh menjadi wanita yang kuat agar bisa melindungi Eren, selain juga karena klan Ackerman terkenal sebagai petarung yang hebat.

Mikasa menentang Eren untuk bergabung dengan militer karena khawatir akan keselamatannya. Namun nasehatnya tak digubris, dan Mikasa terpaksa ikut bergabung dengan militer untuk melindungi Eren.

Dalam pelatihan militer, Mikasa semakin terasah kemampuannya dan dinobatkan menjadi prajurit terbaik di angkatannya. Mendapat rangking pertama seharusnya Mikasa bisa bergabung dengan korps elit Polisi Militer, namun tujuannya melindungi Eren membawanya masuk ke korps paling berbahaya, Scout Legion.

Mikasa yang begitu mementingkan Eren hingga rela mengorbankan nyawanya untuk keselamatan Eren, membuat pembaca bertanya-tanya, bagaimana perasaan Mikasa sebenarnya terhadap Eren?

Apakah hanya sebatas saudara yang takut kehilangan Eren? Atau banyak yang menebak bahwa Mikasa sangat mencintai Eren sebagai pria. Kita tunggu jawabannya pada kelanjutan chapter yang masih on going.

3. Armin Arlert

Attack on Titan Armin

Armin Arlert (zerochan.net)

Armin Arlert adalah sahabat baik Eren Jaeger dari kecil sampai dengan bersama-sama di Scout Legion. Perannya yang selalu bersama Eren bisa dikategorikan sebagai tokoh sidekick, yaitu karakter yang selalu bersama dan membantu jagoan utama (Eren).

Armin digambarkan sebagai sosok yang jenius tapi punya fisik dan mental lemah. Perawakannya pendek untuk ukuran pria, dengan wajah bulat feminim, rambut pirang, dan mata biru yang ekspresif. Bahkan pembuat karakternya Hajime Isayama sempat bercanda kalau Armin adalah wanita.

Karena masa kecilnya yang penakut, Armin selalu diganggu anak-anak nakal. Eren dan Mikasa selalu menolongnya saat ia diganggu. Kedekatannya dengan Eren dan Mikasa membawanya turut bergabung dalam pasukan militer.

Bersama Eren, Armin juga membangun mimpi untuk melihat dunia di luar dinding. Dia menemukan sebuah buku milik kakeknya yang berisi gambaran dunia luar. Dari buku itulah Armin menginspirasi  Eren tentang hidup bebas di luar dinding.

Walaupun kekuatannya sangat lemah, namun Armin punya kecerdasan tinggi. Kejeniusan itu lalu banyak diandalkan dalam membantu Eren dan Scout Legion.

Armin adalah orang yang sangat analitis. Ia lihai membaca situasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pikirannya. Dengan kecerdasannya, Armin selalu punya ide-ide kreatif dan berpikir out of the box.

Di luar cara berpikirnya yang logis-analitis, Armin adalah seorang sahabat setia yang punya empati mendalam. Ia bahkan rela mengorbankan nyawa untuk menyelamatkan teman-temannya.

Pengorbanan itulah yang merubah karakternya menjadi sosok heroik dalam cerita manga terbaru. Armin akhirnya mengorbankan nyawanya saat melawan Colosal Titan, dan pengorbanannya tak sia-sia karena Colosal Titan berhasil ditaklukkan. Armin yang dulu penakut dan cengeng berubah menjadi prajurit yang gagah berani.

BACA JUGA  Adakah Sosok Naruto Yang Asli di Dunia Nyata?

Pada update cerita manga terbaru, Armin kembali dihidupkan oleh Levy Ackerman dengan menyuntikkan serum ke tubuhnya. Akibat serum itu Armin hidup kembali sebagai seorang Titan Shifter.

Attack on Titan Armin Titan

Titan Armin Memangsa Bertolt (attackontitan.wikia.com)

Anime Attack on Titan

Seperti manga populer lainnya, Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan juga dibuat dalam versi anime. Wit Studio dan Production I.G dipercaya untuk menggarap produksi serial anime Attack on Titan. Anime Attack on Titan mulai tayang perdana di Jepang pada tanggal 7 April 2013, dan di Inggris tanggal 3 mei 2014.

Serial Attack on Titan disutradarai oleh Tetsuro Araki. Sebagai pengisi suara karakter utama ada Kaji Yuuki (Eren Jaeger), Ishikawa Yui (Mikasa Ackerman), dan Inoue Marina (Armin Arlert).

Ada 25 episode serial dan 5 OVA (Original Video Animation) yang telah dirilis dan ditayangkan. Hasilnya, produksi anime tergolong sukses besar mengikuti jejak manganya. Anime Attack on Titan pun banjir pujian dari para penonton dan kritikus.

Sang mangaka angkat suara soal kesukesan anime ini. “Akhirnya saya bisa menyatakan kalau Anime Shingeki no Kyojin sukses besar! Sebelumnya, saya sering menggunakan asumsi yang pesimis seperti “setiap orang pemikirannnya berbeda-beda.” Akan tetapi, dalam hal ini, pemikiran tiap orang tidak ada hubungannya, dan juga dilihat dari sudut pandang manapun, serial ini sukses besar!” Ujar Hajime Isayama, mangaka Attack on Titan.

Secara keseluruhan anime Attack on Titan baik dalam serial TV, Blue-Ray, DVD, dan lisensi game meraup penghasilan sebesar 7,30 milyar Yen atau setara dengan 808 milyar rupiah.

Sejumlah prestasi dan penghargaan pun banyak diterima Anime Attack on Titan. Mulai dari anime terfavorit pada Funimation home video 2014, Anime TV terbaik tahun 2013 oleh Animation Kobe Awards, lalu juga mendapat penghargaan Animation of the Year 2014 oleh Tokyo Anime Award, dan masih banyak yang lainnya.

Sukes anime Attack on Titan season 1 tak lepas dari keberhasilan tim produksi dalam mengadaptasi cerita manga. Seleksi cerita mana yang perlu ditayangkan dan mana yang tidak, lalu mana yang perlu dirubah untuk penyesuaian anime. Balutan grafis dan teknologi 3D juga berperan penting menambah kualitas anime.

Booming di season 1, para penonton anime sangat antusias menantikan season 2. Pihak produser secara resmi merilis tanggal penayangan perdana season 2 pada bulan April 2017.

Cukup lama memang, jarak season 1 dengan season 2 terpaut 4 tahun. Ini bisa dimaklumi karena anime harus menunggu versi manga terlebih dahulu. Sedangkan manga Attack on Titan hanya terbit sebulan sekali setiap chapter barunya.

Game Attack on Titan

Tak lengkap rasanya jika popularitas manga Attack on Titan tidak dimanfaatkan dalam bentuk game. Banyak sekali judul game yang sudah beredar, dari yang resmi sampai yang sekedar mengadaptasi cerita Attack on Titan. Berikut ini kita berikan daftar untuk versi game smartphone, game PC, dan game online.

1. Game Smartphone

Game dalam versi smartphone tentu saja dibuat secara sederhana dan dengan gameplay yang sederhana. Game pertama ada yang berjudul Shingeki no Tsubasa – Subete no Kyojin o Kuchiku Seyo. Bagi kamu yang ingat game populer Plant vs Zombie, maka game ini cara bermainnya mirip seperti itu. Kamu bisa mendapatkannya di Play Store dan App Store.

Attack on Titan Game Android

Game Shingeki no Tsubasa (id.techinasia.com)

Yang kedua ada Shingeki no Rittai Kido. Game dengan grafis 2D ini termasuk bergenre endless runner. Tidak terlalu banyak gerakan, dan kamu hanya tinggal mengincar tengkuk Titan yang berjalan searah. Game ini hanya ada versi android saja.

Selanjutnya ada Shingeki no Rittai Kido Sochi. Kamu bisa berperan dalam banyak karakter seperti yang ada di manga. Game ini cukup seru sebab kamu akan dibatasi waktu dalam membunuh semua Titan. Pemain juga dapat meningkatkan kemampuan bertarung dengan parameter Vitality, Mobility, Blade, Special, dan Assist.

2. Game PC

Koei Techmo sebagai pihak resmi yang memegang lisensi game Attack on Titan sudah merilis versi game Attack on Titan pada versi konsol. Ada Shingeki no Kyojin: Jinrui Saigo no Tsubasa yang rilis tahun 2013 dan Shingeki no Kyojin: Jinrui Saigo no Tsubasa Chain tahun 2015.

Attack on Titan Game PC

Attack on Titan Console PC Game (ebgames.com.au)

Namun untuk versinya PC agak terlambat dibuat. Baru dirilis pada agustus 2016 baru-baru ini, berbarengan dengan versi konsolnya. Judul game-nya adalah Attack on Titan: Wings of Freedom.

Dalam game petualangan 3D ini akan menceritakan kembali anime season pertama, dan kamu bisa melihat kejadian-kejadian penting yang ada di anime. Berbagai karakter tokoh semuanya hadir dalam game ini.

3. Game Online

Sayangnya tidak ada game online versi resmi dari Attack on Titan. Hanya game yang dibuat sendiri oleh para fans. Paling populer ada satu game berjudul Attack on Titan Tribute Game. Polesan gameplay sudah lumayan bagus karena berjalan dengan grafis 3D.

Attack on Titan Fanmade Game

Attack on Titan Online Game (id.techinasia.com)

Game yang diracik oleh Feng Lee dari Tiongkok ini punya sensasi mirip seperti game konsol dan PC, namun dengan keunggulan menu multiplayer. Artinya kamu bisa memainkan online bersama teman lain.

Uniknya game ini menampilkan karakter chibi dari tokoh Attack on Titan. Kamu akan terbang, berlari, dan menunggang kuda menghindari Titan. Saking sederhananya game ini bahkan tidak perlu instalasi dan tinggal memainkannya melalui browser di PC/Laptop.

Nonton Streaming Attack on Titan

Buat kamu yang belum nonton anime Attack on Titan, mungkin kamu bisa menontonnya lewat TV berlangganan yang menayangkan anime. Tapi kalau yang termudah jelas lewat media streaming online.

Nonton Attack on Titan

Attack on Titan Streaming (colony.co.id)

Untuk yang situs non official-nya banyak sekali di internet, tapi untuk lebih amannya, nonton yang legal saja. Berikut ini daftar situs legal untuk nonton Attack on Titan:

  1. http://www.crunchyroll.com/
  2. http://www.hulu.com/
  3. http://www.funimation.com/
  4. http://id.anibee.tv/
  5. https://www.animecom/

Hati-hati, lho. Sekali mulai menonton Attack on Titan, kamu bisa ketagihan. Ikuti terus anime-nya, dan jajal keseruan game-nya.

Add Comment