Ternyata Tidak Ada Naruto di Daftar 10 Manga Terlaris Jepang Tahun 2015

Tepat pada akhir 2015 lalu, Oricon (oricon.co.jp) kembali merilis daftar manga dengan penjualan tertinggi di Jepang. Yang mengejutkan, dalam daftar ini kamu tidak akan menemui komik Naruto. Jangan salah paham, penjualan komik Naruto sampai tamatnya telah menembus lebih dari 205 juta eksemplar.

Lalu, kenapa Naruto manga tidak muncul dalam daftar komik terlaris di Jepang? Alasannya sederhana. Naruto menutup kisahnya persis di akhir tahun 2014. Sedangkan daftar manga terlaris ini mengukur rentang waktu antara November 2014 – November 2015, saat itu episode Naruto sudah berakhir.

Buat kamu yang gemar baca Naruto, mungkin beberapa judul manga ini dapat menjadi pilihan variasi teman di kala santai, mengisi kekosongan sebelum serial Boruto muncul. Berikut ini akan diulas 10 besar manga yang berhasil meraih sukses di Jepang. Tujuh diantaranya dirilis oleh Shueisha sedangkan sisanya diterbitkan oleh Kodansha.

#10. Tokyo Ghoul:re

Manga Terlaris 2015 #10

Tokyo Ghoul:re Cover (tokyoghoul.wikia.com)

Tokyo Ghoul:re adalah sekuel yang dibuat mengikuti kesuksesan Tokyo Ghoul dan prekuelnya Tokyo Ghoul:Jack. Sekuel ini menembus penjualan melebihi 3,7 juta eksemplar di Jepang pada sepanjang rentang waktu November 2014 sampai November 2015. Jumlah yang cukup fenomenal mengingat serial manga ini masih berputar pada inti cerita yang sama dengan pendahulunya.

Menceritakan mengenai ghoul, makhluk yang memiliki fisik seperti manusia dan sifat kanibal yang bermukim di Tokyo. Jika dalam kisah sebelumnya tokoh sentral dalam cerita ini adalah Ken Kaneki, maka pada sekuel ini muncul sosok misterius bernama Haise Sasaki. Yang menarik adalah twist tidak terduga dari plot cerita manga karya Sui Ishida.

Ken Kaneki yang kini berganti identitas menjadi Haise Sasaki, telah menjadi penyidik yang bertanggung jawab untuk memusnahkan seluruh ghoul. Ken yang mengalami amnesia telah menjalani percobaan rahasia yang menghasilkan Quinx Squad. Merekalah yang kemudian akan menjadi pasukan pemberantas ghoul.

Manga bergenre misteri ini dirilis dalam 14 volume. Jika tertarik membacanya, komik ini telah diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media. Saat membaca, siap-siap dengan kejutan dan ketegangan yang disuguhkan komik ini ya!

BACA JUGA  Apakah 4 Baju Besi Ini yang Membuat Spiderman Bergabung dalam Tim Iron Man di Civil War?

#9. Prison School

Manga Terlaris Jepang 2015 #9

Prison School Cover (otakutale.com)

Komik karya Akira Hiramoto ini mengambil latar belakang Akademi Hachimitsu, sekolah asrama wanita yang elit di Tokyo. Kisah dimulai saat untuk pertama kalinya sekolah tersebut membuka pendaftaran untuk siswa laki-laki. Hanya 5 orang laki-laki yang kemudian memenuhi syarat untuk memasuki akademi ini.

Lima orang lelaki di tengah ribuan siswi, bisa ditebak apa yang lalu terjadi? Hmm… kalau kamu menduga manga ini masuk kategori hentai, ada benarnya. Meski plot cerita mengedepankan tema persahabatan, namun banyaknya adegan porno bisa membuat kamu kehilangan minat untuk membacanya. Tentu ini tidak berlaku, jika kamu memang penggemar komik yang sarat unsur ‘ero’.

Mencapai angka penjualan 4 juta eksemplar di negeri sakura, komik ini hanya layak dibaca oleh kalangan dewasa. Tingginya minat akan kisah manga ini, membuat Prison School kemudian dirilis ke dalam bentuk anime.

#8. Terra Formars

Manga Terlaris Jepang 2015 #8

Terra Formars Cover (koi-nya.net)

Manusia dan kecoa. Permusuhan antara kedua spesies yang dikemas dengan apik melalui imajinasi penulis Yu Sagusa dan ilustrasi oleh Kenichi Tachibana. Mungkin sekilas melihat sinopsis kisahnya, kamu akan merasa ide cerita yang sederhana dan seperti lelucon. Tapi, jangan salah! Kisah pertarungan antar spesies ini benar-benar mampu menarik minat pembaca. Lihat saja penjualan di Jepang yang mencapai 4,1 juta eksemplar.

Kisah bermula saat manusia membutuhkan planet baru untuk dihuni. Mars pun terpilih sebagai planet yang dirasa sesuai. Untuk mempersiapkan Mars sehingga layak dihuni oleh manusia, maka para ilmuwan mengirim lumut dan kecoa sebagai ekosistem awal yang diharapkan dapat membantu terbentuknya lingkungan sebagaimana di bumi.

Namun, alih-alih menjadi lingkungan yang nyaman dihuni bagi manusia, Mars menjadi tempat kecoa bermutasi. Sosok kecoa menjadi kuat dan berwujud serupa manusia. Kecoa mutant ini pun berkeinginan untuk memusnahkan spesies manusia.

Padahal, berjumpa kecoa biasa di kamar mandi atau dapur, umumnya orang sudah bergidik jijik. Apalagi bertemu kecoa mutant, ya? Bisa-bisa kamu pingsan.

#7. Food Wars! Shokugeki no Soma

Manga Terlaris Jepang 2015 #7

Food Wars! Cover (batanga.com)

Ini dia, manga yang pas buat kamu pecinta kuliner atau masak-memasak. Cerita yang ditulis oleh Yoto Tsukuda ini mengisahkan mengenai seorang pemuda bernama Soma. Atas permintaan ayahnya, Soma pun memasuki sekolah memasak yang terkemuka. Sekolah yang hanya meluluskan 10% dari peserta didiknya.

Perlu kamu ketahui, meski komik ini mengangkat kuliner sebagai tema utamanya, bukan berarti bebas dari ecchi. Jadi, pastikan usiamu cukup pantas sebelum membacanya. Popularitas komik ini memang cukup tinggi, yakni menembus angka penjualan 4,3 juta eksemplar di negeri asalnya.

Yang seru, kamu bisa menambah wawasan seputar masak-memasak. Dan pastinya, gambar menu masakan yang menggugah selera kamu bisa temukan di komik ini. Siapa tahu, kamu bisa sambil mengasah kemampuan masakmu.

#6. Haikyuu!!

Manga Terlaris Jepang 2015 #6

Haikyuu! Cover (crunchyroll.com)

Tema olahraga memang tidak pernah basi. Lewat karyanya, Haruichi Furudate mengemas kompetisi voli yang sarat akan persahabatan dan perjuangan. Komik ini akan mengajak kamu menyimak perjalanan si pemeran utama, Shoyo Hinata meraih mimpinya di bidang olahraga voli.

Shoyo yang bertubuh pendek tidak putus asa ketika ingin bergabung dengan klub olahraga voli. Kenapa? Karena dia mampu meloncat lebih tinggi dari siapapun. Penasaran? Baca sendiri manga ini, yang telah berhasil meraih penjualan hingga 6,5 juta eksemplar di Jepang.

#5. Kingdom

Manga Terlaris Jepang 2015 #5

Kingdom Cover (natalie.mu)

Tema yang diusung komik Kingdom sangat sesuai buat kamu pecinta sejarah Cina. Mengambil latar belakang setting dinasti Qin, Yasuhisa Hara berhasil merangkai cerita komik yang apik mengenai seorang yang berjuang untuk menjadi jenderal perang. Komik ini sarat akan adegan kolosal peperangan, lho.

Komik yang berhasil menembus angka penjualan di atas 8,5 juta eksemplar di Jepang ini, layak untuk masuk daftar baca kamu. Banyak nilai-nilai yang bisa diambil dari manga Kingdom. Strategi perang, persahabatan, kepercayaan dan kepemimpinan, digambarkan melalui kepribadian karakter dalam komik ini. Tidak cuma itu, kamu bisa numpang belajar sejarah Cina kuno di sini, lho.

#4. Assassination Classroom

Manga Terlari Jepang 2015 #4

Assassination Classroom (comicvine.com)

Judulnya memang berkesan thriller yang kejam. Tapi, jangan cemas. Berbeda dengan genre bernuansa gelap, suram dan kaya dengan adegan sadis yang disuguhkan Tokyo Ghoul, manga ini justru kaya dengan unsur komedi.

Berkisah mengenai kelas khusus yang pelajaran utamanya adalah bagaimana cara membunuh guru mereka! Tenang, guru kelas ini bukan manusia, melainkan alien berwujud gurita yang sangat kuat. Sang guru akan mengajarkan cara untuk membunuhnya, sebelum ia menghancurkan bumi.

Berbagai upaya pun dilakukan oleh para murid untuk menghancurkan alien tersebut. Upaya yang digambarkan dengan alur cerita yang lucu sekaligus menegangkan oleh Yusei Matsui. Tingginya penjualan manga ini yang mencapai 8,6 juta eksemplar, mendorong dirilisnya versi anime dari Assassination Classroom.

Jadi, penasaran dengan ceritanya? Kamu bisa memilih mau baca komiknya atau menonton versi animenya. Keduanya tetap seru untuk mengisi waktu luang kamu.

#3. Attack on Titan

Manga Terlaris Jepang 2015 #3

Attack On Titan (attackontitan.wikia.com)

Komik Attack on Titan bukan cuma berhasil membuat para penggemarnya ketagihan membaca, tapi juga berburu seragam militer yang dikenakan oleh para karakternya. Bisa dibilang, karya Hajime Isayama ini sukses menembus pasar dunia. Lihat saja, di Jepang penjualannya telah mencapai lebih dari 8,7 juta eksemplar. Itu belum termasuk penjualan di negara lain.

Cerita dari manga Attack on Titan ini memang sangat menarik. Berkisah mengenai manusia yang hidup dalam era serangan dari para titan (raksasa). Demi bertahan hidup manusia pun membangun 3 lapis tembok raksasa setinggi 50 meter sebagai perlindungan terakhir.

Ibarat hidup dalam sangkar raksasa, manusia pun membangun pasukan militer khusus yang memiliki tugas yang berbeda-beda. Setiap pasukan memiliki seragam jaket dengan lambang khusus. Plot cerita setiap episodenya selalu memikat untuk disimak. Alih-alih monoton, cerita selalu berkembang ke arah yang tidak terduga. Tidak heran, komik ini menduduki peringkat ketiga penjualan tertinggi di Jepang.

#2. The Seven Deadly Sins

Manga Terlaris Jepang 2015 #2

Seven Deadlu Sins (infoseek.co.jp)

Komik karya Nakaba Suzuki ini mengangkat kisah perjuangan penyelamatan kerajaan di wilayah Britania. Ketika kerajaan diambil alih oleh para pemberontak, sang putri, Elizabeth berupaya mencari bantuan. Maka, mulailah perjalanan menemukan The Seven Deadly Sins.

Sebenarnya The Seven Deadly Sins adalah sekelompok ksatria yang difitnah dan dicap menjadi kriminal. Lalu, bagaimanakah kisah kemudian mengalir? Komik ini sarat akan nilai-nilai kejujuran, kekompakan dan perjuangan. Maka tidak heran jika manga ini sukses menembus penjualan hingga 10,3 juta eksemplar di negeri asalnya.

#1. One Piece

Manga Terlaris Jepang 2015 #1

One Piece Cover (comicvine.com)

Siapa yang tidak kenal Monkey D. Luffy? Yup, tokoh utama dalam komik One Piece ini memang berhasil menarik perhatian para pecinta manga bergenre petualangan. Kisah karya Eiichiro Oda ini memang telah berhasil mengalahkan komik Naruto dengan meraih penjualan lebih dari 14 juta eksemplar di Jepang.

Menceritakan mengenai Luffy dan kawan-kawannya yang mencoba meraih mimpinya menemukan One Piece. Harapannya dengan menemukan One Piece, Luffy dapat menjadi Raja Bajak Laut. Sebagai bajak laut, salah satu pihak yang harus mereka konfrontasi adalah para pasukan angkatan laut. Petualangan unik dan seru pun dimulai.

Karakter dalam komik ini memang sangat unik. Baik karakter utama dan setiap kru bajak laut, hingga ke setiap tokoh yang muncul dalam cerita ini, digambarkan dengan kemampuan dan kekuatan yang spesial. Salah satu sumber kekuatan mereka adalah buah iblis (devil fruit). Tampilan fisik yang mencolok juga jadi salah satu kekuatan manga ini. Buat kamu yang butuh refreshing, komik ini bisa jadi pilihan yang sesuai, lho.

Nah, mana komik yang belum kamu baca? Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu menambah pilihan manga untuk menemani waktu luang, ya. Selamat membaca.

2 Comments

  1. spot May 24, 2016
    • Alabn May 24, 2016

Add Comment