Begini Cara Muslim Jepang Menggalang Dana Lewat Anime

Jepang adalah negeri yang terkenal dengan budaya popnya, di mana budaya tersebut telah memberi warna terhadap kebudayaan dunia. Manga, anime, dorama, j-pop adalah beberapa istilah japanese pop culture yang dikenal masyarakat luas. Berbagai judul komik dan animasi khas Jepang muncul setiap tahunnya dan didistribusikan ke berbagai belahan dunia. Selain menghibur, komik dan animasi juga dapat digunakan sebagai media penyebarluasan gagasan dan ide-ide dari pembuatnya, termasuk yang dilakukan oleh kaum muslimin di Jepang berikut.

Melalui sebuah anime yang dibuat oleh Shizuoka Muslim Association (SMA) dan diposting ke youtube oleh akun Yassine Essaadi tersebut, kaum muslimin di Jepang, terutama dari prefektur Shizuoka, mencoba memaparkan ide-ide dakwah Islam mereka. Dalam video yang merupakan bagian dari program penggalangan dana untuk pembangunan Masjid Shizuoka tersebut, kaum muslimin di seluruh dunia diundang untuk turut serta membantu pembangunan masjid yang akan menjadi salah satu pusat dakwah di Jepang.

Dua buah link disertakan dalam video tersebut, yaitu link ke situs muslimjapan.com dan launchgood.com. Bila link ke launchgood diklik, maka kita akan dibawa kepada sebuah pemaparan konsep masjid yang akan dibangun. Masjid Shizuoka rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 700 meter persegi dan harus memenuhi tiga kriteria:

  1. Tempat yang strategis dan mudah diakses baik oleh jamaah maupun oleh masyarakat umum.
  2. Gunung Fuji dapat terlihat jelas dari tempat tersebut. Pihak SMA menyatakan bahwa mereka ingin menjadikan Gunung Fuji (yang menjadi ikon negara Jepang) sebagai ikon bagi Islam di Jepang dan hal tersebut akan direpresentasikan dengan pemandangan Fuji yang dapat terlihat dari masjid.

    Konsep Masjid yang Akan Dibangun Muslim Jepang

    Masjid dengan View Gunung Fuji (muslimjapan.com)

  3. Ketersediaan air bersih dan kemudahan akses terhadap panel listrik tenaga surya. Pihak SMA menyatakan bahwa poin ini adalah upaya mereka untuk memangkas biaya operasional masjid, sekaligus membantu pelestarian lingkungan.

Rencananya selain digunakan untuk sholat, di dalam Masjid Shizuoka juga akan dibangun berbagai sarana dakwah seperti sekolah, play ground, perpustakaan, ruang seminar, penginapan, toko dan dapur. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun semua itu diperkirakan sebesar US $ 3 juta atau sekitar 40 milyar rupiah lebih.

Masjid Shizuoka akan Dibangun Muslim Jepang

Fasilitas Masjid Shizuoka (launchgood.com)

Buat kamu yang berminat memberikan donasi, pihak SMA menyediakan delapan paket donasi dengan jumlah yang berbeda. Kedelapannya adalah:

  1. “Alhamdulillah” dengan jumlah donasi sebesar US $ 25, donatur paket ini akan mendapatkan email ucapan terima kasih dan namanya akan tertulis dalam buku catatan donatur masjid.
  2. “Masya Allah” dengan jumlah donasi sebesar US $ 50, donatur paket ini akan mendapatkan kartu pos asli Jepang sebagai ucapan terima kasih dan namanya akan tertulis dalam buku catatan donatur masjid.
  3. “Paket Shizuoka” dengan jumlah donasi sebesar US $ 150, donatur paket ini akan mendapatkan sertifikat donatur dan teh hijau Jepang organik.
  4. “Paket Origami” dengan jumlah donasi sebesar US $ 150, donatur paket ini akan mendapatkan sertifikat donatur dan satu set origami Jepang.
  5. “Samurai Pendukung” dengan jumlah donasi sebesar US $ 500, donatur paket ini akan mendapatkan kaos samurai dari SMA dan akun facebooknya akan disebut dalam fanpage SMA sebagai donatur.
  6. “Paket Allahu Akbar” dengan jumlah donasi sebesar US $ 1000, donatur akan mendapatkan seluruh imbal balik yang diterima oleh donatur paket 1 sampai 5.
  7. “Pemimpin Visioner” dengan jumlah donasi sebesar US $ 5000, tidak terdapat penjelasan di situsnya tentang imbal balik dari donatur paket ini.
  8. “Pendiri Resmi” dengan jumlah donasi sebesar US $ 10.000, nama dari donatur paket ini akan diabadikan dan tertulis pada salah satu tembok Masjid Shizuoka sebagai apresiasi terdapat kontribusi besarnya terhadap pembangunan masjid.
Islam di Jepang Berkembang Pesat sejak 2011

Muslimin Shizuoka Menyambut Ramadhan (launchgood.com)

Begitulah salah satu cara kaum muslimin di Jepang menggalang dana. Menarik bukan? Mungkin kamu yang di Indonesia berminat menjadi donatur?

One Response

  1. HA Harris effendy October 20, 2016

Add Comment