11 Langkah Cara Menggambar Wajah Wanita ala Manga

Setelah sebelumnya telah dibahas tentang bagaimana cara menggambar wajah pria ala manga, kali ini yang akan dibahas adalah tentang menggambar wajah wanita ala manga. Sebelumnya, 5 peralatan wajib untuk menggambar harus kamu siapkan. Lalu kita akan mulai membahas langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Dalam menggambar wajah, selalu akan dimulai dengan menggambar sebuah lingkaran, karena ini adalah dasar dalam menggambar wajah. Wajah tampak depan, tampak samping, melihat ke atas, ke bawah atau ke manapun, sebenarnya hanyalah berupa gambar lingkaran dengan berbagai variasi bentuk di dalamnya.

    Lingkaran adalah Dasar Menggambar Wajah

    Dimulai dengan Lingkaran

  2. Apabila ingin menggambar wajah tampak depan, maka berikan dagu tepat di tengah bawah dari lingkaran. Desain dagu terserah yang kamu inginkan, bila karakter yang kamu gambar memiliki dagu lancip, maka bentuklah segitiga. Bila dagu rata, dapat digambar bentuk kotak di bawah lingkaran.

    Cara Menggambar Dagu

    Dagu Lancip atau Rata

  3. Apabila ingin menggambar wajah tampak samping, maka berikan dagu di sudut kiri bawah atau kanan bawah lingkaran, tergantung wajahnya ingin tampak ke mana.

    Cara Menggambar Wajah Menghadap Samping

    Menghadap ke Kiri atau Kanan

  4. Kemudian buat proporsi wajah, bagi wajah menjadi 3 bagian vertikal (sepertiga atas, sepertiga tengah dan sepertiga bawah) dan 2 bagian horizontal (kiri dan kanan). Ini berguna untuk langkah selanjutnya, yaitu menempatkan anggota wajah dalam gambar.

    Cara Menggambar Proporsi Wajah

    Proporsi Wajah

  5. Untuk menggambar mata, letakkan mata di tengah wajah dengan bagian atas mata segaris dengan bagian atas telinga.
  6. Dalam manga, mata karakter wanita umumnya berbentuk lebih besar dibanding karakter pria. Alis wanita tampak lebih tipis, dengan bulu mata tampak jelas di kelopak mata.

    Cara Menggambar Mata Wanita

    Menggambar Mata

  7. Gambarkan hidung dalam bagian sepertiga tengah – bawah wajah dan mulut agak di bawah bagian sepertiga bawah wajah.

    Menggambar Hidung ala Manga

    Menggambar Hidung dan Mulut

  8. Gambarkan rambut sesuai yang kamu inginkan. Dalam membuat rambut, perhatikan efek pencahayaan yang diinginkan, juga alur garis rambut. Jangan mengarsir rambut dengan garis yang berbeda dari alur garis rambut, karena akan membuat rambut karaktermu tampak aneh.

    Cara Membuat Rambut

    Menggambar Rambut

  9. Tebalkan bagian yang diinginkan dengan tinta, lalu hapus sketsa wajah yang sebelumnya digambar dengan pensil.

    Hapus Gambar Pensil

    Tebalkan dengan Tinta

  10. Buat efek bayangan dengan pensil. Arsir bagian yang dianggap tidak terkena cahaya dan biarkan bagian yang tersorot cahaya.

    Cara Menggambar Wajah ala Manga

    Hasil Akhir

  11. Rapikan gambar wajah tersebut dengan penghapus. Apabila kamu sudah terlanjur menggunakan tinta, hapus bagian yang salah dengan tinta berwarna putih.

Demikianlah 11 langkah menggambar wajah wanita ala manga dengan menggunakan peralatan menggambar sederhana. Yang paling membedakan antara wajah pria dan wanita dalam manga adalah pada matanya. Mata wanita tampak lebih besar berbinar sedangkan mata pria tampak lebih tajam.

Langkah dan Cara Menggambar Wanita

Contoh Aneka Style Gambar Wanita Berhijab (ipotisme.com)

Ini adalah cara yang sederhana, kamu dapat mencoba berbagai variasi yang lebih kompleks atau menemukan style dari gambarmu sendiri. Apabila sudah terbiasa, garis-garis proporsi wajah nantinya tidak akan kamu perlukan lagi. Selamat mencoba!

2 Comments

  1. winny June 28, 2016
    • Alabn June 29, 2016

Add Comment