Carlos Latuff, Kartunis Keren Penentang Ketidakadilan

Seseorang yang memiliki bakat menggambar kartun sejak kecil, kadang dipandang sebelah mata oleh orang lain. Kemampuan menggambarnya dianggap hanya sebagai aktivitas iseng tidak berguna, tidak mampu memberi manfaat bagi diri sendiri apalagi bagi keluarga. Padahal banyak lho seniman gambar yang karyanya membawa pengaruh besar terhadap masyarakat dunia. Pengaruh negatif bisa kita lihat dari kartun menghina Rasulullah yang diterbitkan oleh majalah Charlie Hebdo. Sementara yang keren dan menggugah simpati bisa kita temukan dalam kartun tentang Aylan Kurdi, atau kartun pro kemerdekaan Palestina karya Carlos Latuff.

Carlos Latuff Pembuat Kartun Keren

Carlos Latuff

Carlos Latuff sendiri adalah seorang kartunis keturunan Arab – Brazil yang lahir di Rio de Janeiro pada 30 November 1968. Nama lengkapnya adalah Carlos Henrique Latuff de Sousa. Mayoritas karyanya bertema politik dan mengkritik berbagai ketidakadilan yang terjadi di penjuru dunia. Tema terbesar yang digarapnya adalah anti-zionisme, Latuff sangat menentang keras penjajahan Palestina oleh zionis Israel, sebagaimana dia juga menentang aksi militer Amerika Serikat ke berbagai negara.

Dituduh Anti-Semit

Latuff adalah contoh nyata bahwa gambar, kartun atau komik dapat memberi pengaruh kuat terhadap masyarakat. Pada tahun 2002, Latuff dan Indymedia, media yang menerbitkan karyanya secara online, dituntut ke pengadilan Swiss atas tuduhan menebar kebencian terhadap yahudi (anti-semit). Kartun yang dipermasalahkan adalah gambar Latuff yang mendeskripsikan seorang bocah yahudi di kamp konsentrasi sedang mengucapkan “I am Palestinian”.

Kartun Keren Latuff Tentang Holocaust

Bocah Yahudi karya Latuff

Dalam kumpulan karyanya yang berjudul “We are all Palestinians” itu, Latuff menggambarkan para korban penindasan dan penjajahan sebagai “Palestinian”. Selain bocah yahudi, digambarkan juga orang Indian, biksu di Tibet, kulit hitam di Amerika, apartheid di Afsel dan masih banyak lagi. Berhasil membuat gerah penjajah zionis, Latuff semakin semangat berkarya mengkritik zionisme. Akibatnya, pada tahun 2012 Latuff masuk dalam daftar 10 Tokoh Anti-Israel/Anti-Semit versi Simon Wiesenthal Center.

Karya Kartun Keren Latuff Menentang Penjajahan

We Are All Palestinians

Menanggapi tuduhan anti-semit itu, Latuff dengan enteng mengatakan bahwa tuduhan itu adalah “Lelucon yang layak masuk dalam film Woody Allen,” atau sebagai “Strategi untuk mendiskreditkan kritik terhadap Israel.” Pembelaan terhadap karya-karya Latuff kemudian berdatangan dari berbagai kalangan, salah satunya dari Eddie Portnoy, seorang peresensi buku yang mengatakan dalam The Jewish Daily Forward, bahwa walau karya-karya Latuff sangat kritis dan mengundang amarah Israel, namun karyanya bukanlah anti-semit.

Carlos Latuff dan Kartun Kerennya

Kartun Latuff Tentang Palestina

Kritik Terhadap Ketidakadilan, Bukan Hanya Israel

Sebenarnya tuduhan anti-semit yang dialamatkan kepada Carlos Latuff sangat mengada-ada, karena selain kritik terhadap Israel, Latuff juga membuat karya yang mengkritisi banyak ketidakadilan lainnya.

BACA JUGA  Bila Tahu Kisah Sedih Pembuat Komik Superman Ini, Masihkah Kamu Mau Nonton Filmnya?

Ketika Amerika Serikat menginvasi Afghanistan dan Irak dengan tuduhan kepemilikan senjata pemusnah massal, Latuff membuat kartun yang menggambarkan bahwa ada motif perdagangan minyak di balik invasi tersebut. Begitu pula ketika Amerika Serikat merebut Libya dari Muammar Khadafi, Latuff menggambarkan ada motif minyak di dalamnya.

Latuff Membuat Kartun tentang AS

Latuff Mengkritik Motif Perang AS

Sejak akhir 2010, Latuff membuat banyak kartun tentang Arab Spring. Setelah kemenangan pihak pro-revolusi di Tunisia, Mesir dan Libya, kartun-kartun Latuff kemudian lebih banyak menyorot kemungkinan intervensi Amerika Serikat dan negara-negara barat dalam proses demokratisasi di Arab. Beberapa karyanya bahkan di-print dan digunakan dalam berbagai demonstrasi pro-revolusi.

Kartun Keren Latuff Tentang Arab Spring

Kartun Tentang Kejatuhan Mubarak

Kini Latuff juga banyak melakukan kritik terhadap ISIS lewat gambar-gambarnya. Sepak terjang ISIS yang menebar ancaman pada banyak pihak dan klaim gerakannya yang mengatasnamakan agama, padahal banyak juga muslim yang jadi korban mereka, membuat Latuff tidak bisa berdiam diri untuk menyuarakan ketidaksetujuan lewat karya.

Kartun Keren Latuff Mengkritik ISIS

AS, ISIS dan Ebola, Siapa Membunuh Lebih Banyak?

Kartun ISIS Trojan AS

ISIS Digambarkan Sebagai Trojan AS

Itulah Carlos Latuff, seorang seniman yang mencoba melakukan perlawanan lewat gambar. Jadi bila ada yang mengatakan kemampuan gambar kamu tidak bermanfaat, ingatlah Carlos Latuff dan perjuangannya. Ingatlah bahwa gambar-gambarnya dapat membawa perubahan. Semoga dengan mengingat itu kamu dapat menjadikan gambarmu bermanfaat bagi banyak orang.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, wikiwand.com, sinkers.org, enallaktikos.gr, caravandaily.com, latuffcartoons.wordpress

Add Comment