Inilah Daftar 7 Anime Jepang Dengan Keuntungan Terbesar di Tahun 2015

Sebagai hiburan, anime Jepang tentu bukan hal baru lagi bagi mayoritas penonton Indonesia. Serial televisi populer seperti Naruto, Dragon Ball, Doraemon, Crayon Shin-chan, Detektif Conan dan yang lain telah setia menemani keseharian menonton bersama keluarga. Film kartun Dragon Ball dan Doraemon bahkan telah ditayangkan selama puluhan tahun. Seorang anak kecil lucu penyuka Doraemon di tahun 80an, sekarang mungkin sudah menjadi orangtua yang memiliki anak penyuka anime Doraemon juga.

Populernya beberapa anime tersebut tentunya menghasilkan keuntungan yang besar pula. Di Jepang sendiri, tidak hanya berupa serial televisi, film anime yang tayang di bioskop pun dibanjiri penonton. Yang terbaru tentu saja film penutup serial Naruto, Boruto, yang tayang di bioskop-bioskop berbagai negara dan telah menghasilkan gross profit sekitar US$ 20,9 juta.

Boruto, Anime Jepang The Movie

Boruto Nonton Anime Movie

Hasil yang didapat Boruto tentunya jauh di bawah animasi Hollywood seperti Frozen yang bisa menghasilkan gross profit US$ 1.279.852.693, namun bila dibandingkan dengan anime Jepang lainnya, pencapaian film Boruto termasuk luar biasa. Lalu anime apa sajakah penghasil pundi-pundi terbesar selama tahun 2015? Inilah 7 teratas dalam daftar.

Baca juga List 20 Anime Terbaik Ini

7. Crayon Shin-Chan: My Moving Story! Cactus Large Attack!

Entah masuk kategori anime cantik, lucu, keren atau sedih, Crayon Shin-Chan terkadang sulit didefinisikan. Walau bercerita tentang kehidupan seorang anak kecil bernama Nohara Shinnosuke, bersama orangtua dan adiknya, namun rating anime ini adalah PG-13, yang berarti diperuntukkan bagi remaja 13 tahun ke atas.

Anime Jepang Crayon Shin-Chan

Crayon Shin-Chan

Film ke-23 dari adaptasi komik Crayon Shin-Chan ini mulai tayang di Jepang pada 18 April 2015 dan masuk pasar Asia Tenggara pada 9 Juli 2015, ceritanya sendiri adalah tentang petualangan Shin-Chan yang harus mengikuti ayahnya pindah tugas ke Meksiko, dimana mereka harus berhadapan dengan serangan kaktus pemakan manusia.

Anime yang disutradarai oleh Masakazu Hashimoto ini telah menghasilkan gross profit sebesar US$ 18.772.380.

6. Boruto: Naruto the Movie

Film ke-11 dari serial Naruto ini, merupakan yang tersukses dari film-filmnya yang lain. Boruto: Naruto the Movie menceritakan episode setelah film The Last: Naruto the Movie yang menjadi penutup dari serial manga maupun anime televisi Naruto. Anime ini tayang di Jepang pada 7 Agustus 2015 dan telah menghasilkan gross profit sebesar US$ 20,9 juta.

Anime Jepang Boruto the Movie

Sasuke, Naruto dan Keluarga

Film ini menceritakan tentang keadaan dunia ninja setelah Naruto menjadi Hokage ketujuh. Boruto adalah anak dari pernikahan Naruto dengan Hinata, dimana mereka dikaruniai 2 orang anak, yang bungsu bernama Himawari. Boruto yang kesal karena Naruto selalu mengutamakan desa Konoha dibandingkan keluarga, kemudian bertekad menjadi lebih kuat untuk bisa mengalahkan ayahnya. Disebabkan insiden dalam ujian chuunin yang melibatkan Boruto, keduanya pun bertarung, namun terhenti karena kehadiran musuh yang kuat, Kinshiki Otsutsuki dan Momoshiki Otsutsuki.

Baca juga Cara Membuat Pede ala Naruto

5. Love Live! The School Idol Movie

Pernah nonton film girlband Cherrybelle yang berjudul Love is U di bioskop? Nah, anime ini bercerita tentang perjuangan 9 siswi anggota girlband µ (Phi) dalam meniti karir menjadi idola remaja. Bagaimana mereka menghadapi gosip, fans maupun haters, serta suka duka mengadakan konser diceritakan dalam anime Love Live! The School Idol Movie.

BACA JUGA  8 Tokoh Islam Dalam Komik DC, Siapa Saja Mereka?

Anime yang mulai tayang di bioskop-bioskop Jepang tanggal 13 Juni 2015 ini telah menghasilkan gross profit sebesar US$ 21,7 juta dan diprediksi masih akan terus bertambah, karena rencananya versi blu-ray dari anime ini baru akan beredar di pasaran mulai 15 Desember 2015.

4. Doraemon: Nobita’s Space Heroes

Setelah tahun 2014 sukses dengan Stand by Me, Doraemon kembali meraih kesuksesan dengan film anyarnya, Nobita’s Space Heroes. Anime yang dirilis serentak di Jepang tanggal 7 Maret 2015 dan diedarkan ke seluruh dunia pada 28 April 2015 ini telah meraup gross profit sebesar US$ 32,1 juta.

Anime Jepang Doraemon

Doraemon dan Kawan-kawan

Cerita Doraemon kali ini berkisah tentang Nobita dan kawan-kawan yang mencoba membuat film bertema luar angkasa. Terinspirasi dari film blockbuster, Guardians of The Galaxy, Suneo dan Giant bersepakat memberikan peran monster untuk Nobita.

Namun di tengah proses shooting, seorang alien dari planet Pokkoru datang meminta pertolongan mereka. Nobita dan kawan-kawan yang menyangka bahwa Aron, nama alien tersebut, adalah bagian dari film kemudian membantunya dan mengikutinya ke planet Pokkoru.

3. Detective Conan: Sunflowers of Inferno

Film anime Detektif Conan yang ke-19 ini berhasil masuk 3 besar dalam anime paling menguntungkan di tahun 2015. Dirilis di Jepang tanggal 18 April 2015, anime yang disutradarai oleh Kobun Shizuno ini berhasil meraup gross profit sebesar US$ 43.782.211.

Anime Jepang Detektif Conan

Detective Conan The Movie

Kisah Conan Edogawa kali ini adalah tentang kasus yang terjadi setelah dilelangnya satu karya masterpiece Vincent van Gogh, Bunga Matahari (sunflowers) di New York. Pemenang lelang tersebut, Jirokichi Suzuki kemudian berencana mengadakan pameran koleksi lukisan van Gogh miliknya. Guna menjaga koleksinya selama pameran, Jirokichi kemudian meminta pertolongan kepada 7 orang ahli untuk membantu, salah satu dari ahli tersebut adalah Kogoro Mouri.

BACA JUGA  Dari 11 Daftar Naruto The Movie Ini, yang Manakah Favoritmu?

2. The Boy and the Beast

Apa yang terjadi apabila seorang anak kecil tersesat di dunia paralel? Anime ini bercerita tentang Kyuta, seorang anak laki-laki Tokyo yang tersesat dan masuk ke dunia yang dihuni oleh makhluk seperti manusia namun bertubuh hewan. Kyuta kemudian dirawat dan dilatih oleh Kumatetsu, sosok manusia beruang yang jago beladiri.

Baca juga 5 Jagoan Muslim Marvel Comics

Anime ini dirilis di bioskop-bioskop Jepang tanggal 11 Juli 2015 dan direncanakan untuk dirilis di luar Jepang mulai 13 Januari 2016. Saat ini film The Boy and the Beast telah meraih keuntungan kotor sebesar US$ 46,4 juta. Keuntungan yang akan meningkat seiring dirilisnya nanti di luar Jepang.

1. Dragon Ball Z: Resurrection ‘F’

Inilah dia jawara anime movie Jepang di tahun 2015, Dragon Ball Z: Resurrection ‘F’. Dirilis di Jepang pada 18 April 2015, anime yang diproduksi Toei Animation ini didukung penuh oleh jaringan distribusi 20th Century Fox untuk penyebarluasan ke seluruh dunia. Wajar bila mengingat bahwa manga Dragon Ball sempat menjadi komik Jepang terlaris di dunia selama bertahun-tahun.

Anime Jepang Dragon Ball Z

Cover Poster Film Dragon Ball Z

Film ke-15 dari brand Dragon Ball Z ini bercerita tentang dibangkitkannya kembali Freeza oleh anak buahnya, Sorbet. Freeza yang menyadari bahwa kekuatan Goku telah jauh bertambah, ditambah fakta bahwa Goku telah mengalahkan Iblis Buu (Majin Boo), akhirnya memutuskan untuk berlatih keras sebelum membalaskan dendamnya. Sementara di tempat lain, Goku dan Bezita berlatih bersama Whys, pelatih dari God of Destruction, Beerus. Pertarungan seru antara Freeza dan Goku yang sama-sama telah berlatih keras, membuatnya berhasil meraih banyak penonton.

Baca juga 11 Anime Jepang Yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Walau mendapat banyak kritik, termasuk kritik terhadap kualitas gambarnya, namun keuntungan kotor yang telah dihasilkan anime ini berhasil mencapai US$ 61.768.190, jauh di atas peringkat kedua. Luar biasa!

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, love-live.wikia.com, vgi.co.id, shonenmagz.com, goodfon.ru, thepoppingpost.com, leehans.blogspot.com

2 Comments

  1. Ros December 28, 2016
    • Alabn December 29, 2016

Add Comment