Tahukah Kamu Bahwa Ada 8 Spiderman Selain Peter Parker?

Ternyata remaja cerdas yang jagoan super berkostum dan menggunakan nama Spiderman bukan cuma Peter Parker, lho. Padahal umumnya jika kita berbicara soal Spiderman pasti yang akan tergambar di benak kita adalah nama Peter Parker. Nyatanya, ada 8 Spiderman lain yang mungkin kamu pun tidak tahu namanya. Lalu, siapa sajakah mereka itu? Silakan simak ulasan berikut.

1. Amadeus Cho

Gambar Amadeus Cho dan Peter Parker

Amadeus Cho dalam Kostum Iron Spider (youtube.com)

Jenius dan kuat. Inilah gambaran Amadeus Cho, rival Peter Parker saat SMA dalam serial animasi Ultimate Spiderman. Cho bahkan menjadi remaja yang berhasil meraih posisi manusia tercerdas ketujuh di dunia saat baru menginjak usia 13 tahun.

Berbeda dengan Peter Parker, Amadeus Cho menjadi jagoan tanpa tergigit laba-laba mutant. Seperti halnya Iron Man, Amadeus menggunakan baju Iron Spider yang didesain oleh Tony Stark. Pada mulanya, baju ini didesain untuk digunakan oleh Peter Parker dan memang sempat digunakannya ketika membantu Iron Man mengalahkan The Living Laser. Namun Peter tidak nyaman menggunakan kostum dengan teknologi tinggi tersebut.

Amadeus yang berhasil membuktikan kapabilitasnya dalam mengoperasikan baju Iron Spider kemudian diberikan hak untuk meminjam baju ini. Di saat yang bersamaan, ia mengetahui bahwa Taskmaster sedang mencari kandidat manusia berkekuatan super dan berbakat khusus melalui daftar yang dimiliki oleh S.H.I.E.L.D. Daftar tersebut dibocorkan oleh agen ganda yang bekerja baik dengan Taskmaster maupun S.H.I.E.L.D.

Sayangnya, tidak terlalu banyak ulasan mengenai Amadeus dibandingkan beberapa Spiderman lainnya. Alih-alih memaparkan mengenai Amadeus, berbagai ulasan justru lebih menitikberatkan pada baju Iron Spider. Baju yang juga digunakan oleh Peter Parker dalam serial komik Civil War, ketika bergabung dalam “Team Iron Man” melawan Captain America.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa Ada 5 Versi dari Black Widow Avengers?

2. Miles Morales

Gambar Spiderman yang Terinspirasi Obama

Miles Morales (araucaniacuenta.cl)

Miles Morales adalah seorang pemuda asal Brooklyn yang tanpa sengaja tergigit oleh laba-laba mutant. Meski memperoleh kekuatan super layaknya Peter Parker, namun Miles berkeinginan tetap menjalani hidup sebagai manusia normal. Hal yang kemudian berubah saat terjadi insiden yang menyebabkan tewasnya Peter di tangan Green Goblin.

Mengikuti jejak Peter sebagai pahlawan, ia pun mulai berjuang memberantas kejahatan. Menjadi Spiderman baru bukan hal yang mudah bagi Miles. Keraguan akan kemampuan Miles sempat timbul dari berbagai pihak. Buktinya, Miles sempat diinterogasi di markas S.H.I.E.L.D. dan berkonfrontasi dengan Spiderwoman. Pada akhirnya, Miles mampu membuktikan kepantasan dirinya untuk menggantikan posisi Spiderman yang ditinggalkan Peter Parker.

Spiderman versi Miles Morales ini muncul pertama kali dalam Ultimate Comics: Fallout #4 dan merupakan karakter Spiderman pertama yang berkulit hitam.

3. Ben Reilly

Gambar Ben Reilly dalam Scarlet Spider

Scarlet Spider dan Spiderman (forums.marvelheroes.com)

Tertangkapnya Peter Parker oleh Jackal berujung terlahirnya Ben Reilly. Jackal alias Professor Miles Warren adalah penjahat yang bertanggung jawab melahirkannya. Ben merupakan hasil klon kedua dari Peter. Sedangkan klon pertama dari Peter Parker tidak berhasil bertahan hidup.

Pada awalnya, Ben dan Peter sempat bertarung karena masing-masing menyangka bahwa dirinya adalah Peter yang asli. Menyadari dirinya adalah hasil klon, ia membentuk identitas dengan nama Ben Reilly atas dasar memori Peter yang ditanamkan pada dirinya. Ben berasal dari nama pamannya sedangkan Reilly adalah nama gadis dari Bibi May.

Hidup menyendiri kemudian membuatnya sadar bahwa ia juga memiliki hak untuk memilih kehidupan yang diinginkannya. Ben pun kemudian mengambil keputusan untuk bergabung dengan New Warriors dan menjadi super hero. Perlahan Ben membuktikan kemampuan dan kesungguhannya. Bahkan gelar Scarlet Spider yang diberikan oleh wartawan pun diperolehnya saat memenangkan pertarungan dengan Venom.

Perjalanan Ben berakhir ketika konfrontasinya dengan Green Goblin berhasil merenggut nyawanya. Pengorbanan Ben berakhir manis. Sebelum kematiannya, Ben berhasil menyelamatkan Flash Thompson dan Peter Parker dari bom-bom Green Goblin.

4. Miguel O’Hara

Gambar Spiderman versi Miguel O'Hara

Spiderman dan Spiderman 2099 (wallpaperup.com)

Berdarah campuran Irlandia dan Meksiko, Miguel O’Hara menjadi jagoan super akibat dijebak oleh Tyler Stone. Tyler yang merupakan pemilik perusahaan besar Alchemax, kerap menekan Miguel. Tatkala ia mengajukan pengunduran dirinya, Miguel pun dijebak dengan minuman berisi obat halusinogen yang berikatan dengan DNA-nya. Tujuannya tak lain untuk memaksa Miguel mengurungkan niatnya.

Berkeinginan menghilangkan pengaruh obat tersebut, Miguel pun mengujikan prosedur genetika yang berbahaya terhadap dirinya sendiri. Tidak cukup sampai di situ, Aaron Delgado, atasan Miguel menyabot prosedur tersebut. Beruntung, Miguel selamat.

Berkat menjalani prosedur genetika tersebut, Miguel kini memiliki kemampuan super. DNA laba-laba telah bergabung dengan DNA-nya. Berbekal kostum yang digunakan dalam festival Dia de Los Muertos, Miguel pun menjadi Spiderman. Berbeda dengan kostum Spiderman Peter Parker, tidak ada gambar laba-laba di bagian dada kostum yang digunakannya.

Keberadaan Miguel sebenarnya jauh di masa Spiderman versi Peter Parker, yaitu di tahun 2099. Karena itulah Miguel dijuluki Spiderman 2099. Perlu kamu ketahui, Miguel adalah Spiderman yang sempat bekerja sama dengan Thor dalam mempertahankan kedamaian bumi. Dia juga merupakan Spiderman pertama berdarah Latin.

5. Pavitr Prabhakar

Gambar Spiderman dari India

Spiderman Pavitr Prabhakar (comicvine.com)

Inilah Spiderman versi India. Pavitr Prabhakar, pemuda miskin yang bermukim di Mumbai ini secara tidak sengaja memperoleh kekuatan laba-laba. Kekuatan super yang kemudian nyaris diabaikannya.

Menyadari tanggung jawab dari kekuatannya, Pavitr pun menjadi Spiderman dan melawan kejahatan di kota tempat tinggalnya. Maka dimulailah perjuangan Pavitr melawan Nalin Oberoi. Tidak hanya itu, Pavitr pun harus menghadapi Doctor Octopus yang dalam versi ini alih-alih memiliki tangan mekanik, ia dipersenjatai dengan tangan-tangan setan.

Kebaikan selalu menang. Itulah yang kemudian dialami oleh Pavitr. Keberhasilannya untuk menghilangkan pengaruh jahat dari Oberoi membuatnya sukses melindungi kota beserta orang-orang yang disayanginya.

6. William Braddock

Gambar William Braddock Spider-UK

Spider-UK (pinterest.com)

Sebagai pemula dalam tim Captain Britain, William Braddock bisa dibilang memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Bagaimana tidak, berbekal jimat yang diberikan oleh Roma, William pun mempunyai kemampuan untuk bepergian ke berbagai belahan dunia paralel yang disebut sebagai Multiverse. Tugasnya tak lain adalah untuk melindungi Spiderman dari berbagai dunia berbeda dari serangan Inheritors.

William pun kemudian membentuk Spider-Army dengan mengumpulkan Spiderman dari seluruh dunia. Spider-Army akhirnya berhasil mengalahkan Inheritors dan mengasingkannya ke bumi. Sayangnya, saat pertarungan berlangsung, dunia asal dari William telah hancur. Tatkala, setiap Spiderman anggota Spider-Army dapat pulang kembali ke dunianya masing-masing, William tidak memiliki tempat tinggal lagi.

Hal tersebut mendorongnya untuk menempati Loomworld yang dahulu merupakan rumah bagi Inheritors. William membentuk Warriors of The Great Web, yang tujuannya hanya satu, untuk menjadi perantara bagi semesta yang membutuhkan bantuan Spiderman.

Perlu kamu tahu, kostum William juga tidak bergambar laba-laba. Gambar yang menempel pada bagian dadanya adalah potongan corak dari bendera Inggris. Meskipun dari sisi warna masih menggunakan perpaduan warna biru dan merah layaknya kostum Spiderman. Itulah sebabnya dia dijuluki sebagai Spider-UK.

7. Hobart Brown

Gambar Spiderman Anarkis

Spiderman versi Punk (cdninstagram.com)

Buat kamu yang penyenang musik, ini dia Spiderman yang melawan kejahatan dengan gitar di tangan. Jangan salah, Spiderman ini bukan menyukai sembarang musik. Hanya musik punk sesuai nama julukannya.

Memiliki nama alias Spider-Punk dan The Anarchic Spiderman, Hobart Brown berjuang membebaskan masyarakat dari rezim pemerintahan yang korup. Pada masa ini, Norman Osborn berhasil menduduki posisi sebagai presiden.

Karakter Hobart dalam komik ini memang digambarkan pemarah dan agresif. Dalam menghadapi teknologi V.E.N.O.M yang digunakan Osborn dalam membentuk pasukannya, Hobart menggunakan kekuatan 15000 volt punk rock. Spider-Punk bahkan menutup pertarungan dengan menghantamkan gitarnya ke kepala Osborn.

8. Joseph Wade

Gambar Spiderman versi Jahat Buatan Doc Oc

Joseph Wade Steel Spider (marvel.wikia.com)

Dialah satu-satunya Spiderman yang bertindak sebagai penjahat dalam ulasan kali ini. Ketika Doctor Octopus, Carolyn Trainer memergoki Joseph Wade yang menyelidiki dirinya, Carolyn pun mengambil langkah yang keji. Dengan memasukkan Joseph ke dalam alat yang mentransformasi dirinya menjadi hologram nyata tiruan dari Scarlet Spider, Ben Reilly.

Akibat pengaruh mesin tersebut, Joseph tidak dapat menahan diri dari berbuat kejahatan. Semua berubah saat Ben Reilly, Scarlet Spider yang sebenarnya menyerang Doctor Octopus malah merusak mesin hologram saat Joseph masih berada di dalamnya. Hasilnya, Joseph pun menjadi Scarlet Spider yang sesungguhnya.

Berbekal kekuatan super yang baru diperolehnya, Joseph menjadi manusia yang super kuat. Dibandingkan Ben yang hanya menggunakan kostum khusus, Joseph benar-benar memiliki cakar dan tubuh yang dilengkapi dengan senjata super. Joseph yang tidak terkendali kemudian dihentikan dan ditangkap oleh Ben dengan bantuan New Warriors.

Pada akhirnya Joseph berhasil ditangkap. FBI pun memberikan perawatan medis khusus untuknya. Tujuannya adalah menghilangkan pengaruh teknologi cybernetic dari dirinya.

Penampakan Scarlet Spider tiruan ini mengubah pandangan kita akan gambar Spiderman yang umum. Tubuhnya dibalut dengan warna perak seluruhnya. Tak heran jika Scarlet Spider tiruan versi Joseph ini juga dijuluki Steel Spider.

Spiderman dalam Berbagai Kostum

Spidermen (marvel.wikia.com)

Kedelapan Spiderman ini bisa memperkaya pengetahuanmu tentang Spiderman. Memang Marvel menggambarkan setiap Spiderman memiliki semestanya masing-masing. Meskipun dalam kisahnya, beberapa Spiderman pernah bertemu dalam dunia paralel di saat-saat tertentu.

3 Comments

  1. Anisa AE June 23, 2016
    • Alabn June 23, 2016
  2. erebus March 20, 2017

Add Comment