Garudayana Saga, Cerita Gatotkaca yang Mendunia Lewat Komik

Cerita komik nyaris disukai semua kalangan. Terlebih kalangan muda. Membaca komik adalah hiburan yang tak pernah membosankan. Sayangnya komik karya bangsa sendiri kadang luput dari mata para penikmat komik tanah air. Sebagian besar generasi muda cenderung menaruh hati pada cerita komik luar negeri. Mulai dari negeri Paman Sam, negeri ginseng, sampai negeri para samurai.

Tapi lain halnya dengan Garudayana Saga. Komik Indonesia yang sukses melintas negara. Gaya penggambarannya memang manga, namun Yuniarto, sang kreator komik menyatakan bahwa konten cerita murni berkisah tentang kisah sang Gatotkaca.

Cerita Gatot Kaca dalam Komik Garudayana

Kinara dan Gatotkaca oleh Bob-Raigen

Komik Wayang Dengan Gaya Manga

Sekilas kisah tentang Garudayana Saga, komik ini menuturkan kisah perwayangan. Lengkap dengan kostum ala wayang, alkisah seorang gadis bernama Kinara berpetualang mencari harta karun. Tentu saja bumbu kisah komik cinta dan drama tentu terselip manis di sini. Tapi tidak mengurangi esensi kearifan lokal khas Indonesia kok.

Cerita Komik Garudayana

Tampilan Garudayana Saga

Kinara berpetualang dengan bantuan seekor burung Garuda kecil yang dapat berubah menjadi senjata saat diperlukan. Nah, dalam petualangannya, Kinara juga membantu perdamaian dunia dengan berbagai konflik dan pertarungan. Latar belakang kisah adalah cerita wayang mengenai keluarga Pandawa dan Kurawa, yang tentu kamu sudah familiar.

Garudayana boleh dibilang berhasil menerobos pakem yang umum terjadi. Jika lazimnya komik asing lah yang dialih-bahasakan dan masuk ke tanah air, cerita komik ini justru sukses menembus pasaran Jepang dan laris manis di pasaran. Menargetkan pasar remaja, komik ini meski menuturkan kisah perwayangan, namun pembawaan cerita disampaikan dengan ringan dan jenaka.

Fan Art Cerita Komik Garudayana Saga

Fan Art Garudayana oleh SierraLatkje

Banyak ‘muka kacang’ atau adegan lucu khas komik lucu Jepang. Sampai-sampai jika sekilas melihat, rasa komik ini benar-benar pop manga. Serius menggarap pasar. Itulah yang terlihat dari pengemasan komik wayang ini.

Menampilkan bentuk penyampaian kisah yang lain dari yang lain, Garudayana Saga sangat pas bagi penggemar komik yang ingin tahu lebih banyak tentang kisah perwayangan lokal. Menilik sejarah komik perwayangan di Indonesia, sebagian dari kita mungkin sempat merasakan komik perwayangan era R.A. Kosasih. Atau beragam komik wayang dari berbagai masa. Namun popularitasnya tidak sampai menyapa kalangan muda masa kini.

Cerita Komik Wayang Populer Untuk Anak Muda

Cosplay Garudayana

Hal ini yang sebenarnya menjadi motivasi utama Yuniarto. Mimpinya adalah mempopulerkan kisah perwayangan dan nilai-nilai kearifan lokal tanah air pada anak-anak muda bangsa. Khususnya mereka di usia remaja, karena Garudayana memang bukan komik anak di bawah umur. Maka tidak salah jika dalam menggarap mimpinya, Yuniarto tidak setengah-setengah.

Menembus Pasar Luar Negeri

Adalah Digital Catapult, pelopor penerbitan komik digital di Jepang yang telah menerbitkan komik Garudayana Saga dalam bahasa Jepang secara online, menjadikan komik wayang populer itu berhasil menembus pasar Jepang. Digital Catapult juga adalah penerbit yang menerbitkan manga Naruto versi digital, serta menjual buku-buku mereka melalui toko-toko buku digital di seluruh Jepang.

Cerita Komik Indonesia dalam Bahasa Jepang

Garudayana Saga Dalam Bahasa Jepang

Hebatnya lagi, karya Yuniarto ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Di tahun 2015 ini, Garudayana dipastikan masuk dalam nominasi The Gaiman Award 2015. Ajang penghargaan ini ditujukan untuk komik luar Jepang yang diterjemahkan ke bahasa Jepang.

Tidak berhenti sampai di situ saja, komikus Garudayana secara resmi sedang menggarap versi game-nya. Bersama Mojiken Studio, sebuah studio game asal Jawa Timur, Garudayana Saga akan hadir dengan judul “Ashura Hunter”. Luar biasa bukan?

Is Yuniarto Pembuat Cerita Komik Garudayana

Is Yuniarto, Komikus Garudayana Saga

Is Yuniarto terbukti adalah pemuda bangsa yang mampu mendobrak dan membangun motivasi kalangan komikus tanah air untuk turut mewarnai komik dunia.

Sumber tulisan dan gambar: comic-catapult.com, cnnindonesia.com, duniaku.net, id.tehcinasia.com, kaorinusantara.or.id, qkuwm4ru.deviantart, sierralatkje.deviantart, bob-raigen.deviantart

2 Comments

  1. Asop November 19, 2015
    • Alabn November 19, 2015

Add Comment