Godam, Sosok Manusia Super dalam Komik Indonesia

Sosok itu memiliki kekuatan super, kebal peluru dan mampu terbang di udara. Namun jangan harap akan menemukan sosok tersebut di jalanan memburu berita, atau di belakang meja menulis artikel untuk surat kabar yang terbit esok hari. Karena sosok itu adalah Godam, perwujudan dari seorang sopir truk bernama Awang, salah satu karakter komik pahlawan super asli Indonesia, buah karya Wid NS.

Godam, Komik Indonesia Jadul

Godam dan Komikusnya, Wid NS

Godam sebenarnya bukanlah makhluk bumi, namun merupakan putra dari seorang komandan perang di negeri Godam, yang dipimpin seorang tiran bernama Ratu Chandalani. Orangtua Godam yang mencoba melawan tirani sang ratu, menjadi buron dan dianggap sebagai pemberontak. Dalam pelariannya, ayah Godam kemudian menghanyutkan putranya di sungai untuk diketemukan oleh seorang pemimpin pemberontakan, Gedibalbanda yang menjadi ayah angkatnya. Gedibalbanda-lah yang memberikan nama Godam, sesuai nama negeri kelahirannya. Setelah Gedibalbanda terbunuh, Godam berpetualang sendirian dan menemukan jubah sakti yang dapat membuatnya kuat serta kebal peluru, serta kain bendera yang bila dikenakan dapat membuatnya terbang.

Godam yang sudah belajar menggunakan kesaktiannya, kemudian bertarung melawan putra dari Ratu Chandalani dan menang. Tak sanggup menanggung malu karena dikalahkan, putra Ratu Chandalani kemudian bunuh diri, namun lucunya, kematian putra Ratu Chandalani malah membuat Godam dituduh sebagai pembunuh. Godam kemudian dihukum oleh Dewi Pengasuh Sukma dan dikurung di dalam sebuah cincin sakti, cincin itu lalu dibawa oleh Bapa Kebenaran ke bumi dan dia memilih Awang sebagai pemegang kuasa atas kekuatan Godam dalam cincin tersebut.

Sosok Godam disebutkan terinspirasi oleh Superman dan Thor, dua superhero Amerika yang bukan merupakan makhluk bumi. Penampilan fisik Godam akan mengingatkan pembaca pada Superman, sedangkan jubah sakti yang dikenakannya akan mengingatkan pada Thor. Muncul pertama kali pada tahun 1969 dengan judul “Memburu Doktor Setan”, total sudah 15 judul dibuat oleh Wid NS selama rentang waktu 1969 – 1980. Komik Godam ke-16 yang berjudul “Ujian Buat Awang”, tak pernah terselesaikan hingga Wid NS wafat. Salah seorang putranya, Fajar Sungging Pramodito kemudian meneruskan jejak Wid NS dan membuat Godam Reborn.

BACA JUGA  Komik Indonesia Masa Kini, di Mata Beng Rahadian

Berikut ini adalah daftar judul komik Godam yang telah diterbitkan:

  1. Memburu Doktor Setan (1969). Godam bertemu musuh bebuyutannya, Roh Doktor Setan yang berwujud kalung berliontin batu permata. Permusuhan keduanya bahkan telah terjadi sejak sebelum Awang terpilih sebagai pemegang kuasa atas kekuatan Godam lewat cincin sakti yang diberikan oleh Bapa Kebenaran.

    Komik Pertama Godam yang terbit di Indonesia

    Godam: Memburu Doktor Setan

  2. Godam Gadungan (1969). Godam melawan tiruan dirinya.
  3. Godam vs Kaum Teroris (1969). Keberhasilan Godam menumpas para teroris membuatnya diberi hadiah oleh Kaisar Thelezer berupa Shundra, seorang perempuan super yang tergila-gila padanya.
  4. Mencari Jejak Mayat (1970). Godam kembali berhadapan dengan Roh Doktor Setan.
  5. Godam dengan Raksasa Colosy (1970). Godam berhadapan dengan raksasa hijau mirip dinosaurus bernama Colosy.
  6. Robot Penakluk (1972). Godam dibantu oleh Gundala dan Aquanus berhadapan dengan Robot Penakluk.
  7. Mata Sinar X (1973). Godam kehilangan kekebalannya karena berniat membuka identitas rahasianya kepada Gundala. Namun Bapa Kebenaran membawa pergi Godam sebelum ia sempat menyebut nama Awang dan memberi hukuman dengan menghilangkan kekuatan kekebalan Godam. Semburan sinar mata emerald dari anggota Gerombolan Kucing Merah yang menjadi sebab hilangnya kekebalan Godam.

    Episode Komik Indonesia Godam

    Godam: Mata Sinar X

  8. Bocah Atlantis (1975). Godam dibantu Aquanus menghadapi Ztulos, si Bocah Atlantis.
  9. Black Magic (1975).
  10. Panik (1976).
  11. Sang Kolektor (1978). Godam bersama Pangeran Mlaar dan Maza menghadapi Sang Kolektor di luar angkasa.
  12. GAS (1978). GAS adalah komplotan penjahat pimpinan Empu Selamawa yang dengan kekuatannya mampu melumpuhkan kekuatan para pahlawan super yang melawannya.
  13. Bregota (1979). Ini adalah edisi khusus ulang tahun ke-10 komik Godam dan terbit secara full color.
  14. Tirani Biru di Negeri Godam (1980). Godam kembali ke kampung halamannya, Negeri Godam.
  15. Setan (1980).

Pada tahun 1996, Sraten Komik Indonesia menerbitkan serial Patriot, kelompok superhero Indonesia yang beranggotakan Gundala, Godam, Maza dan Aquanus. Namun serial tersebut hanya terbit sebanyak satu episode saja.

Gundala

Fan-made Patriot oleh Ipot

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2006, salah seorang putra Wid NS (Fajar Sungging Pramodito) bersama Metha Studio melahirkan komik Godam Reborn. Dibuat sebagai kelanjutan komik Godam, Godam Reborn merupakan sosok Godam baru yang menggunakan peralatan super canggih sebagai sumber kekuatannya. Sosok Godam baru ini adalah Pandu, seorang detektif polisi yang direkomendasikan oleh Awang (Godam asli) untuk menjadi Godam berikutnya. Hingga tahun 2011, Godam Reborn telah dijual sebanyak 3 episode.

Komik Bahasa Indonesia, Godam Reborn

Godam Reborn

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, andrasony.wordpress, internationalhero.co.uk, planetsuperhero.wordpress, sekuensi.com, jualkomiklama.blogspot, soulchamberstudios.com

One Response

  1. Bagus September 11, 2015

Add Comment