Sudah Tahu Siapa Voice Actor (Dubber) Goku dan Kawan-Kawan? Inilah Profil Singkat Mereka

Peran voice actor sangat penting dalam perkembangan anime di tanah air. Tanpa mereka, tentu sulit bagi kita memahami alur kisah animasi khas Jepang. Khususnya bagi anak-anak yang harus terbiasa dengan percakapan bahasa Indonesia.

Salah satu anime yang menghiasi layar kaca Indonesia adalah Dragon Ball. Serial anime yang satu ini sukses menjadi favorit anak-anak. Anime yang berasal dari manga terinspirasi dari kisah kera sakti ini memang memiliki alur cerita yang seru. Kisahnya pun diwarnai dengan tema persahabatan, perjuangan, dan keberanian.

Lalu, pernahkah kamu penasaran dengan siapa voice actor Goku dan kawan-kawannya? Jika ya, maka kamu perlu menyimak ulasan tentang voice actor Indonesia yang satu ini.

Wiwiek Supadmi (Goku Kecil, Gohan Kecil, Goten)

Goku Voice Actor Wiwiek

Masako Nozawa – Wiwiek Supadmi (kaorinusantara.or.id)

Berkarier sebagai seorang seiyuu atau umum dikenal sebagai dubber, adalah pilihan hidup Wiwiek. Bukan cuma satu, melainkan tiga generasi dari keluarga Son dalam serial anime Dragon Ball sukses diperankannya. Tercatat, Wiwiek mengisi suara untuk karakter Son Goku, Son Gohan, dan Son Goten.

Bisa dibilang, Wiwiek adalah Masako Nozawa ala Indonesia. Uniknya, suara yang diisi oleh Wiwiek bukanlah karakter Goku dewasa. Wiwiek hanya mengisi karakter Goku anak-anak.

Kelihaian Wiwiek sebagai voice actor memang patut diacungi jempol. Pasalnya, Wiwiek tetap mampu membedakan ‘warna’ suara antara Goku, Gohan, dan Goten. Bayangkan, biasanya seorang hanya sanggup mengisi satu atau paling banyak dua karakter suara dalam satu serial anime.

Namun, pada tahun 2015 lalu, Wiwiek kembali mengisi karakter Goku yang telah menginjak usia dewasa. Hal yang tidak biasa, mengingat suara khas Goku seharusnya telah berubah seiring dengan perubahan usianya.

Jeffry Sani (Goku Dewasa)

Inilah pria di balik suara Son Goku dewasa. Goku voice actor ini memang dikenal karena karakter suaranya yang khas dan berwibawa. Pria kelahiran 1972 ini memulai kariernya sebagai seorang dubber sejak tahun 1993.

BACA JUGA  Adakah Tokoh Komik Marvel yang Dapat Menghancurkan Cakar Wolverine?

Telah panjang daftar tokoh yang suaranya diperankan olehnya. Mulai dari film animasi macam Detektif Conan sampai film asing seperti Anna and The King. Bahkan menjadi Voice Over suara kuis pun dilakoninya.

Voice Actor Goku Dewasa

Jeffry Sani (kaorinusantara.or.id)

Agus Tunggono (Gohan Dewasa)

Jika suara Gohan kecil diperankan oleh Wiwiek Supadmi, maka lain halnya ketika ia dewasa. Agus telah menjadi pengisi suara Gohan dewasa. Suaranya disebut cenderung lebih ringan bila dibandingkan karakter suara Goku.

Uniknya, Agus juga pernah menjadi pengisi suara untuk karakter Kogoro Mouri sebagaimana halnya Jeffry. Bahkan, Agus adalah seiyuu yang terlebih dulu memerankan Kogoro saat serial anime Detective Conan pertama kali masuk ke tanah air. Penasaran dengan suara beliau? Cek saja secara daring di rekaman tayangan Detective Conan di episode awal.

Endi Raharjo (Bejita)

Karakter antagonis yang terkenal angkuh dan pemarah, itulah gambaran tokoh Bejita (Vegeta). Menjadi saingan bagi Goku, Bejita terobsesi untuk membuktikan bahwa dirinyalah yang terkuat. Nah, pada serial anime yang ditayangkan di Indonesia, karakter Bejita diperankan oleh Endi Raharjo.

Beberapa pendapat menyatakan bahwa suara Endi kurang garang, bila dibandingkan dengan penggambaran karakter Bejita. Terbukti, Endi memang lebih banyak mengisi suara-suara untuk karakter yang cenderung lucu dan imut. Tapi, jangan salah, suara Endi selalu terpilih untuk mengisi karakter Bejita tiap kali penayangannya dilakukan.

Vegeta Voice Actor

Bejita (dragonball.wikia.com)

Barkah (Piccolo)

Piccolo adalah karakter dengan kepribadian yang menarik. Meski di awal kisah Dragon Ball ia menjadi salah satu tokoh antagonis, namun seiring mengalirnya kisah, Piccolo adalah protagonis yang disukai. Suara yang berada di balik karakter ini adalah Barkah.

Barkah telah mengisi suara Piccolo sejak kemunculannya dalam serial anime Dragon Ball. Lucunya, Barkah justru lebih terkenal sebagai pengisi suara telenovela, lho. Meski demikian, tercatat banyak judul anime yang diperankannya. Mulai dari serial Crayon Shinchan sampai dengan Captain Tsubasa.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa 11 Anime Jepang Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata?

Ahmad Zulkifli Lubis (Kuririn)

Pria yang kerap dipanggil dengan nama Iphie Lubis ini merupakan salah satu dubber paling top di Indonesia. Lebih dari 25 karakter anime telah dia perankan. Salah satunya adalah Krillin (Kuririn) dari serial anime Dragon Ball.

Iphie secara resmi bekerja sebagai dubber di salah satu televisi swasta. Maka, tak heran bila bukan hanya serial anime yang menjadi ‘santapan’ hariannya, melainkan beragam film luar negeri seperti Harry Potter pun menggunakan suaranya. Iphie memang sangat pandai menirukan suara anak-anak, hingga orang dewasa, bahkan menambahkan mimik suara yang pas dengan adegan filmnya.  Kemampuan inilah yang mendukung kariernya hingga detik ini.

Diah Sekartaji Wulandari (Bulma)

Memulai karier voice actor pada usia yang sangat belia, Diah adalah suara dibalik tokoh Bulma. Wanita kelahiran tahun 1973 ini, telah menjalani profesi dubber sejak usianya baru menginjak 8 tahun. Meski banyak yang menggangap profesi ini mudah, tidak demikian untuk mereka yang benar-benar menekuninya.

Bulma Voice Actor

Diah Sekartaji (otakotaku.com)

Dibutuhkan ketekunan dan kecepatan berpikir untuk menjadi seorang dubber profesional. Kemampuan untuk berakting melalui suara. Membaca naskah, sambil mengikuti adegan tokoh yang diperankan melalui video, yang semuanya dilakukan secara bersamaan.

Tentu saja, dengan perjalanan waktu yang panjang, Diah telah menjadi voice actor di beragam serial maupun film. Baik berupa animasi maupun film asing. Yang menarik, Diah memiliki nama panggilan Menik. Alasannya adalah Diah merupakan pengisi suara tokoh Menik dalam serial Si Unyil.

Menjadi voice actor adalah profesi yang menarik. Meski tidak tampil langsung di depan layar, tapi kemampuan aktingnya juga harus mumpuni. Bagaimana? Tertarik jadi voice actor? Siapa tahu kamu bisa jadi pengisi suara Goku di masa yang akan datang.

One Response

  1. sandi iswahyudi January 19, 2017

Add Comment