Kamu Tidak Akan Menduga Ide Bikin Komik Bisa Datang dari Sini

Membuat komik membutuhkan ketekunan dan kreatifitas. Tapi, jika kamu memang menyukai kegiatan ini, sebenarnya cara membuat komik tidak terlampau sulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan selain menggambar secara manual.

Ada beberapa cara membuat komik yang kerap dilakukan oleh komikus tanah air juga luar negeri. Cara yang bisa kamu pelajari dan mungkin dapat membantu mendatangkan ide membuat komik. Kamu ingin menelurkan komik buatan Indonesia yang oke? Nah, beberapa langkah berikut ini bisa kamu coba.

1. Menggambar Tokoh Favorit

Sangat wajar bila seorang yang gemar membaca komik kemudian memiliki kemampuan untuk menggambar. Terlebih karakter yang paling kamu sukai. Hal ini akan memudahkan kamu dalam belajar menggambar komik.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berlatih menggambar secara manual. Gunakan perlengkapan standar menggambar seperti pensil dan penghapus.

ide membuat komik dari tokoh favorit

Ide Membuat Komik Bisa Datang dari Mana Saja (i.ytimg.com)

Kamu pun dapat menggunakan pena khusus menggambar. Namun, sebaiknya gunakan perlengkapan yang paling nyaman bagimu. Karena hasil gambar yang baik akan diperoleh jika kamu menikmati proses menggambar.

Bila menggambar secara manual terasa terlalu rumit bagi kamu, maka ada pilihan lainnya. Kamu bisa menggunakan software menggambar seperti Adobe, Pixia, atau Inkscape. Tentu dibutuhkan upaya dan latihan yang rutin untuk dapat menguasainya.

Satu lagi opsi yang bisa kamu lakukan. Menggunakan situs tertentu untuk menghasilkan gambar komik. Beragam situs gratis dapat kamu pilih, seperti QueekyPaint atau Canvastic.net.

Saat proses berlatih menggambar kamu jalani, biasanya kamu akan menemukan gaya menggambarmu sendiri. Apakah itu manga, gaya noir, atau American superhero, yang pasti kamu harus menentukannya sebelum menghasilkan komikmu sendiri.

BACA JUGA  Cara Menggambar Hewan dengan Mudah, Anak-anak Pun Bisa

2. Rajin Membaca

Mencari ide adalah tahap selanjutnya dalam membuat komikmu sendiri. Rajin membaca buku atau komik adalah cara memperoleh ide yang cukup cepat. Tapi, jangan sampai plagiat, ya.

Baca berbagai genre komik tanpa terkecuali. Cara ini akan membuatmu kaya akan tipe-tipe karakter yang muncul. Pelajari pula pengembangan karakter yang dilakukan oleh beragam komik terkenal. Jangan batasi dirimu, sehingga ide pun akan berkembang dengan sendirinya.

ide membuat komik

Buku Bisa Jadi Sumber Ide Membuat Komik (fthmb.tqn.com)

Banyak komikus dunia terinspirasi dari karya komikus lainnya. Sebut saja Masashi Kishimoto yang melahirkan Naruto. Kishimoto mengakui bahwa inspirasinya timbul dari karya-karya Akira Toriyama dan Katsuhiro Otomo.

Ide karakter komik juga bisa kamu temukan dari interaksi dengan teman atau orang lain di sekitarmu. Siapa tahu ada karakter keluarga yang unik dan menarik untuk dituangkan dalam cerita komik. Jadi mulailah bersikap peka dengan sekitar. Siapa tahu, komik buatan Indonesia selanjutnya adalah hasil karyamu.

3. Mengikuti Komunitas

Bertukar pikiran, bahkan saling melengkapi ide. Inilah peran komunitas yang bisa kamu dapatkan. Menjalani hobi bahkan profesi menjadi seorang komikus membutuhkan kolaborasi. Maka, mulailah bergabung dengan berbagai komunitas komik yang ada di dekatmu. Banyak komikus yang kurang percaya diri untuk menerbitkan komiknya. Apalagi jika usiamu terbilang muda, dan belum berpengalaman sama sekali dalam aturan penerbitan.

ide membuat komik dari mana saja

Gabung dengan Komunitas Juga Bisa Membuka Ide Membuat Komik yang Fresh (wikihow.com)

Nah, dengan mengikuti komunitas, kamu akan memperoleh bantuan yang diperlukan untuk bisa menerbitkan hasil karyamu. Bukan cuma itu, berkumpul dengan komunitas yang sama akan membuatmu semakin termotivasi dan meningkatkan semangat untuk terus berkarya.

Ide memang bisa datang dari siapa saja dan tak mengenal waktu. Namun, ide membuat komik harus disertai dengan kemampuan menggambarkan tokoh dan karakter komik yang baik. Beragam cara membuat komik akan memengaruhi gaya penuturan kamu terhadap cerita. Dalam prosesnya, semakin sering kamu menggambar maka hasil karyamu akan semakin bagus. Toh, tidak ada proses yang instan. Selamat berkarya.

Add Comment