Ini Dia 5 Jagoan Muslim Marvel Comics

Tidak banyak yang tahu, bahwa terdapat beberapa tokoh pahlawan Muslim dalam komik-komik terbitan Marvel. Tentu jumlahnya masih kalah jauh dibandingkan superhero Yahudi atau Kristen terbitan Marvel Comics, karena pemimpin redaksi Marvel sendiri, Axel Alonso, pernah mengatakan, “Kami tidak melihat superhero Muslim (layak) menjadi garda terdepan komik-komik kami. Muslim hanyalah 23% dari populasi dunia ini, jadi kami ingin komik-komik kami mewakili dunia beserta keragamannya.”

Namun tentunya jumlah yang sedikit itu sudah bisa menjadi tanda bahwa eksistensi kaum muslimin mulai diakui oleh Marvel Comics melalui komik-komiknya. Bahwa Muslim tidak melulu dijadikan peran antagonis, tapi juga protagonis. Penasaran siapa saja mereka? Ini 5 di antaranya:

1. Taj Nital

Kemunculan perdana Taj Nital adalah pada komik Tomb of Dracula #3 (1972), pada mulanya Taj beserta keluarganya tinggal di India, namun kemudian sepasukan vampire yang dipimpin oleh Dracula sendiri, menyerang desanya. Akibat serangan itu, istri Taj menjadi cacat dan anaknya menjadi vampire. Taj sendiri menjadi bisu karena tenggorokannya dirobek Dracula, namun hidupnya terselamatkan berkat pertolongan Rachel van Helsing.

Taj kemudian bergabung dengan grup pemburu vampire yang dibentuk oleh Quincy Harker, sosok yang telah mengasuh Rachel van Helsing sejak kecil. Meninggalkan keluarganya di India, Taj menjadi salah satu andalan grup pemburu tersebut, walau kekuatannya masih kalah bila dibandingkan dengan Dracula.

Taj Nital dan Keluarganya

Taj Berusaha Membunuh Anaknya (marvunapp.com)

Lima tahun memburu vampire bersama grup Quincy Harker, Taj kemudian kembali ke India atas permintaan istrinya, karena warga desa ingin membunuh anak mereka yang telah menjadi vampire. Walau telah berusaha, Taj tetap tak sanggup melindungi anaknya dari serangan warga desa, anaknya tewas dibunuh. Hal itu membuat Taj kemudian mengundurkan diri dari grup pemburu vampire Quincy Harker.

Beberapa tahun setelah mengundurkan diri, Taj malah dijadikan vampire oleh Varnae, pemimpin para vampire sepeninggal Dracula. Taj kemudian tewas di tangan Blade, yang menangis setelah membunuh kawan lamanya.

Taj Nital Vampire

Taj Nital Dalam Wujud Vampire (comicvine.com)

2. Sinbad

Legenda dari Kisah Seribu Satu Malam, Sinbad, diadaptasi oleh Marvel Comics dan muncul perdana dalam komik Worlds Unknown #7 (1974). Sinbad hanyalah sesosok manusia biasa tanpa kekuatan super, namun secara fisik dia memiliki kemampuan bertarung di atas rata-rata manusia pada umumnya. Seorang pelaut ulung dan pengguna pedang yang tangguh, Sinbad dan krunya berlayar menghadapi petualangan melawan para monster dan raksasa.

Sinbad Voyage versi Komik Amerika

Sinbad dalam The Golden Voyage (marvunapp.com)

Sinbad termasuk salah satu tokoh Marvel muslim yang berkesempatan muncul secara solo dalam komiknya sendiri, seperti The Golden Voyage of Sinbad dan The Seventh Voyage of Sinbad.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa Ada 5 Versi dari Black Widow Avengers?

3. Abdul Qamar

Muncul pertama kali di komik Incredible Hulk #257 (Maret 1981), Abdul Qamar adalah keturunan dari prajurit muslim legendaris yang telah berhasil mengubur Gog dan Magog (Ya’juj dan Ma’juj). Saat kemudian seorang arkeolog tidak sengaja menghidupkan kembali Gog dan Magog dari kuburnya, Abdul Qamar dalam wujud Arabian Knight bahu-membahu bersama Hulk untuk mengembalikan mereka kembali dalam kubur.

Arabian Knight dalam Komik Amerika

Abdul Qamar The Arabian Knight (marvel.com)

Saat invasi Irak ke Kuwait, Abdul Qamar direkrut paksa (keluarganya disandera) oleh pasukan super Irak untuk bergabung dalam grup Desert Storm. Namun kemudian Abdul Qamar membelot dan bergabung bersama Pantheon untuk mengalahkan Desert Storm.

Abdul Qamar tewas di tangan Humus Sapien, mutan super kuat yang mendapatkan kekuatannya dengan menyerap energi dari banyak orang. Nantinya kekuatan super Arabian Knight akan dialihkan kepada Navid Hashim.

4. Josiah Al Hajj Saddiq

Josiah adalah anak dari pasangan Isaiah dan Faith Bradley. Isaiah muda adalah juga obyek percobaan Amerika Serikat yang ingin menciptakan lebih banyak pasukan super seperti Captain America. Dari sekitar 300an kelinci percobaan serum pasukan super, Isaiah termasuk yang berhasil selamat. Tidak berhenti di situ, pihak Amerika Serikat kemudian mengawinkan sel sperma Isaiah dengan sel telur Faith tanpa sepengetahuan keduanya. Setelah 38 percobaan yang gagal, akhirnya Josiah lahir. Josiah kemudian dibawa kabur oleh ibu palsunya (pihak Amerika Serikat memberikan Josiah ibu palsu, agar dia kelak tidak akan mempertanyakan asal-usulnya) dan diberikan kepada Faith Bradley, ibu kandung Josiah.

Josiah dibesarkan dalam lingkungan Katolik yang taat, namun karena sebuah pertikaian, Josiah kemudian kabur karena merasa telah membunuh seorang biarawati. Josiah kemudian bergabung dengan tentara Amerika Serikat dan mengembangkan kekuatan dan kemampuan bertarungnya dalam perang Vietnam.

Josiah Al Hajj Saddiq

Justice The Black Captain America (comicvine.com)

Merasa tidak nyaman dengan keyakinannya, Josiah lalu memeluk Islam dan berhaji. Sepulang haji dia menyerahkan diri ke pengadilan atas kesalahan masa lalunya telah membunuh seorang biarawati. Namun ternyata biarawati itu masih hidup.

BACA JUGA  Tameng Captain America Pernah Dihancurkan oleh 5 Tokoh Ini

Josiah kemudian direkrut oleh James “War Machine” Rhodes untuk bergabung bersamanya memerangi kejahatan dan diberi julukan super bernama Justice. Josiah yang kemunculan perdananya ada di komik The Crew #1 (Juli 2003) itu sering disebut juga sebagai The Black Captain America.

5. Navid Hashim

Setelah kematian Abdul Qamar, pemerintah Arab Saudi kemudian mengangkat Navid sebagai pewaris kekuatan Arabian Knight. Perlengkapan tempur milik Abdul Qamar pun diserahkan kepada Navid, termasuk permadani terbang yang kemudian oleh Navid dibuat-ulang menjadi baju tempur yang dapat membuatnya terbang. Navid muncul pertama kali dalam komik Black Panther #15 (Juni 2006) dan pertarungan terbesarnya adalah ketika bersama Red Hulk melawan Dagan Shah, pimpinan teroris yang dapat mengubah dirinya menjadi Sultan Magus.

Arabian Knight

Navid Hashim Siap Mati Syahid (marvel.wikia.com)

Itulah 5 tokoh Marvel Comics yang beragama Islam, masih banyak tokoh lainnya namun karena perannya adalah antagonis atau peran minor, tidak diikutkan dalam daftar kali ini. Pada postingan berikutnya akan kita bahas juga tokoh-tokoh Muslimah Marvel Comics, semoga kehadiran mereka dapat menjadi simbol perekat antar umat beragama di dunia ini. Aamiin.

Sumber tulisan: wikipedia, marvunapp.com, marvel.wikia.com, huffingtonpost.com, marvel.com

One Response

  1. anto May 25, 2015

Add Comment