Ini Dia 6 Tokoh Yang Berhasil Mengangkat Palu Thor

“Whosoever holds this hammer, if he be worthy, shall possess the power of Thor.”

Kalimat tersebut menggambarkan betapa sakralnya palu Thor, Mjolnir. Bila Anda sudah menonton film Thor (2011), disana diceritakan bahwa pada awalnya Thor pun tidak mampu mengangkat Mjolnir karena dianggap tidak layak (worthy). Dan pada film Avengers 2 Age Of Ultron juga terdapat adegan dimana para Avengers tidak ada yang mampu mengangkat Mjolnir. Itu semua menggambarkan betapa Mjolnir bukanlah palu biasa, atau sekadar palu seorang superhero, tapi lebih dari itu, dia memiliki kesaktian untuk memilih sesiapa yang layak memegang, mengangkat dan menggunakan dirinya.

Namun apakah hanya Thor yang layak mengangkat Mjolnir? Ternyata tidak, ada beberapa tokoh yang diceritakan pernah berhasil mengangkat dan menggunakannya. Tidak hanya tokoh Marvels, namun juga DC Comics. Bahkan dalam Avengers: Age of Ultron the movie, Vision dalam kemunculan perdananya langsung berhasil mengangkat palu sakti tersebut.

Berikut adalah 6 tokoh yang pernah berhasil, selain Vision. Sebenarnya ada lebih dari 6, tapi karena ke-6 tokoh ini kami anggap lebih dikenal di Indonesia dibanding tokoh-tokoh lainnya, maka mereka yang akan kami bahas.

1. Captain America

Dalam komik: The Mighty Thor #390 (1988) / Fear Itself #7 (2011)

Bila ada anggota Avenger selain Thor yang dianggap layak mengangkat Mjolnir, sudah sepantasnya dia Captain America. Kita tahu dalam sejarah Captain America, bahwa Steve Rogers adalah seorang yang tulus dan terhitung lugu, patriot sejati yang mau berkorban jiwa dan raga untuk negaranya dan untuk kemanusiaan, hal itulah yang membuatnya layak.

Pertama kali Capt mengangkat Mjolnir pada seri The Mighty Thor tahun 1988, dimana dikisahkan pada episode itu bahwa Thor berhasil dikalahkan oleh Grog and The Demons of Death, lalu Capt sukses mengangkat Mjolnir dan menyerahkan pada Thor untuk mengembalikan kekuatannya.

Captain America Mengangkat Palu Thor

Captain America dalam Fear Itself (reddit.com)

Dalam episode Fear Itself (2011), Capt yang berhadapan dengan The Serpent, kehilangan tamengnya yang hancur, beruntung kemudian Thor menjatuhkan Mjolnir ke bumi dan Capt mengangkat serta menggunakannya untuk menghadapi anak buah The Serpent.

BACA JUGA  Buat Kamu yang Penasaran, Siapa Pemenang Bila Jagoan Marvel vs DC Bertarung, Ini Jawabannya!

2. Conan

Dalam komik: What If? Vol. 1 #39

Selama dibawah penerbit Marvel (sejak tahun 2000, Marvel berhenti menerbitkan Conan), jarang terjadi crossover antara tokoh rekaan Robert E. Howard (pengarang Conan) dengan tokoh dari Marvel Universe. Namun salah satu crossover bersejarah yang pernah terjadi adalah dalam serial What If?

Dikisahkan, Thor yang terlempar ke ruang waktu, kembali ke zaman Hyborian, dimana dia bertemu dengan Conan. Thor yang kehilangan ingatan, lalu bergabung dengan Conan menjadi pencuri-perampok. Thor kemudian bertarung dengan Thoth-Amon, yang menginginkan kekuatan Mjolnir untuk dirinya sendiri. Setelah pertarungan panjang, Thoth-Amon tewas dan Thor cedera parah. Dalam kondisinya yang kritis, Thor kemudian menyerahkan Mjolnir pada Conan.

Thor Menyerahkan Palunya pada Conan dalam What If?

Thor Menyerahkan Mjolnir pada Conan (io9.com)

Sayangnya, kisah berakhir tanpa pembaca bisa melihat bagaimana Conan menggunakan Mjolnir pemberian Thor. Beberapa penggemar menganggap kisah tersebut perlu dibuat sekuelnya.

3. Hulk

Dalam komik: Avengers Assemble #4 (2012)

Hulk Memegang dan Menghantamkan Palu ke Thor

Hulk dalam Kendali Thanos (comicvine.gamespot.com)

Hulk yang temperamental dan senang menghancurkan, telah beberapa kali bertarung dengan Thor dan menang. Dalam seri Avengers Assemble, Hulk yang ketika itu sedang dalam pengaruh Thanos, menahan tangan Thor yang hendak menghajar Thanos, merebut Mjolnir dan menghantamkannya ke wajah Thor.

4. Magneto

Dalam komik: The Ultimates 3 #5 (2008)

Magneto Menguasai Palu Thor

Palu Thor di Bawah Singgasana Magneto (thecredhulk.com)

Dalam The Ultimates 3, dikisahkan bahwa Quicksilver dan Scarlet Witch tewas. Ayah mereka, Magneto merasakan kesedihan yang sangat, hingga membuatnya mampu menggunakan kekuatan magnetnya untuk mencuri Mjolnir. Magneto sebenarnya tidak benar-benar mengangkat Mjolnir, dia hanya memanipulasi logam pada Mjolnir dengan kekuatan magnetnya, tapi itu cukup berhasil untuk kemudian membuat Mjolnir bisa membantu Magneto membalikkan kutub magnetik bumi.

5. Superman

Dalam komik: JLA/Avengers #4

Superman Dianggap Layak Mengangkat Palu Thor

Superman Mengangkat Palu Thor dan Tameng Captain (taringa.net)

Superman termasuk yang cukup layak untuk mampu mengangkat Mjolnir, tapi dia tidak dianggap memiliki cukup jiwa pejuang, hingga membuatnya tidak bisa mengangkat Mjolnir. Dalam komik JLA/Avengers #4, diceritakan bahwa Superman memimpin Avengers dan Justice League menghadapi Krona. Dia kemudian mampu mengangkat Mjolnir untuk digunakan menghantam musuh, namun setelah pertarungan selesai dia tak mampu mengangkatnya lagi. Thor menyampaikan pada Superman bahwa Odin telah mengizinkannya mengangkat Mjolnir walau hanya sebentar, untuk kemudian mencabut izin itu kembali setelah Superman menang.

6. Wonder Woman

Dalam komik: Marvel vs DC #2 (1996)

Sebelum muncul seri JLA/Avengers, Marvel dan DC telah membuat crossover berjudul Marvel vs DC. Miniseri ini hanya terfokus pada pertarungan besar antara para jagoan Marvel dan DC. Pemenang dari 5 pertarungan utamanya ditentukan lewat voting pembaca. Salah satu dari pertarungan utama itu adalah Storm (Marvel) vs Wonder Woman (DC).

Thor sendiri dalam miniseri ini berhadapan dengan Captain Marvel, lalu ketika dia kehilangan kontrol atas Mjolnir, palu tersebut malah ‘mendatangi’ Wonder Woman yang dengan mudah mampu mengangkatnya. Wonder Woman kemudian mendapat kekuatan dari Mjolnir, namun ketika harus berhadapan dengan Storm, Wonder Woman yang menginginkan pertarungan yang adil, akhirnya melepaskan kekuatan Mjolnir dari dirinya. Storm kemudian berhasil mengalahkan Wonder Woman, mungkin bila hasil voting memutuskan lain, kekuatan Mjolnir akan digunakan Wonder Woman untuk mengalahkan Storm.

Wonder Woman Menolak Menggunakan Palu Thor

Wonder Woman Mendapat Kekuatan Palu Thor (reddit.com)

Demikianlah 6 tokoh yang pernah berhasil mengangkat Mjolnir. Namun sehebat apapun ke-6 tokoh tersebut, tetap hanya Thor-lah yang paling layak untuk Mjolnir, hanya dia yang mampu terus-menerus menggunakannya dalam pertarungan.

Sumber tulisan: ign.com, marvel.wikia, wikipedia

8 Comments

  1. Adul April 30, 2015
  2. Razoub Ramadhan May 7, 2016
    • Alabn May 9, 2016
  3. Sulthony_UNIVERSAL. September 17, 2016
    • Alabn September 18, 2016
  4. affirza December 3, 2016
    • Alabn December 5, 2016
    • FathanArya April 24, 2017

Add Comment