Jangan Bilang Bosan Baca Naruto Kalau Belum Membaca 3 Komik Jepang Ini

Para penggemar komik jepang (manga) pasti mengenal serial One Piece, Naruto atau Detektif Conan. Bagi penggemar fanatik komik-komik tersebut, tentunya akan setia menunggu episode terbaru untuk hadir, tapi bagi sebagian orang yang lain mungkin sudah merasa bosan dengan panjangnya episode One Piece, Detektif Conan atau Naruto (yang setelah tamat di episode 700 sekarang dilanjutkan kembali) dan beralih ke komik jepang yang lebih anyar.

Namun bila menyimak ke-3 seri komik jepang (manga) berikut, panjangnya episode One Piece, Detektif Conan, Naruto atau bahkan Fight!! Ippo belumlah seberapa. Inilah 3 serial komik jepang (manga) terpanjang dalam sejarah dan hebatnya lagi, episode ketiganya masih berlanjut hingga kini alias belum tamat.

1. Kochikame

Manga Terpanjang #1

Kochikame

Judul lengkapnya adalah Kochira Katsushika-ku Kameari Koen Mae Hashutsujo (Inilah Pos Polisi di Seberang Taman Kameari di Wilayah Katsushika), manga karya Osamu Akimoto (kelahiran 11 Desember 1952) ini telah terbit selama hampir 40 tahun. Muncul pertama kali di Weekly Shonen Jump pada September 1976, manga ini telah memiliki lebih dari 1800 episode dan 190 buku/jilid. Manga Kochikame sudah diadaptasi dalam ratusan episode anime televisi, 2 film animasi, 2 film live-action dan bukunya telah terjual lebih dari 150 juta eksemplar.

Manga Kochikame sendiri bercerita tentang seorang polisi paruh baya, Kankichi “Ryo-san” Ryotsu dalam menjalani pekerjaan sehari-harinya sebagai polisi lingkungan (koban) di bagian pusat kota Tokyo. Kochikame bergenre komedi dan disebut-sebut cocok untuk semua umur, walau sesekali terdapat adegan tak senonoh di dalamnya.

2. Dokaben

Manga Terpanjang #2

Dokaben

Dokaben adalah manga karya Shinji Mizushima (kelahiran 10 April 1939) yang telah terbit selama lebih dari 40 tahun. Kemunculan perdananya adalah pada 24 April 1972 di Weekly Shonen Jump dan hingga kini telah memiliki lebih dari 180 buku/jilid. Sedikit berbeda dengan Kochikame, Dokaben hingga kini telah memiliki 5 judul berbeda (judul sebelumnya tamat kemudian dilanjutkan dengan judul baru), kelimanya adalah Dokaben, Dai Koshien, Dokaben Professional Baseball, Dokaben Superstars dan Dokaben Dream Tournament. Judul terakhir (Dokaben Dream Tournament) yang masih berlanjut hingga kini.

Manga Dokaben bercerita tentang Taro Yamada, Iwaki, Tonoma dan Satonaka yang membentuk grup baseball SMA dengan mimpi menembus Koshien (turnamen nasional) dan level internasional. Baseball sendiri merupakan olahraga terfavorit di Jepang, bahkan lebih digemari dibandingkan sepakbola, bisa jadi itulah alasan kenapa Dokaben bisa menjadi salah satu manga dengan episode terpanjang.

3. Golgo 13

Manga Terpanjang #3

Golgo 13

Judul aslinya adalah Gorugo Satin, manga karya Takao Saito (kelahiran 3 November 1936) ini telah terbit selama hampir 50 tahun. Sejak muncul pertama kali di majalah Big Comic pada Oktober 1968, manga ini telah memiliki 1000 episode lebih dengan 170an buku/jilid dan telah terjual lebih dari 200 juta eksemplar. Golgo 13 juga telah diadaptasi dalam bentuk serial anime dan juga film animasi maupun live-action.

Golgo 13 adalah nickname dari Duke Togo (Dyuku Togo), seorang pembunuh professional misterius yang bahkan identitas aslinya tidak diketahui oleh dinas rahasia manapun. Nickname Golgo 13 berarti tempat kematian Yesus, Golgo adalah kependekan dari Golgota di mana Yesus disalib sedangkan angka 13 melambangkan jumlah peserta jamuan makan terakhir (last supper) Yesus sebelum disalib.

Pada tahun 2013, Saito menyatakan bahwa dia sudah memikirkan episode terakhir dari Golgo 13 dan pernyataan itu diperkuat oleh Big Comic yang menyampaikan bahwa serial Golgo 13 sudah mendekati episode terakhir. Semakin banyaknya manga baru dan usia Saito yang sudah mendekati 80 tahun, bisa jadi merupakan sebab akan diakhirinya petualangan panjang Duke Togo.

Komik Jepang Terpanjang Peringkat 10 ke atas

Naruto vs One Piece

Itulah ketiga komik jepang (manga) dengan episode terpanjang. Bila dibandingkan dengan One Piece yang saat ulasan ini dibuat ‘baru’ memasuki episode ke-790 atau Naruto dengan 700+8 episodenya, maka ketiga komik jepang (manga) di atas tentunya layak disebut sebagai masterpiece dunia komik jepang.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, ajw.asahi.com, amien15.deviantart.com, musashi-kun.deviantart.com, dragonball.wikia.com, mangaforever.net, otakuhouse.com

Add Comment