Inilah 4 Kategori Robot Dalam Komik dan Anime Bergenre Mecha

Pertarungan robot raksasa melawan monster, atau robot melawan robot, tentu menjadi favorit tontonan mayoritas anak laki-laki. Bagi anak laki-laki pecinta komik dan animasi, genre mecha (robot besar) termasuk salah satu yang banyak disukai. Bahkan tak jarang di antara mereka kemudian bercita-cita untuk memiliki robotnya sendiri, entah dalam wujud mainan, maupun memimpikan di masa depan membuat robot yang mutakhir. Di Jepang, tempat manga dan anime mecha berasal, terdapat 4 jenis robot yang masuk dalam kategori mecha. Apa saja jenis-jenis robot tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

4 Kategori Komik dan Anime Mecha Jepang

Ragam Kategori Mecha, Bisakah Kamu Menebaknya? (8tracks.com)

1. Sentient

Sentient adalah robot yang memiliki kesadaran (sebagai makhluk hidup maupun berupa artificial intelligence), mampu berpikir dan merasakan emosi. Robot jenis ini mempunyai kemampuan untuk mewaspadai kondisi sekitarnya, berpikir dan tidak memerlukan kendali manusia untuk mengaktifkannya. Contoh jenis robot ini yang sudah dikenal luas adalah Transformers (1984).

Transformers adalah Anime Adaptasi dari Amerika Serikat

Para Autobots (variety.com)

Transformers merupakan serial kartun TV buatan Amerika Serikat yang laris di dunia dan dibuat pada 1980-an oleh Hasbro, salah satu produsen mainan di Amerika Serikat. Karena kesuksesannya, anime tersebut diproduksi ulang untuk pemirsa di Jepang dan Korea Selatan. Transformers bercerita tentang pertempuran dua kelompok super robot alien yaitu kelompok Autobots yang dipimpin Optimus Prime dengan kelompok Decepticons yang dipimpin Megatron. Asyiknya robot-robot tersebut bisa berubah menjadi mobil atau berbagai kendaraan lain.

Evangelion adalah Anime Jepang Bergenre Mecha

Para Robot Evangelion (giantbomb.com)

Selain Transformers, mecha jenis ini yang juga laris di pasar anime adalah Neon Genesis Evangelion (1995). Walaupun memiliki pilot di dalam tubuhnya, namun karena robot-robot Eva dapat bergerak sesuai kehendak sendiri, ia menjadi lebih tepat masuk ke dalam kelompok Sentient.

2. Remote Controlled

Robot jenis ini dikendalikan melalui remote control, dengan itu pengendalinya dapat mengendalikan robotnya dari jarak jauh. Contoh mecha jenis ini adalah Tetsujin 28-go (1956) yang di Indonesia lebih dikenal lewat anime adaptasi versi Amerika Serikat, Gigantor (1964).

BACA JUGA  Inilah 10 Musuh Terkuat yang Pernah Dihadapi X-Men
Gigantor adalah Anime Jepang Bergenre Mecha

Patung Gigantor di Kobe, Jepang (timetravelturtle.com)

Gigantor bercerita tentang seorang anak usia 12 tahun, Jimmy Sparks yang diberikan kendali untuk menggerakkan sebuah robot baja raksasa buatan ayahnya, Gigantor. Bersama Gigantor dan bantuan pamannya, Dr. Bob Brilliant, Jimmy berusaha menjaga perdamaian dunia dan mengalahkan para penjahat yang ingin menguasai remote control pengendali Gigantor. Gigantor adalah robot yang tidak memiliki pikiran, jadi siapapun yang menguasai remote controlnya, berarti menguasai Gigantor.

3. Wearable

Ini merupakan mecha yang dikendalikan oleh manusia dengan cara pengendalinya bersatu dengan robot, manusia bersenyawa dengan mesin. Robot yang dikendalikan akan memukul ketika manusia pengendalinya memukul, berlari ketika pengendalinya berlari dan melompat ketika pengendalinya melompat. Mecha jenis ini di antaranya adalah Gordian Warrior (1979) dan GaoGaiGar (1997).

Di dalam Gordian dan GaoGaiGar, untuk berubah menjadi robot raksasa, tokoh utamanya akan menyatu dengan robot kecil seukuran dirinya atau sedikit lebih besar, kemudian robot itu akan menyatu lagi dengan robot yang lebih besar, hingga tercapai ukuran tubuh maksimalnya.

GaoGaiGar Anime Mecha dari Jepang

GaoGaiGar Mecha (elotrolado.net)

Film Hollywood karya Guillermo del Toro, Pacific Rim (2013), juga merupakan perwujudan dari mecha jenis ini.

4. Piloted

Anime Jepang genre Mecha

Anime Mecha Kategori Piloted (liputan6.com)

Inilah kategori mecha paling banyak dalam sejarah anime, di mana para robot raksasa dikendalikan oleh manusia sebagai pilotnya. Robot-robot raksasa ini layaknya kendaraan bagi para pilot yang mengendalikannya. Jenis dari kategori ini pun beragam, ada yang berupa single robot seperti Gundam dan Mazinger, atau gabungan beberapa robot menjadi sebuah robot raksasa seperti Voltron dan God Sigma, atau gabungan beberapa kendaraan yang membentuk robot seperti Voltus dan Getter Robo.

BACA JUGA  Sudah Kenalkah Kamu Dengan Pengisi Suara Doraemon dan Nobita Ini?

Di antara kesemua jenis mecha ini, yang paling popular adalah Gundam, yang serinya masih terus dibuat sejak tahun 1979 hingga sekarang.

Gundam, Manga dan Anime Jepang Genre Mecha

Anime Mecha Gundam Seed (gundam.wikia.com)

Itulah empat kategori mecha dalam manga dan anime Jepang, beserta contohnya. Adakah di antaranya yang merupakan mecha favoritmu?

One Response

  1. mesin es krim August 22, 2016

Add Comment