Kenalkah Kamu Dengan 15 Bajak Laut dalam Manga One Piece Ini?

Manga One Piece adalah manga terlaris di Jepang pada tahun 2014. Bila membahas manga yang satu ini, tentunya juga harus membahas tentang para bajak laut di dalamnya. Pertempuran antar kelompok bajak laut atau antara bajak laut dengan angkatan laut adalah tema sentral dari manga One Piece. Sebenarnya ada berapa sih jumlah kelompok bajak laut yang pernah muncul dalam komik Jepang ini?

Penghargaan Tahun 2014 untuk Komik Jepang One Piece

One Piece Sebagai Manga Terlaris

Bagi para penggemar yang mengikuti OnePiece sejak jilid pertama, mungkin sudah mengenal setidaknya 15 kelompok (secara resmi ada 40 lebih yang telah muncul), tapi bagi para penggemar baru bisa jadi ada beberapa yang terlewat. Ulasan seputar bajak laut One Piece berikut, semoga bisa memberi informasi yang gamblang bagi para penggemar baru manga One Piece. Untuk penggemar setia sejak episode awal, tidak ada salahnya sedikit melakukan kilas balik.

Apa Saja Ciri Bajak Laut dalam One Piece?

Diburu oleh pasukan angkatan laut dan ditakuti mayoritas masyarakat, inilah beberapa ciri khas yang menandai suatu kelompok atau seseorang sebagai bajak laut:

1. Memiliki Kapal

Untuk mengarungi lautan luas, tentunya para bajak laut harus memiliki kapal. Desain kapal bajak laut dalam komik One Piece umumnya berdesain klasik, dengan layar besar terkembang, meriam di beberapa sisi dan ukuran kapal yang bervariasi, salah satu yang terbesar adalah kapal Gekko Moriah; Thriller Bark. Kapal-kapal tersebut dibuat dan diperbaiki bila rusak oleh para tukang kapal. Kota Water 7 adalah salah satu tempat yang memiliki para tukang kapal terbaik di dunia One Piece, dengan Galley-La Company sebagai perusahaan terkenal di kota itu. Franky, cyborg yang menjadi anggota bajak laut Topi Jerami, berasal dari Water 7.

Kapal Gekko Moriah dalam Manga dan Anime One Piece

Thriller Bark, Kapal Gekko Moriah

Umumnya para bajak laut memberi nama kepada kapal mereka, seperti Luffy yang menamai kapal pertamanya dengan Going Merry, atau Bezan Black yang merupakan nama kapal bajak laut Kuroneko (kucing hitam).

Tidak ada ciri khusus yang membedakan antara kapal bajak laut dengan kapal angkatan laut, menurut Tom (guru dari Franky) sebuah kapal tetaplah sebuah kapal, tidak bisa dinisbatkan kepada kelompok tertentu, penggunaan oleh para kru kapal yang menentukan apakah dia kapal bajak laut atau kapal angkatan laut.

2. Memiliki Bendera Bajak Laut (Jolly Roger)

Tidak lengkap rasanya bila sebuah kapal bajak laut tidak dilengkapi dengan bendera, bendera yang umumnya bergambar tengkorak kepala dengan dua tulang saling menyilang di bawahnya itu disebut sebagai Jolly Roger. Oda sensei yang mengarang One Piece pernah menjelaskan, ada 3 kemungkinan alasan mengapa bendera bajak laut disebut sebagai Jolly Roger bahkan di dunia nyata;

  • Istilah Jolly Roger berasal dari bahasa Prancis “jolie rouge” yang berarti “merah yang indah”, istilah ini dimaksudkan untuk mengungkapkan darah sebagai sesuatu yang indah di mata para bajak laut.
  • Istilah “roger” yang diyakini berasal dari kata “rogue” dan berarti bandit atau penjahat.
  • Atau bisa juga dari istilah “old roger”, istilah jadul yang pernah digunakan untuk menyebutkan nama iblis.
Jolly Roger Terbaru dalam Manga One Piece

Jolly Roger Anggota Bajak Laut Topi Jerami

Jolly Roger didesain untuk menunjukkan tanda bahaya bagi setiap orang yang melihatnya, di dunia nyata tengkorak dan tulang bersilang tidak hanya digunakan sebagai bendera bagi bajak laut, namun juga digunakan untuk menunjukkan listrik tegangan tinggi, bahan beracun dan sebagainya.

Dalam dunia One Pice, terdapat banyak desain berbeda dari Jolly Roger, yang bertujuan untuk menentukan siapa tergabung dalam kelompok siapa, Portgas D. Ace bahkan membuat tato bendera bajak laut Whitebeard pada punggungnya.

3. Berlayar Dalam Satu Kelompok Dipimpin Oleh Seorang Kapten

Para bajak laut berlayar bersama kelompoknya dalam satu kapal, bagi sebagian bajak laut yang tergabung dalam aliansi seperti mereka yang bergabung dengan kelompok Whitebeard, mereka akan berlayar berkelompok dalam puluhan bahkan ratusan kapal. Mungkin hanya Dracule Mihawk saja yang berani berlayar seorang diri, walau ada juga yang menganggap bahwa dia bukanlah termasuk bajak laut.

Biasanya yang terkuat dalam kelompok akan dijadikan sebagai kapten, jadi bisa dibayangkan betapa kuatnya mendiang Edward Newgate yang pernah memimpin pasukan aliansi para bajak laut. Saat ini Luffy sedang meniti jalan yang sama dengan Whitebeard, ketika selepas mengalahkan Doflamingo banyak kelompok bajak laut yang menawarkan diri menjalin aliansi di bawah kepemimpinannya.

Whitebeard dalam Manga OnePiece

Edward Newgate dan Anggota Bajak Laut Whitebeard

Pengecualian untuk Bajak Laut Caribou, kelompok mereka dipimpin oleh dua orang kapten yang juga merupakan dua bersaudara, Caribou dan Coribou. Selain mereka belum diketahui lagi kelompok bajak laut lain yang memiliki lebih dari satu kapten.

4. Memiliki nilai bounty

Pemerintah dunia dan angkatan laut, menyebar gambar poster wanted lengkap dengan nilai bounty (hadiah bagi yang bisa menangkapnya) untuk setiap anggota bajak laut yang ada, bahkan para shichibukai (7 bajak laut kuat yang menjalin aliansi dengan pemerintah dunia) pun masih tetap memiliki nilai bounty atas kepala mereka, walau nilai itu merupakan nilai terakhir saat mereka belum menjadi shichibukai.

Biasanya nilai bounty seorang bajak laut ditentukan dari tingkat kekuatan dan potensi ancaman yang dimilikinya terhadap keamanan. Tidak hanya itu, pemerintah dunia juga mengeluarkan nilai bounty untuk mereka yang kedapatan bekerjasama atau membantu para bajak laut. Menentang pemerintah juga termasuk tindakan yang dapat membuat seseorang diberi ‘stempel’ berupa nilai bounty oleh pemerintah dunia.

Prediksi Nilai Bounty Shanks dalam Komik Jepang One Piece

Contoh Poster Wanted Manga One Piece

Nilai bounty tertinggi yang pernah diungkap dalam komik One Piece adalah yang dimiliki oleh Portgas D. Ace, sebesar 550.000.000 berry (mata uang dunia One Piece), sedangkan nilai bounty terbaru Luffy setelah mengalahkan Doflamingo sudah mencapai 500.000.000 berry. Nilai bounty para yonko seperti Red Haired Shanks tentunya jauh di atas itu, Shanks sendiri diprediksi memiliki bounty mencapai 850.000.000 berry.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa Ada 5 Versi dari Black Widow Avengers?

Para Bajak Laut yang Tak Melulu Jahat

Walaupun dijuluki bajak laut, tak semua dari mereka jahat dan menjadi ancaman bagi masyarakat. Ada beberapa juga di antara para bajak laut yang seperti Luffy dan kawan-kawan, membela kaum yang lemah. Inilah daftar 15 kelompok bajak laut selain Bajak Laut Topi Jerami (kelompok Luffy dkk) yang masih aktif dan diburu angkatan laut hingga Dressrosa Arc:

1. Bajak Laut Alvida

Bajak laut ini dipimpin oleh seorang perempuan yang dijuluki Alvida si Gada Besi. Pada kemunculan perdananya melawan Luffy, Alvida adalah seorang perempuan gendut yang buruk rupa, lalu setelah dikalahkan oleh Luffy, dia dikisahkan berhasil memakan devil fruit Sube Sube no Mi, buah itu membuatnya memiliki kekuatan melicinkan apapun termasuk lemak dalam tubuhnya.

Bajak Laut Alvida dalam Manga One Piece

Alvida Sebelum Memakan Devil Fruit

Setelah memiliki kekuatan devil fruit, Alvida bergabung dan membuat aliansi dengan kelompok bajak laut Buggy si Badut. Sementara Coby, mantan anggota bajak laut Alvida (lebih tepat disebut mantan budak) kemudian bergabung dengan angkatan laut dan bertekad untuk memenjarakan Alvida.

2. Bajak Laut Buggy

Kelompok ini dipimpin oleh Kapten Buggy si Badut, yang pernah menjadi anggota mendiang raja bajak laut, Gol D. Roger. Buggy telah memakan Bara Bara no Mi, yang membuatnya memiliki kekuatan untuk membelah diri. Saat pertama kali dikalahkan oleh Luffy, Nami berhasil mengikat erat badan Buggy, sementara Luffy melemparkan kepala, tangan dan kakinya jauh ke pulau seberang.

Buggy sempat bekerjasama dengan Luffy saat keduanya mencoba kabur dari Impel Down. Kerjasama itu berhasil dan membuat nama Buggy semakin diperhitungkan oleh angkatan laut.

Buggy dan Alvida dari Manga OnePice

Cosplay Buggy dan Alvida Setelah Memakan Devil Fruit

Setelah peristiwa pertempuran di markas angkatan laut, Buggy berhasil menjadikan dirinya salah seorang dari shichibukai. Setelah itu Buggy mengubah penampilannya dan dengan kekuatan Bara Bara no Mi, membentuk tubuhnya menjadi lebih tinggi besar dari sebelumnya.

3. Bajak Laut Foxy

Kelompok bajak laut ini memiliki jumlah anggota yang sangat banyak dan bukan hasil aliansi, sekitar 500 orang. Mayoritas anggota itu didapatkan lewat pertandingan antar bajak laut yang dirancang oleh sang kapten, Foxy si Rubah Perak. Dalam pertandingan yang dinamai “Davy Back Fight” itu, setiap ronde yang dimenangkan oleh salah satu pihak, maka dia berhak memilih satu orang dari kelompok bajak laut yang kalah untuk diambil sebagai anggota. Dengan itulah cara mereka memiliki 500an anggota.

Foxy si Rubah Perak memiliki kekuatan Noro Noro no Mi, sebuah sinar yang mampu memperlambat waktu. Sinar itu digunakannya dalam pertandingan untuk memperlambat gerak Luffy dkk. Walau curang tetap saja Foxy akhirnya kalah dan Luffy memilih untuk mengambil bendera (jolly roger) kapal Foxy, lalu mengganti benderanya dengan gambar lukisan tangan.

Foxy Bajak Laut dalam Manga One Piece

Bendera Foxy Sebelum dan Sesudah Kekalahan

4. Bajak Laut Kuja

Dipimpin oleh anggota shichibukai, Boa Hancock, kelompok bajak laut yang berasal dari Pulau Amazon Lily ini seluruh anggotanya adalah perempuan. Kesalahpahaman dan kecurigaan terhadap laki-laki sempat membuat mereka bertarung dengan kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Namun pada akhirnya Boa Hancock malah jatuh cinta kepada Luffy dan rela berkorban demi lelaki yang dicintainya itu.

Boa Hancock dalam Manga One Piece

Kapal Bajak Laut Kuja

Boa Hancock memiliki kekuatan devil fruit Mero Mero no Mi, dengan kekuatan itu dia dapat membuat siapapun mencintai dan menuruti kata-katanya. Namun kekuatan itu tidak berpengaruh kepada Luffy, karena kepolosannya yang tidak paham urusan cinta-cintaan.

5. Bajak Laut Kid

Dipimpin oleh Eustass Kid, kelompok bajak laut ini termasuk pendatang baru yang kuat. Bersama Killer, anggota kelompok Bajak Laut Kid sering berbuat onar dan tak jarang menimbulkan korban jiwa, itulah yang membuat nilai bounty keduanya termasuk tinggi. Eustass Kid saat ini memiliki nilai bounty sebesar 470.000.000 berry dan Killer sebesar 200.000.000 berry.

Kid dari Manga One Piece

Kid, Killer dan Anggota Bajak Laut Kid

6. Bajak Laut Heart

Dipimpin oleh Trafalgar Law yang beranggotakan di antaranya Bepo, Jean Bart dan Shachi, kelompok bajak laut ini memiliki kekuatan anggota yang luar biasa. Kekuatan mereka dapat dilihat ketika Silvers Rayleigh membuat ledakan haki miliknya yang dapat membuat siapapun yang terkena pingsan, namun Law dkk tidak terpengaruh, selain Shachi yang mengeluh hampir pingsan.

Berbeda dengan bajak laut lain, kelompok Bajak Laut Heart tidak menggunakan kapal layar sebagai kendaraannya, namun kapal selam.

Bajak Laut Heart dalam Manga dan Anime One Piece

Trafalgar Law

Guna menghadapi Keluarga Donquixote, Law yang juga merupakan anggota shichibukai, mewakili kelompoknya menjalin aliansi dengan Bajak Laut Topi Jerami.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Ada 15 Desain Gambar Berbeda dari Logo Batman?

7. Bajak Laut Drake

X Drake yang memimpin kelompok Bajak Laut Drake adalah seorang mantan laksamana muda angkatan laut. Kekuatan devil fruit Drake adalah tipe buah zoan kuno yang dapat mengubahnya menjadi dinosaurus karnivora. Drake bahkan dapat mengalahkan Pacifista seorang diri dengan menggunakan kekuatan buah tersebut.

X Drake dalam Komik Jepang OnePiece

Drake dalam Wujud Dinosaurus

8. Bajak Laut Hawkins

Dijuluki sebagai pesulap, Basil Hawkins dengan tenang selalu berhasil memimpin kelompok bajak lautnya lolos dari maut. Dengan kartu-kartu miliknya, Hawkins bisa meramalkan (atau memprediksi?) hasil akhir dari suatu peristiwa, seperti ketika Kizaru, salah satu admiral angkatan laut menyerang kelompoknya.

Hawkins dari Manga One Piece

Hawkins Meramal Dengan Kartunya

Dalam pertempuran besar di markas angkatan laut, Hawkins sempat meramalkan nasib Luffy dalam pertempuran itu, bahwa bagaimanapun cara dia memainkan kartunya, probabilitas Luffy untuk bertahan hidup tidak pernah mencapai angka 0 (nol).

9. Bajak Laut On Air

Kelompok Bajak Laut On Air yang dipimpin oleh Scratchmen Apoo sempat berhadapan dengan admiral Kizaru di Kepulauan Sabaody. Dalam pertarungan itu, pemimpin mereka, Apoo kalah dari Kizaru. Walau pemimpinnya dikalahkan, kelompok bajak laut ini berhasil lolos dari kejaran Kizaru.

Apoo dari Manga One Piece

Apoo vs Kizaru

Setelah pertempuran besar di markas angkatan laut, Kelompok Bajak Laut On Air, Hawkins dan Kid kemudian membentuk aliansi bajak laut. Tujuan mereka adalah menaklukkan salah satu yonko, Shanks si Rambut Merah.

10. Bajak Laut Bonney

Berbeda dengan Boa Hancock, Jewelry Bonney adalah seorang perempuan yang memimpin kelompok bajak laut beranggotakan laki-laki semua. Kenyataan itu tidak membuat Bonney canggung dalam memimpin, dia bahkan dengan percaya diri membawa kelompoknya menyerang kelompok Bajak Laut Blackbeard. Bonney dan kelompoknya kalah untuk kemudian diserahkan ke angkatan laut oleh Blackbeard.

Bonney dari Manga OnePiece

Jewelry Bonney di Atas Kapalnya

Saat Dressrosa Arc, Bonney terlihat sedang membaca berita tentang kesuksesan Luffy dan Law menaklukkan Doflamingo, belum diketahui pasti apakah dia telah dibebaskan atau kabur dari tahanan angkatan laut.

11. Bajak Laut Firetank

Kelompok bajak laut ini lebih mirip seperti kelompok mafia, dengan pemimpin mereka dipanggil “father” dan busana ala mafia Italia, membuat mereka tidak tampak seperti bajak laut. Pimpinan mereka adalah Capone “Gang” Bege yang memiliki kekuatan devil fruit namun belum terdefinisikan dalam manga.

Pemimpin Bajak Laut Firetank di Manga One Piece

Capone “Gang” Bege

Dengan kekuatannya, dia dapat menyimpan dan mengeluarkan gerombolan pasukan lengkap dengan senjata dan kuda dari balik tubuhnya. Hal ini menjadikan secara jumlah penampilan Bajak Laut Firetank tidak mencolok, karena tampak sedikit padahal yang bersembunyi di balik baju pemimpinnya jauh lebih banyak.

12. Bajak Laut Fallen Monk

Berasal dari pulau langit yang salah satunya, Skypiea, pernah dikuasai oleh Enel, kelompok bajak laut ini dapat dikatakan merupakan kumpulan manusia langit. Pemimpin mereka, Urouge digambarkan memiliki sepasang sayap di punggungnya.

Orouge dari Manga dan Anime One Piece

Orouge Menghadapi Pacifista

Kelompok bajak laut ini pernah berhadapan dengan salah satu yonko, Kaido, walau tidak terjadi pertarungan apapun.

13. Bajak Laut Caribou

Caribou dan Coribou, dua bersaudara yang memimpin kelompok bajak laut ini cukup terobsesi untuk mengalahkan (bahkan membunuh) Luffy dkk, hal itulah yang kemudian membuat mereka bergabung ke dalam kelompok Bajak Laut Topi Jerami, untuk membunuh Luffy dkk dari dalam. Ketika kemudian Caribou mengetahui bahwa kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang mereka ikuti adalah palsu, mereka kemudian mengubur para bajak laut palsu tersebut hidup-hidup.

Caribou dari Manga One Piece

Coribou dan Caribou

Bajak Laut Caribou kemudian mengejar Thousand Sunny (kapal layar Luffy dkk) dan Caribou berhasil masuk ke dalamnya. Sayang aksinya diketahui, lalu Franky memasukkannya ke dalam sebuah barel.

Caribou akhirnya berhasil kabur karena kecerobohan seorang putri duyung yang dengan penasaran membuka barel, untuk bergabung kembali bersama Coribou dan anggota kelompok bajak lautnya.

14. Bajak Laut Rolling

Kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Lola ini, merupakan korban dari aksi Gekko Moriah ‘mencuri’ bayangan. Setelah bayangan mereka dicuri, Lola dkk tidak bisa lagi bertemu sinar matahari. Ketika Luffy dan teman-temannya berhasil mengalahkan pasukan zombie Gekko Moriah dan mengembalikan bayangan-bayangan yang dicuri, Lola menjanjikan bahwa bila nanti kelompok Bajak Laut Topi Jerami berhasil mencapai Dunia Baru (New World), ibunya yang dikatakan sebagai orang yang sangat kuat, akan dengan senang hati membantu Luffy.

Lola di Manga One Piece

Lola Memberi Vivre Card Kepada Nami

Berdasar janji Lola tersebut, muncul kesimpulan bahwa Lola adalah putri dari Charlotte Linlin, pemimpin Bajak Laut Big Mom dan juga seorang yonko. Apakah kesimpulan itu tepat? Saat nanti Luffy bertemu Lola kembali, mungkin akan ditemukan jawabannya.

15. Barto Club

Berkebalikan dengan Caribou, Barto Club sangat ingin sekali bertemu Luffy karena mereka begitu mengaguminya. Barto Club adalah kelompok keluarga mafia yang dipimpin oleh Bartolomeo, yang mencoba untuk mengikuti jejak pujaan hati mereka dengan menjadi bajak laut.

Setelah pertarungan dengan Keluarga Donquixote selesai, Bartolomeo kemudian mengangkat janji setia untuk menjadi bagian dari aliansi dengan Bajak Laut Topi Jerami. Kapal Barto Club pun dinamai dengan Going Luffy-senpai, menunjukkan betapa mereka sangat mengaguminya.

Bartolomeo di Manga One Piece

Bartolomeo, Pemimpin Barto Club

Itulah sekilas pembahasan tentang 15 kelompok bajak laut yang masih aktif dalam manga One Piece, di luar kelompok bajak laut para yonko dan kelompok bajak laut lemah yang sangat mudah ditaklukkan. Cavendish dan kelompoknya juga tidak dibahas kali ini, karena hampir tidak pernah ada anggota kelompoknya yang tampil selain Cavendish sendiri.

Sumber tulisan dan gambar: onepiece.wikia, quora.com, comicvine.com, aminoapps.com, pinterest.com, pichost.me, reddit.com, pre03.deviantart, syeiidazz.blogspot, otaku-indon.blogspot

One Response

  1. Aji Yuuji January 7, 2017

Add Comment