3 Mangaka Ini Adalah Sumber Inspirasi Komik Bleach, Siapakah Mereka?

Komik Bleach adalah salah satu komik populer karya Tite Kubo. Buku komik yang berhasil meraih Shogakukan Manga Award di tahun 2005 ini masuk dalam jajaran komik dengan penjualan tertinggi di Jepang dan Amerika. Luar biasa bukan?

Para Tokoh dalam Komik Bleach

Ichigo dan Kawan-kawan

Namun, menilik sejarah terciptanya komik Bleach, mangaka Tite Kubo mulanya terinspirasi oleh tiga orang mangaka senior yang berhasil menelurkan berbagai karya yang juga mendunia. Simak ulasan ketiganya berikut ini. Bisa jadi kamu akan tertarik juga untuk menikmati manga karya mereka.

Pembuat Komik Bleach

Tite Kubo, Mangaka Bleach

Akira Toriyama

Tite Kubo pernah mengalami penurunan semangat sebagai mangaka, ketika karya pertamanya, Zombie Powder tidak lagi dilanjutkan penerbitannya oleh Weekly Shonen Jump karena sepi penggemar. Setelah itu konsep Bleach yang diajukan pun ditolak oleh media yang sama, karena dianggap mirip dengan manga populer Jepang, Yu Yu Hakusho.

Saat semangatnya menurun itulah, seorang mangaka senior menuliskan surat pada Tite Kubo, memberi masukan dan menyemangatinya, mengatakan bahwa Bleach punya potensi untuk sukses. Mangaka senior itu adalah Akira Toriyama.

Komik Bleach Terinspirasi Toriyama

Akira Toriyama dan Karyanya

Akira Toriyama adalah tokoh yang melahirkan kisah Dragon Ball. Mengawali karir di ranah advertising, dia kemudian menemukan passion-nya di bidang manga. Perjalanan karir menggambar manga dimulai melalui komik Wonder Island, Toriyama baru menggebrak dunia manga melalui kesuksesan Dr. Slump dan robot super kuatnya, Arale.

Namun, kesuksesan luar biasa kembali diraihnya saat Dragon Ball lahir. Dragon Ball bahkan disebut sebagai manga Jepang terlaris kedua sepanjang masa. Perjalanan panjangnya meraih sukses itulah yang membuat Akira Toriyama kemudian menjadi inspirasi Tite Kubo dalam menggagas komik Bleach.

Shigeru Mizuki

Bicara tentang Shigeru Mizuki, kita mungkin masih ingat manga dan anime populer berjudul Ge-Ge-Ge no Kitaro. Tentang hantu bocah yang menjaga perdamaian antara dunia hantu dan dunia manusia. Kisahnya sendiri sangat menarik.

Kitaro Sumber Inspirasi Komik Bleach

Ge Ge Ge no Kitaro

Dalam cerita komik ini, kamu akan menemui berbagai jenis hantu Jepang. Jadi bisa belajar tentang hantu-hantu dari kisah rakyat dan legenda lokal. Meski di sini hantunya masih terasa lucu dan digambarkan dengan kocak.

Mizuki Menginspirasi Komik Bleach

Mizuki dan Buku Karyanya

Karya-karya Mizuki memang banyak yang ber-genre horor. Kisah horornya juga banyak dipengaruhi oleh kisah hantu-hantu lokal. Bahkan Mizuki memperoleh gelar sebagai spesialis kisah Yokai, atau yang dikenal dengan kisah supranatural dan mistis.

BACA JUGA  5 Karakter Anime One Piece Ini Takkan Kamu Temukan Dalam Komiknya

Latar belakang kisah-kisah supranatural Mizuki inilah yang mempengaruhi pembentukan karakter tokoh utama Bleach, Ichigo Kurosaki. Tite Kubo juga menjelaskan banyak karakter monster yang dibuatnya, terinspirasi dari karya-karya Mizuki.

Masami Kurumada

Masih familiar dengan kisah Saint Seiya? Tentu bagi pecinta anime era 80 sampai 90-an, masih mengingat serial yang pernah ditayangkan di stasiun televisi Indonesia antara tahun 1988 – 1995. Kisah mitologi perbintangan yang menggambarkan pertarungan antar zodiak ini bahkan baru saja dirilis versi anime movie terbarunya tahun 2014 lalu, berjudul Saint Seiya: Legend of Sanctuary.

Kisahnya sendiri cenderung ke arah pertarungan dan drama. Persahabatan, perjuangan tanpa kenal menyerah, kurang lebih itu yang dipaparkan dalam kisah Saint Seiya. Cerita komik ini menjadi hits dalam waktu yang singkat di luar Jepang. Sayangnya, Saint Seiya justru kurang mendapat minat para penggemar manga di negeri asalnya sendiri. Karya Kurumada yang lain, Ring ni Kakero justru lebih hits di Jepang dibanding Saint Seiya.

Diakui oleh Kubo, Kurumada cukup banyak mempengaruhi karyanya dalam mengemas Bleach. Rasa pertarungan, nilai moral dan aspek sejarah ditampilkan dengan gaya penuturan ringan. Senjata-senjata yang digunakan dan adegan pertarungan dalam Bleach juga banyak dipengaruhi oleh Saint Seiya.

Saint Seiya Inspirasi Komik Bleach

Kurumada dan Saint Seiya

Kombinasi inspirasi dari ketiga mangaka inilah yang kemudian banyak mempengaruhi pembuatan tokoh, karakter, serta plot dalam Bleach. Tak heran jika ada kemiripan rasa diantara karya ketiga mangaka tersebut dengan komik Bleach. Meskipun demikian bukan berarti Bleach tidak orisinil, Kubo sangat mengedepankan orisinalitas, jadi tak perlu ragu untuk menikmati komiknya ya.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, metacritic.com, comicvine.com, dantasnet.com, toei-animation.com, bleach.wikia

BACA JUGA  Mau Nonton Japanese Anime Secara Gratis dan Legal? Kunjungi 4 Situs Ini!

Add Comment