Komik Doraemon, Dragon Ball dan Sejarah Masuknya Manga ke Indonesia

Satu diantara segudang keunikan yang dimiliki Jepang, adalah manga. Kreativitas seseorang yang dituangkan melalui gambar komik ditambah suguhan cerita menarik membuat seni manga ini berkembang pesat hingga menembus batas negara. Eropa, Amerika, Asia telah menjadi rambahan karya-karya manga Jepang. Di Indonesia, siapa tak kenal Doraemon? Atau Naruto? Keduanya adalah anime populer yang diadaptasi dari manganya. Lalu bagaimana sejarah singkat serta latar belakang manga dengan berbagai judulnya dapat mendarat di Indonesia?

Sejarah Singkat Manga

Istilah manga awalnya muncul di Cina dengan nama manhua dan populer pada abad ke-18. Manhua kemudian merambah masuk Jepang pada akhir abad ke-18 dengan istilah manga yang dapat diartikan “gambar aneh” atau “sketsa spontan”. Seiring adanya tren manga, banyak karya yang lahir pada masa itu, diantaranya buku bergambar Shiji no Yukikai (1798).

Komik Manga Awal di Jepang

Karya Katsushika Hokusai (ukiyo-e.org)

Pada awal abad ke-19 lahir pula karya seperti Manga Hyakujo karya Aikawa Minwa (1814) dan buku-buku Hokusai Manga (1814-1834) yang mengandung berbagai macam sketsa hasil karya seniman ukiyo-e terkenal, Katsushika Hokusai. Di Jepang sendiri manga merupakan sebutan untuk komik maupun anime. Sedangkan secara umum, manga dikenal sebagai istilah bagi komik Jepang.

Kegemaran membaca penduduk Jepang turut mempengaruhi perkembangan penerbitan manga di sana. Berkat manga, pada tahun 1950, perusahan penerbitan menjadi salah satu industri utama di Jepang. Hingga saat ini, manga telah menjadi ikon utama bagi negeri asal Doraemon tersebut. Tak heran jika karya-karya para mangaka terus lahir dan tumbuh subur, merambah dan melakukan petualangan hingga ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Manga ke Indonesia

Para penggemar manga tanah air tentunya mengenal Doraemon dan Dragon Ball. Jauh sebelum Naruto, kehadiran keduanya telah sukses menghibur hingga saat ini. Tidak terasa bahwa komik-komik tersebut telah hadir lebih dari puluhan tahun silam. Para penikmatnya saat ini pasti sudah dewasa bahkan mungkin sudah berkeluarga.

Pemeran Komik Doraemon

Doraemon dan Kawan-kawan

Berbagai anime dan komik Jepang yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga kini, tentu tak dapat dilepaskan dari peran penerbit dan televisi. Melihat animo masyarakat di negara asalnya cukup tinggi terhadap karya para mangaka, serta industri penebitan yang terus berkembang stabil membuat penerbit serta stasiun televisi di Indonesia melirik beberapa karya untuk dipasarkan di sini. Lalu komik Jepang apakah yang terbit pertama kali di Indonesia?

BACA JUGA  Inilah 5 Alat Yang Paling Sering Digunakan Dalam Cerita Komik Doraemon
Komik Akira, Sejaman dengan Doraemon

Ilustrasi Manga Akira (geektyrant.com)

Akira merupakan komik Jepang pertama yang diterbitkan secara resmi di Indonesia, yaitu pada tahun 1990. Di tahun yang sama Candy Candy pun menyusul terbit. Baru tahun 1991 terbitlah komik Doraemon. Sedangkan Dragon Ball diterbitkan di Indonesia pada tahun 1992.

Sama seperti di negara asalnya, masyarakat Indonesia terutama kaum muda memiliki antusiasme yang cukup tinggi terhadap seni gambar ini. Akibatnya kehadiran manga dituding sebagai salah satu penyebab kemunduran komik Indonesia. Walaupun begitu ada juga yang menganggap manga sebagai faktor yang justru semakin memperkaya khazanah komik Indonesia.

Cerita Gatot Kaca dalam Komik Garudayana

Kinara dan Gatot Kaca (deviantart)

Buktinya, banyak kaum muda yang kini membuat komik dengan karakter khas manga, terutama pada gambar mata dengan style yang bulat dan besar. Salah satu komikus Indonesia dengan gaya seperti itu adalah Is Yuniarto yang karyanya, Garudayana Saga bahkan telah menembus pasar Jepang. Selain itu ada juga Voyager289 (nama pena) dengan karyanya berjudul Tiap Detik yang diterbitkan secara online.

Beberapa komikus Indonesia lainnya bahkan berhasil memproduksi manganya sendiri, diantaranya adalah Vivian Wijaya dengan karyanya Kokkyonaki Gakuen dan Pinakes (Mahendra Sidharta Suryadi) dengan karyanya Aldnoah.Zero. Aldnoah.Zero merupakan manga adaptasi dari anime yang diproduksi oleh tim Olympus Knights, dimana Pinakes bertugas sebagai ilustrator manganya.

Komik Aldnoah.Zero karya Anak Indonesia

Manga Aldnoah.Zero (showbiz.liputan6.com)

 

Berawal dari komik Akira dan Doraemon, ternyata manga mampu mempengaruhi karakter sketsa anak muda Indonesia hingga melahirkan komikus-komikus dengan karya yang tak kalah bagus dibandingkan manga. Arus budaya ini menambah ragam aliran seni dalam gambar. Semoga dapat menjadi awal yang baik menuju kejayaan komik Indonesia.

Add Comment