Apakah 4 Baju Besi Ini yang Membuat Spiderman Bergabung dalam Tim Iron Man di Civil War?

Sudah menyaksikan trailer Captain America: Civil War? Film yang dikabarkan akan tayang pada awal Mei mendatang di tanah air ini sudah menjadi buah bibir di berbagai kalangan penggemar Marvel. Salah satu sosok jagoan yang mencuri perhatian adalah kehadiran tokoh Spiderman dengan kostum yang terlihat berbeda. Dan tampak memihak tim Iron Man.

Spiderman dalam Berbagai Kostum

Spidermen (marvel.wikia.com)

Mungkin hanya sebagian kecil orang yang tahu bahwa Spiderman memiliki beberapa baju yang berbeda. Bahkan terdapat 4 kostum Spiderman yang tidak berbahan kain, tetapi lapis baja. Tepatnya baju besi tersebut digunakan di beberapa episode komik Spiderman, setelah pertempurannya melawan sekelompok pahlawan super bernama New Enforcers.

Apakah kostum Spiderman yang mirip dengan kecanggihan baju besi Iron Man ini, yang menjadi salah satu alasan mengapa ia bergabung dengan tim Iron Man di Civil War? Penasaran dengan jawabannya? Simak ulasannya berikut ini.

Spider-Armor (MK I)

Baju Besi Spiderman MK I

Spider Armor – MK I (marvel.wikia.com)

Kostum Spiderman ini membuat si manusia laba-laba jadi anti-peluru. Kostum yang dirancang oleh Peter Parker ini memiliki komposisi pseudo-metallic sehingga tidak dapat ditembus peluru. Sayangnya kostum canggih ini justru membuat Spiderman lebih lambat dan kurang responsif. Akibatnya, dalam pertarungan beruntun melawan anggota New Enforcers, baju besi Spiderman ini melemah dan berhasil dihancurkan oleh serangan Thermite.

Baju Besi Spiderman Melemah

MK I Melemah (taringa.net)

Bulletproof Spider-Armor (MK II)

Baju ini adalah versi kedua yang dibuat oleh Peter Parker dengan berbagai peningkatan, salah satunya adalah kecepatan yang tidak selambat versi sebelumnya. Kostum superhero ini tidak cuma anti-peluru bahkan tahan terhadap ledakan granat. Meskipun demikian, baju ini tidak menahan rasa sakit akibat tembakan peluru, apalagi ledakan granat.

Baju Besi Spiderman MK II

Bulletproof Spider Armor (pinterest.com)

Penembak jaring pada baju besi ini tidak terletak pada pergelangan tangan melainkan pada lengan bawah Spiderman. Selain itu, kostum ini pun dilengkapi dengan jaring magnetik yang mampu menahan bahkan menghalangi sinyal dari frekuensi radio.

Spider-Armor 3.0/3.5 (MK III)

Kostum Spiderman ini terlihat mirip dengan kostum Iron Man. Peter Parker merancangnya untuk menghadapi kelompok penjahat super, Sinister Six. Kostum ini mengawali desain baju Spiderman yang semakin canggih.

Baju Besi Spiderman 3.0/3.5

Baju Besi Spiderman MK III (marvel.wikia.com)

Mulai dari penyempurnaan helm yang dilengkapi dengan alat untuk mempertajam pendengaran hingga mampu mendengar detak jantung seseorang, adanya comm-link built in, yang memungkinkan Spiderman berkomunikasi dengan anggota Avengers secara rahasia, serta teknologi Octo-bot milik Doctor Octopus. Perlengkapan yang terakhir disematkan pada helm ini memang secara spesifik bertujuan untuk mengalahkan Dokter Octopus. Meski upaya ini kemudian gagal.

Perlengkapan canggih lainnya juga disematkan pada lensa mata manusia laba-laba ini, berupa holographic visor yang digunakannya untuk menghadapi Mysterio dan aplikasi “pink hippo” untuk mengalahkan Sandman.

Kostum Spiderman MK III

Spiderman Menghadapi Thor dan Spider Woman (marvel.wikia.com)

Tidak hanya itu, kostum ini juga dilengkapi dengan jet boosters, teknologi tahan listrik untuk menghadapi Electro, penembak jaring berukuran besar, sabuk perlengkapan dan ketahanan terhadap benturan. Dengan menggunakan kostum ini, Spiderman bisa terbang dan menembak dengan ukuran jaring yang berbeda-beda. Bahkan kostum super hero ini mampu menahan benturan palu Thor, lho.

Spider-Armor 4.0 (MK IV)

Nah, secara penampilannya, kostum ini memiliki warna dan model yang standar dengan baju Spiderman yang biasa kita lihat. Hanya saja, kemampuannya jauh berbeda. Posisi penembak jaring kembali terletak di pergelangan tangan. Tapi, jenis jaring yang dapat ditembakkan sangat beragam, mulai dari bug-zappers, web-foam, acid webbing, sonic-disruptors dan web-cement. Yang lebih keren, ketepatan menembak jaring lebih akurat dengan adanya micro spider-tracer pada lensa Spiderman. Kuat dugaan, kostum inilah yang digunakan Spiderman dalam trailer film Civil War.

Kostum Spiderman dalam Civil War

Spider Armor MK IV (marvel.wikia.com)

Jika dilihat-lihat, Peter memang memiliki hasrat modifikasi kostum yang serupa dengan Tony Stark. Tingkat kecerdasan keduanya pun sepertinya tidak jauh berbeda. Jadi, kesamaan tersebut bisa jadi yang membuat mereka bergabung dalam Civil War. Duh, pasti makin penasaran dengan filmnya, kan. Kita saksikan nanti, adakah dari keempat kostum Spiderman di atas yang akan ditampilkan dalam film Captain America: Civil War.

Add Comment