Inilah 10 Manga Terlaris Hingga Pertengahan Tahun 2016

Bukan pecinta manga namanya, jika tidak tahu manga terlaris hingga pertengahan tahun 2016 ini. Tentu saja, banyak judul yang familier. Bahkan penerbitnya pun didominasi oleh salah satu penerbit manga di Jepang, yakni Shueisha.

Nah, jika kamu penasaran, sebaiknya simak judul manga apa saja yang terdata sebagai komik dengan penjualan tertinggi di Jepang. Siapa tahu, salah satunya adalah judul favoritmu. Judul-judul manga berikut ini disusun berdasarkan jumlah penjualannya.

10. My Hero Academia

Judul Anime Terbaik 2016

My Hero Academia (sayuricero.co)

Manga karya Kohei Horikoshi ini berhasil menduduki peringkat ke-10. Ini tentu berkat penjualannya yang mencapai 2,135,591 eksemplar hingga pertengahan tahun ini. Komik ini mengangkat kisah mengenai negeri tempat semua orang memiliki kekuatan super. Manusia normal adalah mereka yang terlahir dengan kekuatan super dan dikenal sebagai quirk.

Alkisah Izuku Midoriya terlahir tanpa kekuatan super. Meski kerap memperoleh hinaan karena kondisinya yang tidak normal tersebut, Izuku tetap berpegang pada mimpinya untuk kelak mempunyai kekuatan selayaknya quirk lainnya. Mimpi yang tanpa disangka menjadi nyata.

Di luar dugaan, All Might, jagoan terkuat di negeri tersebut membagi kekuatan supernya kepada Izuku. Dia juga menyekolahkan Izuku ke akademi khusus jagoan super. Hidup Izuku pun berubah. Serial yang menceritakan perjuangan Izuku menjadi pahlawan super ini memang layak dibaca.

9. Tokyo Ghoul:re

Manga Terlaris 2015 #10

Tokyo Ghoul:re Cover (tokyoghoul.wikia.com)

Tidak hanya sukses di atas kertas, Tokyo Ghoul:re juga meraih posisi yang tinggi di kalangan para pecinta anime. Terjual sebanyak 2,179,345 eksemplar, Tokyo Ghoul:re adalah komik misteri yang mampu mengikat hati pembacanya. Memang sudah bukan hal yang baru, bahwa pasar kalangan muda di Jepang sangat tertarik dengan kisah berbau horor.

Menceritakan tentang seorang remaja bernama Ken Kaneki yang hidup di dunia tempat manusia dan ghoul hidup berdampingan. Jangan salah, meski berbagi tempat berpijak, namun ghoul tetap pemangsa yang ditakuti oleh manusia. Terlebih dengan kemampuan super yang dikuasai oleh ghoul, membuatnya sulit untuk dikalahkan oleh manusia biasa.

Kehidupan Ken berputar drastis tatkala dia mengalami cidera yang kemudian mengubahnya menjadi manusia setengah ghoul. Serial manga ini mengalir semakin seru dengan konflik dan dinamika yang dialami Ken. Sangat seru menyimak tiap serinya yang menyuguhkan ketegangan yang sanggup memacu adrenalin kamu.

8. Erased

Manga Terbaik 2016 ke-6

Erased (bokudakegainaimachi.wikia.com)

Inilah satu-satunya manga yang masuk dalam peringkat 10 besar terlaris yang diterbitkan oleh Kadokawa. Erased berhasil terjual hingga mencapai 2,332,110 eksemplar. Erased atau The Town Without Me, mengangkat genre misteri yang terbilang unik.

Mengangkat plot mengenai perjalanan melintas waktu, dengan tokoh sentral Satoru Fujinuma. Satoru mempunyai kemampuan yang luar biasa yakni, mundur ke masa lalu. Inilah yang membuatnya sanggup menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi padanya.

Kisah bergerak semakin menarik ketika dia harus mundur jauh ke masa sekolahnya. Pada saat itu, Satoru harus mencegah terbunuhnya ketiga teman sekelasnya. Dia harus menemukan petunjuk dan menyelamatkan kawan-kawannya. Serial ini cukup populer karena alur kisah detektif yang dinamis.

BACA JUGA  Karikatur Aylan Kurdi dan Duka Masyarakat Dunia

7. One Punch Man

Jawara Anime Terbaik 2015

One Punch Man (escapistmagazine.com)

Lagi-lagi kisah tentang jagoan super. Kali ini One Punch Man bercerita mengenai jagoan yang tidak terkalahkan. Manga ini pun terjual sangat cepat dan mencapai jumlah 2,553,331 eksemplar.

Begitu kuat dan hebatnya sang jagoan super yang bernama Saitama, hingga dia pun merasa bosan. Maka mulailah perjalanannya mencari lawan dan musuh yang lebih menantang. Dalam petualangannya dia menjumpai banyak karakter.

Komik ini mengajarkan hal lain. Jika biasanya tokoh utama digambarkan sangat tampan, maka lain halnya dengan Saitama. Penampilan fisiknya membuat Saitama cukup sering menuai ejekan, padahal sisi kepahlawanannya sudah tidak perlu diragukan. Setelah membaca manga ini kamu akan diajak untuk tidak menilai orang dari luarnya saja.

6. The Seven Deadly Sins

Manga Terlaris Jepang 2015 #2

Seven Deadly Sins (infoseek.co.jp)

Tema fantasi dan petualangan dikemas dengan cantik dalam komik ini. The Seven Deadly Sins bisa dibilang memenuhi kriteria manga dengan bumbu ala Eropa. Manga ini sangat laris di pasaran dengan jumlah penjualan mencapai 2,712,499 eksemplar.

Ceritanya bermula saat pasukan pelindung kerajaan yang disebut Holy Knights justru memberontak dan mengambil alih tampuk kekuasaan. Kelompok Holy Nights pun menyandera sang raja dan menguasai negeri. Menyaksikan hal ini, sang putri ketiga dari kerajaan, Elizabeth pun tidak tinggal diam.

Berkelana ke penjuru negeri, ia berupaya mengumpulkan kembali tujuh kesatria yang dahulu di asingkan karena dituduh berkhianat. Mereka yang disebut dengan julukan The Seven Deadly Sins. Tujuan sang putri hanya satu yakni, meminta bantuan mereka untuk melawan para pemberontak dan mengembalikan kekuasaan kepada raja.

5. Kingdom

Manga Terlaris Jepang 2015 #5

Kingdom Cover (natalie.mu)

Berlatar belakang sejarah, Kingdom bercerita tentang sejarah terbentuknya Cina. Mengangkat kisah kehidupan Xin yang berhail menjadi jenderal terkuat, komik ini meraup keuntungan besar. Lihat saja total penjualannya yang mencapai 3,561,489 eksemplar.

Plot bermula saat Xin yang bermimpi untuk menjadi jenderal terkuat di kerajaan Qing. Xin yang telah yatim piatu mempunyai sahabat bernama Piao. Malang, Piao ternyata dijadikan pengganti sementara raja, yang mengakibatkannya terbunuh.

Terlepas dari kemarahannya pada sang raja, Xin mengambil kesempatan untuk membantu raja mengalahkan musuhnya dan meraih kekuasaan di kerajaan Qin. Atas jasanya, Xin pun mencapai impiannya, menjadi jenderal tertinggi. Tinggal satu mimpinya yang tersisa yaitu, menyatukan Cina dan menghapuskan peperangan.

4. Haikyu!!

Manga Terlaris Jepang 2015 #6

Haikyuu! Cover (crunchyroll.com)

Mengambil plot berlatar belakang olahraga voli, Haikyuu menghadirkan nuansa baru dalam manga yang mengedepankan nilai sportivitas. Komik ini telah terjual lebih dari 4 juta kopi dalam tempo hingga pertengahan tahun 2016. Wajar saja, menilik kisahnya yang sangat seru dengan berbagai pertandingan yang digambarkan secara apik.

Cerita dimulai dengan kekaguman Shoyo Hinata terhadap voli. Perasaan yang tumbuh setelah menyaksikan pertandingan voli nasional ini pun membuatnya ingin menjadi atlit voli. Shoyo kemudian membentuk sebuah klub olahraga voli untuk terus mengasah kemampuannya.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Ada 3 Tokoh Muslimah Dalam Komik DC?

Beberapa turnamen diikutinya. Tapi, meraih mimpi memang tidak semudah itu. Shoyo dan klubnya tersingkirkan oleh klub favorit yang beranggotakan Tobio Kageyama. Pria dengan keahlian bermain voli sampai-sampai meraih gelar Raja Lapangan.

Dan, mulailah persaingan di antara Shoyo dan Kageyama. Hal yang mengejutkan adalah mereka ternyata berakhir di tim olahraga yang sama tatkala keduanya berada di SMA. Kisah persaingan dan persahabatan dalam meraih mimpi yang dituangkan dalam kisah Haikyuu jelas patut untuk kamu baca.

3. Attack on Titan

Manga Terlaris Jepang 2015 #3

Attack On Titan (attackontitan.wikia.com)

Dunia telah dikuasai para raksasa humanoid. Raksasa yang disebut Titan tersebut menjadikan manusia sebagai makanannya. Manusia yang bertahan kemudian membangun dinding yang sangat tinggi sebagai benteng untuk perlindungan diri.

Dinding yang dibangun berlapis disertai dengan tentara yang berjaga. Para manusia berupaya mempertahankan keberadaannya. Namun, keamanan kembali terusik ketika raksasa dengan tinggi 60 meter berhasil menghancurkan pertahanan dinding terluar.

Eren, sang tokoh sentral bersama-sama pasukan penyelidik berupaya mencari solusi lain dibanding hanya bertahan di areal terbatas. Komik ini akan mengajak kita menyelami misteri kehadiran Titan di antara manusia. Cerita yang seru dan penggambaran yang bagus telah berhasil membuat manga ini terjual hingga 4,370,941 eksemplar.

2. Assassination Classroom

Manga Terlari Jepang 2015 #4

Assassination Classroom (comicvine.com)

Bagaimana jadinya jika kamu belajar untuk membunuh grumu sendiri? Assassination Classroom berhasil menuangkan kisah yang ‘tidak biasa’ ini ke dalam manga sukses yang terjual hingga 4,391,966 eksemplar. Bisa jadi inilah satu-satunya penggambaran alien yang ingin menghancurkan bumi, namun memberikan kesempatan bagi manusia untuk mempelajari metode yang tepat untuk membunuhnya.

Semua bermula dari datangnya alien yang menghancurkan 70% dari bulan, hingga membuatnya menjadi bentuk sabit untuk selamanya. Alien dengan wujud serupa gurita ini kemudian menyatakan bahwa dia akan menghancurkan bumi dalam waktu 1 tahun. Uniknya, dia juga menawarkan manusia untuk berjuang melawannya.

Mulailah sang makhluk asing mengajar di sebuah sekolah dan menjadi wali kelas. Bukan hanya materi pelajaran yang disampaikannya, melainkan juga beragam cara untuk membunuh. Dirinya yang disebut Koro Sensei, ternyata adalah guru yang sangat baik.

Terlepas dari kepandaiannya mengajar, para murid harus fokus berjuang dalam upaya untuk mengakhiri hidup Koro Sensei. Keseruan bahkan berbagai kelucuan mewarnai manga ini. Nah, kamu tertarik dengan kisahnya?

1. One Piece

Manga Terlaris Jepang 2015 #1

One Piece Cover (comicvine.com)

Pasti kamu sudah kenal manga terlaris yang mencapai penjualan di atas 6 juta eksemplar hingga pertengahan tahun 2016 ini. One Piece memang salah satu manga fenomenal yang bukan hanya menempati kedudukan favorit di negeri asalnya, namun juga di belahan bumi lainnya. Kisah Luffy dan kawanan bajak laut menyuguhkan petualangan yang selalu menarik untuk disimak.

Berawal dari mimpi Luffy untuk menjadi bajak laut terhebat, dia pun memulai petualangannya dengan mengumpulkan kru dari berbagai latar belakang. Mulai dari pria yang jago bohong hingga playboy yang pandai berkelahi. Terbentuknya kelompok bajak laut topi jerami kemudian mengarungi samudera dan menghadapi beragam tantangan yang mengesankan.

Seluruh manga terlaris hingga pertengahan tahun 2016 tersebut sarat akan nilai-nilai persahabatan dan pembelajaran yang positif. Meski kadang ada bagian alur cerita yang perlu ‘disaring’, ya. Selamat membaca.

Add Comment