7 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Eiichiro Oda, Mangaka One Piece

Manga One Piece telah sukses menjadi manga terlaris pada tahun 2014. Di balik kesuksesan itu terdapat tangan dingin seorang Eiichiro Oda, yang perjuangan dalam membesarkan karya masterpiecenya tersebut telah menjadi inspirasi bagi para mangaka lain. Bagi kamu yang suka baca atau nonton anime One Piece, berikut adalah 7 hal tentang Oda-sensei yang wajib kamu ketahui.

Luffy adalah Tokoh Manga One Piece

Eiichiro Oda dan Luffy (artanimes.com)

1. Memulai Karir di Usia Muda

Tahukah kamu berapa usia Oda-sensei saat memulai karirnya sebagai mangaka? 17 tahun! Di saat kebanyakan remaja sedang sibuk memikirkan sekolah atau stres karena patah hati, Eiichiro Oda di tahun 1992 sukses menjadi runner up Tezuka Manga Awards. Sesuatu yang telah lama diidamkan oleh Oda-sensei. Manga yang diikutsertakannya ketika itu adalah Wanted! Sebuah manga yang bercerita tentang seorang koboi jago tembak bernama Gill Bastar.

Wanted! Hadir Sebelum Manga One Piece

Salah Satu Cover Wanted! (citymanga.com)

Setelah meraih runner up, Oda-sensei kemudian memenangkan Hop Step Award pada tahun 1994 sebagai mangaka pendatang baru terbaik. Saat Eiichiro Oda memulai One Piece di tahun 1997, usianya masih 22 tahun. Masih sangat muda.

2. Pekerja Keras yang Berdedikasi

Perfeksionis. Kata itu mungkin tepat bila disematkan pada diri Eiichiro Oda. Oda-sensei adalah sedikit mangaka yang lebih memilih menggambar mayoritas manganya seorang diri. Buat Oda, semakin sedikit asisten, semakin baik. Oda bahkan tidak suka menggunakan ulang gambar yang pernah dibuatnya, walau adegan yang dibuat memungkinkan hal tersebut. Jadi bisa dibilang, tidak ada pengulangan gambar dalam manga One Piece, semua digambar sendiri oleh Oda.

Selain perfeksionis, Oda adalah tipe pekerja keras. Disebutkan bahwa Eiichiro Oda bisa bekerja dari jam 5 pagi hingga 2 dini hari (21 jam), untuk kemudian tidur selama 3 jam saja.

BACA JUGA  Kenalkah Kamu Dengan 15 Bajak Laut dalam Manga One Piece Ini?

Oda-sensei juga merupakan seorang mangaka yang berdedikasi tinggi. Baginya, para fans ibarat kekasih yang tidak boleh dikecewakan dalam kondisi apapun. Pernah pada tahun 2013, saat Oda sakit dan harus dirawat di rumah sakit, Masashi Kishimoto, mangaka Naruto yang menjenguknya, dibuat tercengang melihat Oda sedang menggambar episode One Piece terbaru sambil berbaring di tempat tidur!

3. Menggemari Karya Sendiri

Tentu tidak mengherankan bila Eiichiro Oda menggemari karyanya sendiri, One Piece. Tapi di antara karakter One Piece, adakah yang paling disukai oleh Oda-sensei? Jawabannya, ada. Di antara seluruh karakter One Piece, yang paling disukainya adalah Blackbeard. Sedangkan tokoh antagonis yang paling disukai adalah Buggy. Tapi bila ditanya, seandainya bisa menjadi salah satu karakter One Piece, Oda ingin menjadi siapa? Jawabannya adalah Nico Robin. Karena dengan jurusnya, Veinte Fleur, Oda-sensei akan bisa menggambar 20 kali lebih cepat dari biasanya.

4. Terinspirasi Akira Toriyama dan Serial Animasi Televisi

Apa yang menginspirasi lahirnya One Piece? Ternyata adalah karya-karya mangaka senior, Akira Toriyama. Toriyama yang terkenal dengan masterpiecenya, Dragon Ball, adalah sosok yang membuat Oda memimpikan menjadi seorang mangaka.

Selain terinspirasi oleh Toriyama, sebuah serial animasi televisi berjudul Vicky the Viking membuat Oda sangat ingin membuat manga bertema bajak laut. Vicky the Viking adalah serial buatan kerjasama Jerman-Austria-Jepang yang bercerita tentang seorang bocah viking dalam menghadapi berbagai petualangan bersama teman-temannya.

5. Pernah Mendapat Ancaman Pembunuhan

Manusia tidak mungkin memuaskan semua orang, demikian pula Eiichiro Oda. Walau memiliki jutaan penggemar, Oda juga punya orang-orang yang membencinya. Salah satunya adalah seorang perempuan yang suaminya dipecat oleh Oda. Saking bencinya kepada Oda-sensei, perempuan itu mengancam dengan mengirimkan ratusan e-mail ancaman pembunuhan.

BACA JUGA  Apakah 4 Baju Besi Ini yang Membuat Spiderman Bergabung dalam Tim Iron Man di Civil War?

Pada tahun 2009, perempuan yang telah melakukan aksinya selama 4 bulan itu akhirnya ditangkap polisi. Selepasnya, Oda mungkin akan berpikir panjang sebelum kembali memecat orang. Minimal memastikan bahwa orang yang akan dipecatnya masih belum beristri.

6. Menikah Dengan Cosplayer One Piece

Jangan pernah mengira bahwa para mangaka adalah orang-orang gila kerja dan anti sosial, Oda-sensei juga memiliki kekasih yang dinikahinya saat usia Oda terbilang masih cukup muda, 29 tahun.

Chiaki Inaba, yang dinikahi oleh Oda pada tahun 2004, adalah seorang model yang secara kebetulan ditemuinya dalam Shonen Jump Fiesta, ber-cosplay sebagai Nami. Keduanya telah dikaruniai seorang anak perempuan pada tahun 2006. Jadi kalau ada yang bertanya, siapa yang akan dipilih oleh Eiichiro Oda, Nami atau Nico Robin? Tentu kamu sudah tahu jawabannya, he he he.

7. Komik yang Ingin Dibuat Setelah One Piece Tamat

Setelah One Piece tamat suatu hari ini, Eiichiro Oda berencana membuat manga bertemakan mecha (robot besar). Bila itu tidak terwujud, Oda akan memilih mengikuti jalan Akira Toriyama, membuat manga dengan cerita pendek, cukup satu atau dua episode.

Oda-sensei Adalah Mangaka One Piece

Gambar Mecha Eiichiro Oda (crunchyroll.com)

Itulah 7 hal tentang Eiichiro Oda yang wajib kamu ketahui. Dedikasinya terhadap dunia komik sungguh luar biasa, sekali ngomik tetap ngomik. Semoga bisa menginspirasi siapa pun yang membacanya.

3 Comments

  1. Vety Fakhrudin October 1, 2016
    • Alabn October 12, 2016
  2. Kang Nurul Iman October 1, 2016

Add Comment