Dari 11 Daftar Naruto The Movie Ini, yang Manakah Favoritmu?

Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar kata Naruto The Movie? Ninja? Benar sekali.

Serial manga Naruto merupakan salah satu hasil karya dari Masashi Kishimoto yang tidak hanya popular di Jepang, tapi diseluruh dunia. Manga ini berkisah tentang Naruto Uzumaki, ninja periang dan penuh semangat menggapai mimpi untuk menjadi seorang Hokage yaitu pemimpin di desanya.

Naruto tidak pernah merasakan kasih sayang orang tuanya. Dengan dukungan dari teman-teman dan guru-gurunya, dia tumbuh menjadi pemuda ceria dan optimis.

Serial manga ini diterbitkan pertama kali di Jepang pada tahun 1997. Tidak sebatas seri manga dan serial anime saja, tetapi tidak kurang dari 10 judul film Naruto telah dirilis. Berikut ini adalah ulasan dari Naruto The Movie.

1. Naruto the Movie : Ninja Clash in the Land of Snow

Naruto The Movie Pertama

Naruto The Movie #1 (aminoapps.com)

Film ini disutradarai oleh Tensai Okamura dan ditulis oleh Katsuyuki Sumisawa. Naruto the Movie: Ninja Clash in the Land of Snow adalah film pertama yang dibuat dari cerita serial anime dan manga. Film ini dirilis di bioskop di Jepang pada 21 Agustus 2004.

Cerita berkisah tentang misi Naruto dan teman-temannya untuk menjaga artis bernama Fujikaze Yukie, yang sebenarnya adalah putri Yukigakure dan bernama asli Kazahana Koyuki. Negerinya diambil alih oleh pamannya, Doto Kazahana. Doto ingin kalung kristal Yukie untuk membuka kekuatan rahasia di Negeri Salju.

Tim Kakashi bertanggung jawab untuk menyelamatkan Yukie dan negerinya. Film ini melibatkan tim 7 dalam misi, Naruto mengeluarkan Rasengan cakra 7 warna, Sasuke yang kembali menggunakan Shishi Rendan, dan Sakura  mengeluarkan jurus miliknya sendiri untuk yang pertama kali.

BACA JUGA  3 Mangaka Ini Adalah Sumber Inspirasi Komik Bleach, Siapakah Mereka?

2. Naruto the Movie: Legend of the Stone of Gelel

Naruto The Movie Kedua

Naruto The Movie #2 (katsanimecorner.com)

Film kedua serial Naruto ini disutradarai oleh Hirotsugu Kawasaki dan ditulis oleh Kawasaki dan Yuka Miyata. Film ini dirilis di Jepang pada 6 Agustus 2005.

Naruto Uzumaki, Shikamaru Nara, dan Sakura Haruno menjalani misi mengantar seekor musang, hewan peliharaan yang hilang. Tapi dalam perjalanan untuk mengembalikan hewan itu, mereka diserang pria misterius berpakaian ksatria baja. Pria yang bernama Temujin tersebut merupakan anak buah dari Haido.

Naruto dan kesatria itu adu kekuatan hingga terpental ke dalam jurang bersama musang yang Naruto bawa. Mereka diselamatkan oleh rombongan desa yang berpindah-pindah tempat.

Seorang kakek bercerita pada Naruto bahwa dia orang yang meminta bantuan ke Konoha untuk mengantarkan musang bernama Nerugui. Sementara itu, Shikamaru menyelidiki keanehan yang dia rasakan.

Shikamaru hampir tertangkap ketika dia menyusup ke dalam sebuah laboratorium, tetapi berhasil melarikan diri. Naruto, Shikamaru, dan Sakura memperoleh bantuan dari Gara dan Kankuro untuk mengalahkan Haido dan anak buahnya.

Haido menginginkan batu yang berada di dalam mulut musang yang disebut sebagai Batu Gelel. Haido pun kemudian berubah menjadi makhluk yang kuat dan menyeramkan.

Naruto hampir kewalahan menghadapinya, hingga lalu Temujin pun tersungkur. Berkat semangat yang diberikan Naruto kepadanya, mereka bersama mengalahkan Haido dengan Rasengan di kedua tangannya.

Setelah semua berakhir, mereka berkumpul di laut dimana Temujin dan penduduk desa mempersiapkan diri untuk pergi dan kembali ke tanah mereka berasal. Temujin ingin membantu desa. Ketika mereka pergi, Naruto berdiri di atas tebing dan memberikan isyarat kepada Temujin, agar dia berjanji untuk tidak pernah menyerah.

3. Naruto the Movie: Guardians of the Crescent Moon Kingdom

Naruto The Movie Ketiga

Naruto The Movie #3 (comicvine.com)

Film ketiga ini ditulis dan disutradarai oleh Toshiyuki Tsuru. Inilah film  Naruto yang diluncurkan pada tanggal 6 Agustus 2006.

Kisahnya menuturkan bagaiman Naruto, Kakashi, Sakura, dan Rock Lee mendapatkan misi tingkat B untuk melindungi Pangeran dari Tanah Bulan.

Tanah Bulan adalah Negeri yang kaya, sehingga Michiru mampu membeli apapun yang dia inginkan, begitu pun putranya Hikaru Tsuki.

Tim Naruto berhenti di sirkus dimana Hikaru menyukai harimau bertaring tajam langka yang ada dalam sirkus, Chamu. Michiru pun membelinya sekaligus beserta semua anggota sirkus.

Esok harinya, Naruto, Sakura, dan Lee sudah semakin akrab dengan Hikaru. Sampai di Tanah Bulan, ternyata negara itu diambil alih oleh Shabadaba, bangsawan dan mantan teman Michiru.

Shabadaba telah menyingkirkan Raja dan berniat melenyapkan Michiru dan Hikaru yang merupakan ahli waris kerajaan. Shabadaba memerintahkan pasukan militer untuk mencari dan membunuh mereka, tapi mereka berhasil menyelamatkan diri karena tantara yang masih setia kepada Raja.

Berlari dari kejaran pasukan, sampailah mereka di gua yang tersembunyi. Disana Michiru bertemu ayahnya yang masih hidup. Raja bisa bertahan sebentar, meski kemudian Michiru ditangkap oleh tiga ninja bayaran.

Tim ninja konoha dipimpin Kakashi Hatake berencana merebut kerajaan dan menyelamatkan Michiru. Naruto melawan Ishidate dan membantu Hikaru untuk menyelamatkan ayah Michiru dari tiang gantungan.

Ishidate marah dan berusah membunuh Naruto. Ishidate berhasil membuat Shabadaba menjadi batu. Naruto menyerang Ishidate dengan jurus Crescent Moon Rasengan.

Ishidate terpental dan menghancurkan Shabadaba yang telah menjadi batu. Setelah kematian Ishidate dan Shadabada, Michiru bisa mengambil alih tahta kerajaan dan memimpin negara.

4. Naruto Shippuden the Movie

Naruto The Movie Keempat

Naruto The Movie #4 (english-subtitles.club)

Inilah Naruto the movie keempat dan yang pertama yang di ambil berdasarkan Naruto Shippuden seri. Film ini dirilis di Jepang pada tanggal 4 Agustus 2007. Naruto Shippuden the Movie ditulis oleh Junki Takegami dan disutradarai oleh Hajime Kamegaki.

Bercerita tentang ninja, Yomi berambisi mengambil alih dunia. Yomi menghidupkan lagi jiwa makhluk jahat yaitu Mōryō. Yomi menjadikan tubuhnya sendiri sebagai media atau jasad tempat jiwa Mōryō.

Bersamaan dengan hal itu, Naruto memperoleh misi menyelamatkan gadis bernama Shion. Shion adalah pendeta yang lahir di Tanah Iblis dan mempunyai kemampuan meramal yang akurat.

Demi menghadapi ancaman dari Mōryō, Konoha mengirim tim pelindung untuk Shion. Shion menyegel Mōryō dengan lonceng yang diberikan ibunya Miroku.

Tim Naruto kemudian berhadapan dengan ninja kuat yang diperintahkan membunuh Shion. Naruto dan temannya berhasil mengalahkan ninja tersebut.

Tatkala Yomi sudah berada di dalam kuil tempat Mōryō, Naruto pun masuk ke dalam kuil untuk menyelamatkan Shion. Shion dan Naruto berhasil menyatukan chakra menjadi Super Chakra Rasengan.

Setelah kematian Mōryō, Shion berkata kepada Naruto bahwa dia akan melanjutkan garis keturunan pendeta, sehingga Mōryō lainnya tidak bisa muncul kembali.

5. Naruto Shippuden the Movie: Bonds

Naruto The Movie Kelima

Naruto The Movie #5 (madman.com.au)

Naruto the Movie kelima adalah seri kedua dalam Naruto Shippuden. Film ini dirilis 2 Agustus 2008 di Jepang. Bercerita tentang kelompok misterius, Sorra-Nin ninja langit.

Ninja langit muncul dengan keinginan untuk menghancurkan Konoha. Hal ini dikarenakan adanya dendam saat dulu dikalahkan oleh shinobi asal Konoha. Konoha pun mendapat serangan oleh Sorra-Nin.

Anak perempuan bernama Amaru datang ke Konoha memberitahu desanya mendapat serangan. Dia berupaya mencari gurunya yang saat itu berada di Konoha.

Naruto, Sakura, dan Shinno merupakan Sensei yang dicari oleh Amaru. Mereka kemudian menerima serangan akibatnya, Shinno guru Amaru tewas.

Naruto dan Sakura menemukan Amaru yang berbeda, ternyata Amaru anak yang di dalam dirinya terdapat monster kuat bernama Reibi. Monster ini muncul karena kegelapan hati manusia. Naruto dikuasai kekuatan Kyubi namun berhasil sadar.

Naruto dan Amaru berhasil masuk kapal musuh dan terkejut bertemu Shinno yang telah mereka duga meninggal. Ternyata Shinno adalah dalang dibalik penyerangan. Pada akhirnya, Naruto mengalahkannya dengan Tatsumaki Rasengan  dan bantuan Chidori dari Sasuke.

6. Naruto Shippuden the Movie: Inheritors of the Will of Fire

Film Naruto yang keenam ini dirilis pada 1 Agustus 2009 di Jepang. Film bercerita mengenai ninja dengan kemampuan kekkei genkai menghilang satu persatu. Anehnya, Konoha adalah satu-satunya desa yang tidak mengalaminya.

Semua desa mencurigai Konoha adalah dalang di balik insiden yang terjadi. Konoha berusaha membuktikan bahwa tidak bersalah demi menjaga perdamaian dunia ninja.

Belakangan diketahui pelakunya adalah Hiruko, ninja yang hilang dan teman lama dari tiga sannin yang legendaris. Hiruko mengembangkan teknik Chimera. Jutsu digunakan Hiruko agar jadi abadi. Hiruko memanfaatkan kekuatan gerhana matahari.

Target Hiroko yaitu Kekkei Genkai Kakashi. Hiruko mengaktifkan kutukannya pada Kakashi yang ternyata telah ditempatkan dalam tubuh Kakashi lebih dari 10 tahun yang lalu. Kakashi minta Tsunade mengijinkan dia untuk mengalahkan Hiruko.

Sebelum Kakashi pergi, dia meminta Tsunade menempatkan segel khusus kepadanya guna dapat memakai jutsu kamui ketika Hiruko menyerap dirinya. Tsunade mengumumkan Kakashi adalah ninja yang hilang meninggalkan desa dan menyerukan kepada penduduk desa agar menjauhinya. Mendengar kabar itu, Naruto dan Sakura pergi meninggalkan desa untuk mengejar dan menyelamatkan Kakashi.

Kakashi berjalan menuju kuil dan gerhana pun dimulai. Tiba-tiba Mangekyu Sharingan Kakashi aktif saat proses penyerapan berlangsung. Naruto menyelamatkan Kakashi namun Hiruko tetap karena mengeluarkan pancaran cakra yang besar sampai membuat sekitarnya hancur menjadi puing.

Hiruko kemudian memanggil Chimera. Naruto dan Kakashi bertarung dengan Hiruko namun serangan mereka dapat diserap dengan mudah. Naruto terus mencoba mengalahkan Hiruko dengan menyerang Hiruko dengan Jutsu Fūton: Rasenshuriken. Namun Hiruko gagal menyerapnya dan tewas. Semua ninja Konoha merayakan kemenangannya di Gunung Shumi.

7. Naruto Shippuden the Movie: The Lost Tower

Naruto The Movie Ketujuh

Naruto The Movie #7 (animeherald.com)

Film ini tayang pada 31 Juli 2010. Cerita bergulir ketika Yamato, Naruto, Sakura dan Sai ditugaskan untuk menangkap Mukade, ninja yang hilang.

Berangkat menuju reruntuhan bersejarah Rōran, Mukad melarikan diri ke masa lalu yang membawa serta Yamato dan Naruto. Tujuannya adalah untuk mengambil alih Lima Negara Besar Shinobi.

Naruto kemudian bertemu dengan Ratu Rōran, Sara. Hurizen Sarutobi sebagai Hokage, mengirim Minato, Shibi Aburame, Choza Akimichi, dan Kakashi untuk menjalankan misi.

Pertempuran terjadi dan Anrokuzan menjadi raksasa kuat. Tubuhnya kembali normal saat kena serangan, ini menyulitkan Naruto mengalahkannya. Saat Anrokuzan berhasil dikalahkan, Sara menonaktifkan energi Ryumyaku, sedangkan Minato segera menyegelnya.

Minato menyarankan kepada Naruto agar tidak mengubah sejarah. Naruto menyadari bahwa Minato merupakan bagian keluarga masa lalunya, Minato kemudian mengeluarkan jutsu guna mengembalikan Naruto dan Yamato.

8. Naruto Shippuden the Movie: Blood Prison

Naruto The Movie Kedelapan

Naruto The Movie #8 (animevsub.com)

Film kedelapan ini rilis di Jepang pada 30 Juli 2011. Bercerita mengenai ditangkapnya Naruto di bawah penahanan Hoozuki Jou.

Hal yang terjadi karena Naruto dinyatakan bertanggung jawab atas penyerangan Raikage keempat dan anggota Jōnin. Di dalam penjara, dia bertemu dengan Ryūzetsu. Ryūzetsu adalah seorang ninja perempuan yang menjelaskan bahwa Mui, kepala penjara memanfaatkan cakra Kyubi untuk melepas segel pada “Kotak Pencerahan”.

Ryūzetsu mengajak Naruto balas dendam karena teman masa kecilnya Muku, disegel di dalam kotak sepuluh tahun yang lalu. Naruto pun akan bekerja sama dengannya.

Mui membangkitkan dan melepas Muku dari kotak. Muku dirasuki oleh setan yang bernama Satori hingga dirinya menjadi raksasa dan terus mengamuk sampai melukai Mui.

Mui menyegel Muku dengan Tenrou sehingga Naruto mendapat kesempatan untuk menyerang. Muku kembali ke wujud manusia. Muku membunuh dirinya, sehingga menyebabkan Satori kembali terkurung di dalam kotak. Di akhir cerita, Killer Bee membuang kotak itu ke laut  dan kembali bersama Naruto, setelah mengubur Mui dan Ryūzetsu. Tsunade memberitahukan bahwa penangkapan Naruto itu adalah palsu dan hanya bertujuan sebagai latihan untuknya.

9. Road to Ninja: Naruto the Movie

Naruto The Movie Kesembilan

Naruto The Movie #9 (kanpai.fr)

Film kesembilan ini rilis di Jepang pada 28 Juli 2012. Ceritanya, Naruto dan Sakura dibawa ke dimensi yang kebalikan dari dunia nyata. Tobi anggota kriminal Akatsuki, membawa Naruto dan Sakura ke dimensi kebalikan dunia nyata.

Dalam dunia itu, semuanya jadi kebalikan dari biasanya di dunia nyata. Hari berikutnya, Naruto dan Sakura ikut dalam misi dipimpin Minato untuk mengambil gulungan bulan merah yang berisi cara mengalahkan seorang ninja bertopeng misterius.

Setelah berhasil dapatkan gulungan itu, pria bertopeng menangkap Sakura dan menjadikannya sandera kemudian menghancurkan desa Konoha. Naruto pergi dengan maksud menukar gulungan itu untuk membebaskan Sakura.

Naruto pun bertempur dengan pria bertopeng. Ternyata pria itu Menma asli, yang memiliki wajah mirip dengan Naruto. Naruto sadar Tobi mengendalikan Menma yang memiliki rubah ekor sembilan.

Naruto menggagalkan rencana Tobi dan menyelamatkan Menma dan kembali kepada Minato dan Kushina. Naruto dan Sakura kembali ke dunia nyata, Sakura meminta maaf dan bahagia sekali bertemu dengan orangtuanya. Guru Iruka yang menyambut Naruto pulang dengan kue ulang tahun.

10. The Last: Naruto the Movie

Naruto The Movie Kesepuluh

Naruto The Movie #10 (geekbomb.net)

Inilah film ke-10 dari rangkaian Naruto the Movie.  Dirilis pada 6 Desember 2014, kisah film ini mengangkat cerita ditahun setelah peristiwa perang dunia keempat Shinobi.

Kakashi Hatake telah menjadi Hokage keenam. Toneri Ōtsutsuki, keturunan Hamura, bertekad menghukum umat manusia yang menggunakan Cakra sebagai senjata permusuhan. Dia ingin menghancurkan bumi dengan cara menabrakannya dengan bulan.

Kage melakukan pertemuan darurat karena ancaman dari bulan, dimana terungkap bahwa bulan akan jatuh dari orbitnya menuju bumi. Sementara itu, diam-diam ada yang menyerang kediaman Hyūga, lalu menculik Hanabi, adik dari Hinata Hyuga.

Tertangkapnya Hanabi oleh Toneri, membuat Kakashi mengerahkan Naruto, Hinata, Sakura, Sai, dan Shikamaru untuk pergi dan menyelamatkannya. Untuk kelancaran memperhitungan waktu dalam menjalankan  misi, Shikamaru diberi jam khusus yang dimiliki hanya oleh lima Kage.

Sebenarnya target utama Toneri adalah Hinata, dia ingin menggunakan kekuatan mata byakugan untuk membangkitkan kekuatan Tenseigan. Setelah sampai di bulan, Hinata diculik dan dibawa Toneri. Toneri  dia berkata bahwa Hinata adalah Putri Byakugan dan mau menikahinya. Naruto menuju Toneri dan akan menyelamatkan Hinata.

Pertarungan antara Naruto dan Toneri sangat dasyat. Naruto dan Hinata berhasil menghancurkan pusat energi bersama-sama, namun ternyata dengan hancurnya sumber energi itu tidak membuat jam waktu di tangan Shikamaru berhenti dan tetap terus berjalan. Toneri membangkitkan monster batu besar, Naruto pun mengeluarkan Kurama untuk bertarung dengan monster batu. Naruto dan Kurama pun berhasil mengalahkan mereka. Sementara di bumi, waktu sepertinya sudah habis dan akan melakukan tembakan besar kearah bulan guna menyelamatkan bumi. Namun tidak terlaksana karena Kurama menuliskan pesan dari bulan bahwa misi telah selesai dan bumi terselamatkan.

11. Boruto: Naruto the Movie

Boruto adalah film Naruto yang ke-11, dirilis di Jepang pada 7 Agustus 2015. Saat pembukaan film, ditampilkan adegan pertarungan antara Saskuke Uchiha dengan musuh yang tidak diketahui di suatu tempat.

Dalam cerita ini, Naruto yang telah jadi Hokage Ketujuh dari Desa Konohagakure menikah dengan Hinata Hyuga, dan mereka memiliki dua anak, Boruto dan Himawari Uzumaki.

Dengan menjadi Hokage, Naruto sangat sibuk mengurusi kepentingan desa. Boruto kesal Karena Naruto hanya fokus pada tugas Hokage dibandingkan dengan keluarga.

Sasuke kembali ke Konoha untuk memperingatkan Naruto tentang musuh yang kuat yang ia temui. Boruto meminta Sasuke untuk melatihnya agar dapat melampaui ayahnya. Sasuke setuju namun dengan syarat bahwa Boruto harus menguasai jurus Rasengan yang dimiliki Naruto.

Boruto tergoda dengan rayuan untuk menggunakan alat yang menyimpan banyak jutsu ninja. Dalam ujian terakhir chunin, Naruto tahu kecurangan anaknya dan mendiskualifikasi Boruto. Disaat bersamaan, muncul dua sosok yang menyerang desa.

Sosok ini adalah Kinshiki Ōtsutsuki dan Momoshiki Ōtsutsuki. Mereka mencari cakra kyubi yang ada dalam tubuh Naruto untuk menjadi  kuat tak terkalahkan dan abadi.

Naruto The Movie Kesebelas

Naruto The Movie #11 (dealflicks.com)

Naruto mengorbankan dirinya untuk melindungi semua orang. Boruto bersedih dan sadar bahwa dirinya bersalah. Sasuke merasa Naruto masih ada dan berada dalam dimensi lain. Sasuke mengajak keempat kage untuk menyelamatkannya, Boruto memaksa untuk ikut bergabung mencari Naruto.

Dalam dimensi lain, Naruto terikat. Kemudian keempat kage bertarung dengan Kinshiki dan Naruto berhasil dilepaskan. Naruto dan Sasuke bertarung juga, namun Momoshiki merubah Kinshiki menjadi pil cakra dan menelannya. Momoshiki berubah menjadi wujud yang menyeramkan dan sangat kuat.

Naruto meminjamkan cakranya kepada Boruto untuk meningkatkan kekuatan Rasengannya sementara Sasuke mengalihkan perhatian dari Momoshiki cukup lama agar Boruto dapat membuat Rasengan raksasa. Rasengan Boruto sangatlah unik, ketika dilempar kemudian menghilang tak terlihat. Kemampuan ini mengelabui Momoshiki dan berhasil dihancurkan. Setelah itu, Boruto meminta maaf  kepada ayahnya dan berjanji akan menjadi ninja yang akan melindungi desa juga.

Mungkin ulasan tentang Naruto the Movie ini bisa mengobati kerinduan penggemar serial manga ini. Jika ingin bernostalgia kembali mengingat tokoh Naruto, kamu masih bisa menyaksikan filmnya secara online. Dari ke-11 movie di atas, mana yang menjadi favoritmu?

Add Comment