Inilah 7 Anime Olahraga Super Keren Yang Harus Kamu Tonton

Sebagai negeri sejuta anime, Jepang tidak hanya berhasil membuat banyak anime keren yang laris di pasaran, namun mereka bahkan bisa membuat anime-anime dengan tema tidak biasa menjadi sukses dan disukai banyak orang. Bagi pencinta anime di Indonesia, tentu pernah menonton anime dengan tema-tema unik, seperti anime memasak, anime pertarungan gasing, anime pertarungan mobil Tamiya, anime tentang kisah hidup komikus dan berbagai tema unik lainnya.

Nonton Anime Keren Terbaik, Dash! Yonkuro

Tamiya Yang Populer Lewat Anime Dash! Yonkuro

Dari berbagai anime tersebut, salah satu tema yang banyak varian uniknya adalah tema olahraga. Bagi para mangaka dan animator Jepang, tema mainstream ala film Hollywood seperti sepakbola, balap mobil, basket, american football, atau tinju mungkin sudah dirasa membosankan. Sehingga lahirlah anime olahraga super keren dengan tema unik seperti berikut:

1. The Prince of Tennis

Anime yang merupakan adaptasi dari komik dengan judul sama ini sempat sangat populer baik di Jepang maupun di luar Jepang. The Prince of Tennis menceritakan tentang Ryoma Echizen, seorang pelajar yang juga ahli dalam olahraga tenis.

Anime Keren Terbaik Bertema Sport, The Prince of Tennis

Ryoma, Jago Tenis Sejak Kecil

Ryoma bersekolah di Seishun Gakuen, sebuah sekolah swasta yang terkenal karena ekskul tenisnya yang memiliki banyak pemain berbakat. Walau begitu, tak butuh waktu lama bagi Ryoma untuk mengalahkan beberapa pemain berbakat tersebut dan menjadikannya salah satu anggota dari tim utama tenis Seishun Gakuen.

Anime Keren Tentang Menjadi Petenis Terbaik

Karakter Dalam The Prince of Tennis

Pihak Jump, yang telah menerbitkan manga The Prince of Tennis menyampaikan bahwa kisah manga maupun anime yang sudah beredar hingga saat ini hanyalah merupakan prolog dan kisah perjuangan Ryoma menjadi atlet tenis terhebat. Hal tersebut menandakan bahwa petualangan Ryoma di dunia tenis baru saja dimulai.

2. Free!

Free! adalah serial anime televisi di Jepang yang bercerita tentang serunya kompetisi renang tingkat SMA. Inti cerita adalah tentang 4 orang sahabat sejak SD, Haruka, Makoto, Nagisa dan Rin yang merupakan tim renang disegani dan berhasil memenangkan turnamen renang bersama-sama. Keempatnya sempat terpisah saat lulus SD untuk berkumpul kembali ketika SMA.

Reuni mereka dibuka dengan pertandingan renang antara Rin dan Haruka yang dimenangkan oleh Rin. Walau menang, Rin yang bersekolah di Australia menyadari bahwa kemenangannya atas Haruka disebabkan kondisi Haruka yang tidak fit dan sudah lama tidak berlatih. Rin kemudian menantang Haruka kembali dalam kompetisi renang. Haruka, Makoto, Nagisa dan anggota baru mereka, Rei lalu membentuk klub renang SMA Iwatobi untuk menghadapi kompetisi dengan Rin.

Anime Keren Terbaik Bergenre Renang

Klub Renang SMA Iwatobi dan Rin

Walau anime ini menampilkan keseruan kisah lewat kompetisi renang, namun sepertinya tidak cocok untuk ditonton oleh anak-anak, karena banyaknya penggambaran pakaian renang dan bikini yang sexy.

3. Haikyuu!!

Merupakan salah satu olahraga yang rutin dimainkan siswa sekolah di Indonesia, olahraga voli pada faktanya bukanlah tema yang menarik untuk diangkat ke layar kaca. Namun bila kamu menonton anime Haikyuu!! pendapat itu bisa jadi akan berubah.

Anime Keren Tentang Perebutan Atlet Voli Terbaik

Pertandingan Voli Antar SMA di Gowa

Haikyuu!! adalah anime tentang olahraga voli yang bercerita tentang Shoyo Hinata, seorang siswa SMP yang mencintai olahraga voli setelah melihat pertandingan nasional di televisi. Walaupun bertubuh pendek, Shoyo Hinata memiliki tekad kuat untuk menjadi bintang olahraga voli, mengikuti jejak pemain (bertubuh pendek) idolanya yang dijuluki “Little Giant”.

Anime Keren Terbaik Olahraga Voli, Haikyuu!!

Karakter Dalam Anime Haikyuu!!

Dalam perjalanan mencapai mimpinya menjadi atlet voli terbaik, Hinata kemudian bertemu dengan rival sekaligus mitranya dalam tim voli, Tobie Kageyama yang dijuluki “King of The Court”. Kageyama yang pada mulanya adalah pesaing Hinata di level SMP, kemudian menjadi satu tim dengannya di level SMA. Namun hal itu tidak mengubah tekad Hinata untuk mengalahkan dan menjadi lebih baik dari Kageyama.

Anime Keren Tentang Atlet Volie Terbaik

Rivalitas Menjadi Yang Terbaik

4. Air Gear

Anime ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul sama yang memenangkan Kodansha Manga Award tahun 2006 kategori komik cowok terbaik. Anime ini mengupas tentang olahraga Air Treks yang merupakan pengembangan dari inline skates (di Indonesia lebih dikenal dengan roller blades). Namun kompetisi di dalam anime Air Gear lebih banyak merupakan kompetisi tak resmi alias underground, melibatkan berbagai kelompok pengguna Air Treks yang lebih mirip sebagai geng dibanding atlet.

Anime Keren Terbaik Tentang Roller Blades

Roller Blades Yang Digunakan Dalam Air Gear

Cerita anime ini berkisah tentang seorang remaja bernama Itsuki Minami yang juga dijuluki Ikki alias gagak. Sejak kecil Ikki dirawat oleh keempat kakak perempuannya, yang juga merupakan bagian dari geng Air Treks (A-T) terkenal dan disegani yang bernama “Sleeping Forest”.

Anime Keren Terbaik, Air Gear

Itsuki “Ikki” Minami, Tokoh Utama Anime Air Gear

Ketika Ikki mengetahui kenyataan tentang keempat kakak perempuannya, obsesinya terhadap A-T semakin menjadi. Terlebih setelah dia tahu cara mengontrol angin dan ‘terbang’ dengan A-T, tekad Ikki untuk menjadi Wind King (penguasa angin) makin menguat. Tekad yang membuatnya membentuk tim A-T bersama 4 temannya, yang diberi nama “Kogarasumaru”.

BACA JUGA  Inilah 6 Film Anime One Piece Terlaris yang Wajib Kamu Tonton!

5. Yowamushi Pedal

Siapa yang tidak suka bersepeda? Selain sebagai olahraga, bersepeda juga dapat menjadi sarana rekreasi yang menyenangkan. Hal itulah yang coba diangkat sebagai tema dalam anime Yowamushi Pedal, balap sepeda.

Anime Keren Terbaik Tentang Balap Sepeda

Imaizumi, Onoda dan Naruko

Anime ini bercerita tentang Sakamichi Onoda, seorang otaku yang baru mulai menempuh pendidikannya di SMA. Tidak menemukan teman dengan hobi sama saat SMP, Onoda kemudian berusaha menemukan teman-teman baru sesama otaku di SMA Sohoku, tempatnya menuntut ilmu. Sayang, ekskul anime yang diikutinya ternyata ditutup karena hanya memiliki anggota yang sedikit. Agar ekskul itu dibuka kembali, Onoda harus bisa menemukan 4 orang lagi yang mau bergabung di dalamnya.

Anime Keren Tentang Menjadi Pebalap Sepeda Terbaik

Mamachari yang Biasa Digunakan Onoda

Dalam perjuangan menemukan anggota baru itulah, Onoda yang dalam kesehariannya menggunakan mamachari (seperti sepeda onthel di Indonesia), malah mengundang perhatian rekan sekolahnya yang juga adalah pesepeda handal, Shunsuke Imaizumi. Imaizumi dan siswa lainnya, Shokichi Naruko kemudian malah berusaha mengajak Onoda bergabung dalam ekskul sepeda di sekolah. Ajakan yang membuat Onoda sulit menentukan pilihan antara menjadi otaku atau pesepeda handal.

6. Ping Pong The Animation

Tenis meja alias ping pong adalah termasuk olahraga merakyat selain bulu tangkis dan sepakbola. Tidak sedikit lingkungan RW yang menyediakan meja ping pong sebagai sarana bercengkrama antar warga. Karena itu anime dengan genre ping pong tentunya akan cocok dengan keseharian penonton Indonesia.

Anime Keren Tentang Ping Pong

Ping Pong di Antapani Residence, Bandung by @windykaugust

Anime ini menceritakan tentang dua sahabat, Yutaka Hoshino (Peco) dan Makoto Tsukimoto (Smile), yang sama-sama memiliki bakat dalam permainan ping pong. Peco dan Smile memiliki kepribadian yang berbeda, Peco adalah pemuda periang dan gaul, sedangkan Smile cenderung pendiam dan tertutup. Kepribadian itulah yang membuat Smile selalu mengalah ketika bertanding ping pong melawan Peco, membuat Peco percaya diri bahwa dia adalah pemain ping pong yang hebat.

Anime Ping pong Terbaik

Smile dan Peco Bertanding Menjadi yang Terbaik

Kepercayaan diri Peco itu kemudian hancur ketika dia beberapa kali kalah dalam pertandingan. Peco pun memutuskan untuk berhenti berlatih ping pong. Di sisi lain, Coach Jo, pelatih ping pong di SMA Katase, melihat bakat terpendam dalam diri Smile dan menyadari bahwa Smile lebih berbakat dibandingkan Peco. Coach Jo kemudian berusaha memotivasi Smile untuk bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

BACA JUGA  6 Inspirasi Cinta Dalam Kisah Naruto dan Hinata

7. Hikaru no Go

Anime ini sempat membuat olahraga Go digandrungi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Go adalah olahraga semacam catur, dengan papan dan biji go yang terdiri dari 2 warna, hitam dan putih. Go merupakan olahraga yang berasal dari China dan telah dikenal sejak 2500 tahun yang lampau.

Anime Keren tentang Olahraga Go

Papan Go 9×9

Bagi mereka yang pertama kali melihatnya, sepintas Go mirip dengan Othello, namun ternyata secara permainan sangat berbeda. Biji Othello terdiri dari dua sisi, satu sisi berwarna putih dan sisi lain berwarna hitam, sedangkan biji Go hanya memiliki satu warna saja, hitam atau putih.

Anime Keren Tentang Go yang Mirip Othello

Othello Yang Berbeda Dari Go

Kisah Hikaru no Go menceritakan tentang Hikaru Shindo yang menemukan sebuah papan Go dalam tumpukan barang bekas kakeknya. Di papan tersebut ternyata bersemayam jiwa Fujiwara no Sai, seorang mantan guru Go kaisar Jepang, yang hidup pada masa Heian (sekitar tahun 794 – 1185). Sai tidak bisa pergi ke nirwana sebelum menuntaskan hasratnya untuk menguasai Kami no Itte, langkah dewa yang memungkinkan seorang pemain Go mengubah kondisinya yang terdesak menjadi pemenang.

Karakter dalam Anime Terbaik tentang Go

Akira Toya dan Hikaru Shindo

Demi membantu Sai, Hikaru yang pada mulanya sama sekali tak tertarik pada Go, kemudian mulai bermain Go. Hikaru akan menjalankan langkah-langkah yang diperintahkan oleh Sai dalam setiap permainan Go. Cara itu terbukti berhasil membuat Hikaru mengalahkan Akira Toya, seorang pemain Go professional di usia yang sangat muda. Dikalahkan oleh Hikaru yang bahkan cara memegang biji go-nya masih salah, Akira menjadi penasaran dan sangat terobsesi untuk mengalahkan Hikaru.

Itulah ketujuh anime olahraga yang sangat sayang jika kamu lewatkan. Mangaka dan animator Jepang telah membuktikan, bahwa tidak hanya anime bergenre action atau ninja dan samurai yang menarik untuk ditonton, tapi juga anime genre olahraga. Bila kamu merasa bosan dengan anime berantem ala Naruto atau Bleach, cobalah tonton ketujuh anime di atas.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, ges-sa.com, tamiya.com, zerochan.net, gamescrafters.berkeley.edu, technewz.co, juragan-anime.net, makassar.tribunnews.com, septiayu96.wordpress

7 Comments

  1. Asop November 19, 2015
  2. Razoub Ramadhan May 7, 2016
    • Alabn May 9, 2016
  3. mr. Z May 25, 2016
    • Alabn May 25, 2016
  4. R July 21, 2016
  5. Bononx October 10, 2016

Add Comment