One Punch Man, Gambar Iseng Yang Menembus Anime Jepang

Kamu punya cita-cita jadi komikus? Punya ide cerita tapi gak pede karena gambarmu jelek? Jangan putus asa dulu. Kalau kamu tahu bagaimana perjalanan One Punch Man, sebuah manga iseng yang bisa menembus anime Jepang, tentu rasa percaya dirimu akan tumbuh.

Gambar Saitama dari Anime Jepang

Saitama, Tokoh Utama One Punch Man (youtube.com)

Bermula Dari Web Pribadi

Pada awalnya One Punch Man adalah komik iseng yang dibuat oleh seseorang dengan nickname One dan dipublikasikan melalui web pribadinya. Webcomic tokoh parodi dari Anpanman, karakter superhero anak-anak Jepang ini ternyata disukai pembaca. Sejak kemunculan perdana di tahun 2009, hingga bulan Juni 2012, komik Wanpanman (plesetan nama One Punch Man, mirip dengan Anpanman) telah menembus 7,9 juta hits, menandakan betapa viralnya komik tersebut.

Konsistensi One dalam mengupdate One Punch Man secara rutin, menjadi salah satu poin penting yang membuatnya memiliki pembaca setia. Karena bersifat parodi, nilai utama dari komik One Punch Man adalah unsur humornya. Bercerita tentang sebuah dunia yang menghadapi serangan monster-monster aneh, One Punch Man yang merupakan julukan dari Saitama, muncul sebagai superhero kuat yang dapat mengalahkan musuhnya hanya dengan satu pukulan.

Bila melihat ceritanya yang tidak terlalu rumit, serta gambar One yang bagi sebagian orang terlihat biasa saja, mungkin tidak akan ada yang menyangka kalau One Punch Man akan menjadi manga sukses. Tapi memang selera pembaca yang akhirnya berbicara. Jumlah hits yang luar biasa kemudian mengundang ketertarikan seorang mangaka profesional untuk membaca One Punch Man, Yusuke Murata.

Dipublikasikan Young Jump Web Comics

Melihat betapa viralnya One Punch Man, Yusuke Murata yang juga merupakan mangaka Eyeshield 21 kemudian menghubungi One dan menawarkan diri untuk menggambar ulang komiknya. Inilah titik balik dari webcomic One Punch Man, juga titik balik karir One sendiri.

Gambar Asli Anime Jepang, One Punch Man

Gambar Asli One vs Gambar Yusuke Murata (maguzz.com)

Versi digital dari manga One Punch Man yang digambar oleh Murata, dirilis pada Juni 2012 dalam Young Jump Web Comics, lini publikasi digital dari Weekly Young Jump. Kurang dari setahun kemudian, pada Januari 2013 serial One Punch Man menembus pasar Amerika dan dipublikasikan secara digital oleh Weekly Shonen Jump, dilanjutkan dengan penerbitan versi cetaknya pada bulan September 2015.

Tidak hanya dalam menggarap One Punch Man, kerjasama Yusuke Murata dan One berlanjut dalam pembuatan komik Doto no Yushatachi (2012), Dangan Tenshi Fan Club (2012) dan Gokiburi Buster (2015).

Gambar Manga Jepang, Mob Psycho 100

Mob Psycho 100 (urasunday.jugem.jp)

Reputasi One sebagai mangaka semakin meningkat ketika karyanya sendiri kemudian diterbitkan secara online dalam Weekly Shonen Sunday Web Comics. Karya berjudul Mob Psycho 100 yang merupakan manga horor komedi itu telah terbit sebanyak 8 volume dan masih berjalan hingga sekarang.

Animenya Ditayangkan TV Tokyo, Jepang

Anime One Punch Man ditayangkan perdana di TV Tokyo pada 5 Oktober 2015 dan direncanakan akan dibuat sebanyak 12 episode. Enam judul OVA (Original Video Animation) dari One Punch Man juga sudah direncanakan untuk dirilis, dimulai pada penayangan episode kesepuluh dari animenya, pada 4 Desember 2015.

Versi animenya dikerjakan oleh Studio Madhouse, dengan disutradarai oleh Chikashi Kubota dan soundtracknya dibuat oleh Makoto Miyazaki. Studio Madhouse telah dikenal dengan karya-karyanya yang fenomenal, seperti anime Death Note, Cardcaptor Sakura, Beyblade dan anime adaptasi Hunter x Hunter pada tahun 2011.

Gimana? Masih merasa tidak pede dengan gambarmu? Bila kamu merasa bahwa gambarmu lebih bagus daripada gambar One, mulailah buat komikmu sendiri hari ini. Kamu bisa mempelajari strategi mempublikasikan komikmu di sosial media dalam link ini. Atau kalau kamu masih bingung mau menggambar mulai dari mana, simak caranya di sini.

Intinya, jangan pernah ragu untuk berkarya. Siapa tahu kamu adalah One berikutnya.

Add Comment