Osamu Tezuka, Bapak Komik Jepang

Saat ini mungkin tidak ada yang tak mengenal komik jepang (manga). Sejak era Kungfu Boy, Dragon Ball hingga sekarang Naruto dan One Piece, komik jepang merajai toko-toko buku besar di Indonesia. Namun adakah yang tahu bahwa style komik jepang kontemporer dengan bola mata besarnya adalah hasil inspirasi dari seorang komikus (mangaka)? Dialah Osamu Tezuka yang juga dikenal sebagai Bapak Komik Jepang.

Bapak Manga Jepang

Osamu Tezuka

Osamu Tezuka yang lahir pada 3 November 1928, adalah seorang komikus Jepang, animator, produser film dan aktivis. Dilahirkan di Prefektur Osaka, karya-karyanya yang produktif, teknik-teknik inovatifnya dalam membuat komik dan genre komiknya yang ‘di luar kebiasaan’ membuatnya mendapat julukan The Godfather of Manga (Bapak Manga) atau Kamisama of Manga (Dewa Manga). Karya-karyanya sering disejajarkan dengan Walt Disney, komikus dan animator Amerika yang juga diidolakan Osamu Tezuka.

Tezuka kecil yang dijuluki sebagai gashagasha-atama yang berarti kepala berantakan karena sering terlihat kumal, adalah keturunan langsung dari Hattori Hanzo, seorang ninja legendaris pengabdi Tokugawa Ieyasu. Sejak kelas 2 SD, Tezuka mulai suka membuat komik, namun sakit yang dideritanya saat kecil kemudian membuatnya bercita-cita menjadi dokter. Saat sedang menjadi mahasiswa kedokteran itulah, Tezuka gamang memilih apakah akan menjadi full-time komikus atau menjadi dokter. Hingga saat Perang Dunia II, Tezuka disadarkan bahwa dia bisa membuat perubahan lewat komik, kemudian lahirlah komik pertamanya di usia 17 tahun, Diary of Ma-chan.

Karya Komik Pertama Tezuka

Diary of Ma-chan

Walau telah melahirkan komiknya sendiri, masa depan komikus yang tampak tidak seindah menjadi dokter, masih membuat Tezuka gamang. Setelah meminta pendapat ibunya, Tezuka mendapatkan jawaban yang memantapkan karirnya, “Kau harus melakukan pekerjaan yang paling kau sukai,” Tezuka mantap menjadi komikus. Akhirnya walau Tezuka tetap lulus dari Universitas Osaka dan memperoleh gelar kedokteran, dia lebih memilih berkarya di dunia komik daripada menjadi dokter. Karya-karya Tezuka mengawali zaman keemasan komik jepang (manga) hingga sekarang, mengalahkan komik Amerika yang sempat populer juga di Jepang.

BACA JUGA  Manga Jepang, Komik Amerika dan Genre Homoseksual
Salah Satu Komik Karya Tezuka

Astro Boy (Atom Boy)

Beberapa karya Tezuka yang menjadi hits adalah Astro Boy (Atom Boy), Kimba the White Lion, Buddha, Black Jack, Princess Knight dan Message to Adolf (Hitler). Selama hidupnya Tezuka telah menjadi pembimbing banyak komikus, di antaranya adalah Go Nagai, pembuat Mazinger dan Mazinkaiser, serta Shotaro Ishinomori, bapak dari kamen rider dan super sentai. Akira Toriyama, pembuat Dragon Ball juga pernah mengungkapkan dalam wawancara dengan Shonen Jump, bahwa komik-komiknya banyak terinspirasi dari karya Tezuka. Pada tahun 2003, Naoki Urasawa dan Takashi Nagasaki membuat ulang komik Astro Boy (Atom Boy) dalam format lebih serius dengan judul Pluto.

Karya Urasawa Naoki

Pluto, adaptasi dari Astro Boy

Pada tahun 1959, Osamu Tezuka menikah dengan Etsuko Okada dan dikaruniai 3 orang anak. Pernikahan itu menyemangatinya untuk mendirikan Osamu Tezuka Production Animation Department (Mushi Production) pada tahun 1961, untuk kemudian menjadi Tezuka Productions Co. Ltd. yang didirikan pada 1968. Kini rumah produksi tersebut dijalankan oleh anak laki-laki Tezuka, Macoto Tezuka.

Osamu Tezuka meninggal karena kanker lambung pada 9 Februari 1989 di Tokyo. Kata-kata terakhirnya dipercaya sebagai, “Aku mohon padamu (penyakitku), biarkan aku bekerja!” Selama hidupnya Tezuka telah menyelesaikan sekitar 700 episode komik dengan lebih dari 150.000 halaman. Sepeninggal Tezuka, sebuah museum didirikan untuknya di kota Takarazuka, Hyogo, kemudian pada tahun 1997 sebuah perangko dibuat dengan gambar dirinya untuk menghormati jasa Tezuka dalam perkembangan komik jepang. Ciri khas komik jepang berupa bentuk mata besar, diakui merupakan salah satu penemuan Osamu Tezuka dalam dunia komik.

Dibuat untuk Menghormati Tezuka

Museum Komik Osamu Tezuka

Sumber tulisan dan gambar: Wikipedia, imdb.com, darkhorse.com, tezukaosamu.net

Add Comment