Stan Lee, Bapak dari Ratusan Tokoh Komik Marvel

Stan Lee dan Marvel

Father of Marvel Comics (hipdaily.com)

Stan Lee terlahir pada 28 Desember 1922 dengan nama Stanley Martin Lieber. Big boss dari Marvel Comics ini juga piawai menjadi penulis buku, editor, penerbit, produser, bahkan aktor. Stanley muda memulai karirnya dalam dunia komik dengan menjadi asisten di Timely Comics (cikal bakal Marvel Comics) pada tahun 1939, salah satu tugasnya ketika itu adalah mengisi wadah tinta bagi para komikus, sungguh membosankan. Lalu pada tahun 1941 Stanley memulai debutnya di dunia komik dengan menjadi pengisi teks pada komik Captain America, saat itulah nama samaran Stan Lee pertama kali diperkenalkan.

Stan Lee sering disebut sebagai “The Father of Marvel” karena dianggap berjasa memimpin ekspansi Marvel Comics dari divisi kecil sebuah perusahaan penerbit menjadi sebuah perusahaan multimedia raksasa. Selama karirnya, Stan Lee pernah bekerjasama dengan beberapa komikus, terutama Jack Kirby dan Steve Ditko, untuk melahirkan banyak karakter komik. Berikut adalah 9 di antaranya:

1. Black Widow (Natasha Romanoff)

Natasha Romanoff, Tokoh Komik Amerika

Black Widow (fresher.ru)

Dalam seri Marvel, terdapat beberapa versi karakter Black Widow dan Stan Lee terlibat dalam pembuatan versi Black Widow yang merupakan alias dari Natalia Alianovna “Natasha” Romanova, juga dikenal sebagai Natasha Romanoff. Karakter ini pertama kali diperkenalkan sebagai mata-mata Rusia, antagonis dari superhero Iron Man (dalam komik Tales of Suspense #52 di tahun 1964). Dia kemudian membelot ke Amerika Serikat, menjadi tokoh protagonis yang juga agen mata-mata SHIELD dan anggota tim superhero Avengers.

2. Cyclops

Cyclops dari X-Men

Cyclops (xmenmovies.wikia.com)

Cyclops merupakan salah satu pendiri grup superhero mutant X-Men, karakternya pertama kali muncul dalam buku komik X-Men #1 (September 1963). Kekuatan Cyclops adalah dapat memancarkan sinar yang kuat dari energi pada matanya, namun dia tidak bisa mengendalikan kekuatan itu tanpa bantuan kacamata khusus yang dipakainya setiap saat. Cyclops disebut juga sebagai anggota pertama X-Men, serta salah satu pemimpin utama tim.

BACA JUGA  3 Mangaka Ini Adalah Sumber Inspirasi Komik Bleach, Siapakah Mereka?

3. Daredevil

Daredevil Karya Stan Lee

Daredevil (themarysue.com)

Daredevil pertama kali muncul di komik Daredevil #1 (April 1964). Daredevil adalah alias dari Matt Murdock yang dibutakan oleh zat radioaktif. Walau tidak bisa melihat, radioaktif tersebut kemudian mempertinggi kemampuan indra Matt yang tersisa selain penglihatannya. Ayahnya, seorang petinju bernama Jack Murdock, dibunuh oleh gangster setelah menolak untuk mengalah dalam sebuah pertandingan tinju. Matt kemudian berusaha membalas dendam pembunuh ayahnya dengan menjadi Daredevil. Di antara musuh besarnya adalah Bullseye dan Kingpin. Daredevil juga dijuluki sebagai “The Man Without Fear”.

4. Fantastic Four

Tokoh Komik Marvel, Fantastic Four

Fantastic Four (screenrant.com)

Fantastic Four adalah tim superhero pertama yang dibuat oleh Stan Lee. Beranggotakan Mr Fantastic (Reed Richards), Invisible Woman (Susan “Sue” Storm), Human Torch (Johnny Storm) dan The Thing (Ben Grimm), tim superhero ini memulai debutnya di The Fantastic Four #1 (November 1961). Di antara musuh besar Fantastic Four adalah Dr Doom, Galactus dan Silver Surfer.

5. Hulk

Hulk Karya Stan Lee

The Incredible Hulk (techenet.com)

Hulk pertama kali muncul sebagai raksasa abu-abu (bukan hijau) dalam komik The Incredible Hulk #1 (Mei 1962). Hulk adalah perwujudan dari Bruce Banner, seorang ahli fisika yang terkena radiasi sinar gamma, yang membuatnya akan berubah menjadi makhluk besar ketika marah. Masa kecil Bruce Banner yang diwarnai oleh KDRT sang ayah, Brian Banner terhadap ibunya, turut andil dalam membentuk karakternya yang mudah marah.

6. Iron Man

Iron Man, Salah Satu Karya Stan Lee

Iron Man (cinemascomics.com)

Tony Stark adalah seorang miliarder yang juga playboy, industrialis dan ilmuwan jenius. Dalam sebuah penculikan, Tony Stark sebagai korban kemudian menderita cedera dada yang parah. Para penculik memaksanya untuk membuat senjata pemusnah massal, namun Tony malah menciptakan baju besi elektronik untuk membantunya melarikan diri dari tempatnya disekap. Stark lalu mengembangkan desain baju besi itu menjadi lebih dari 50 model melalui perusahaannya, Stark Industries dan menciptakan Iron Man. Iron Man adalah salah satu pendiri sekaligus anggota grup superhero Avengers dan kemunculan perdananya adalah dalam komik Tales of Suspense #39 (1963).

BACA JUGA  Komik Indonesia Masa Kini, di Mata Beng Rahadian

7. Spiderman

Spiderman Karya Stan Lee

Spiderman (nerdist.com)

Peter Parker adalah anak yatim-piatu yang dibesarkan oleh Paman Ben dan Bibi May. Peter yang kemudian digigit oleh laba-laba beradioaktif, bermutasi menjadi sosok pahlawan super pemanjat dinding yang dikenal sebagai Spiderman. Saat awal kemunculannya di komik Amazing Fantasy #15 (Agustus 1962), sosok Spiderman mencoba mendobrak mainstream komik saat itu, bahwa remaja superhero adalah menjadi pendamping (side-kick) dari superhero dewasa (contohnya Robin yang merupakan pendamping Batman).

Peter Parker remaja kemudian menjadi salah satu tokoh komik unggulan dari serial Marvel. Bahkan beberapa versi Spiderman lain yang ditampilkan oleh Marvel, tidak pernah bisa melebihi kepopuleran Peter Parker. Spiderman sendiri pernah dikisahkan bergabung bersama Fantastic Four dan Avengers, namun penampilannya sebagai superhero yang bertarung sendirian, lebih disukai para fans.

8. Thor

God of Thunder

Thor (ironman.wikia.com)

Thor merupakan tokoh superhero adaptasi dari mitologi Nordik (Viking), di mana Thor merupakan anak dari dewa Odin dan Jord, seorang raksasa perempuan. Dalam serial Marvel, Thor yang memulai debutnya di komik Journey into Mystery #83 (Agustus 1962) merupakan dewa petir Asgard yang memiliki palu bernama Mjolnir. Sebagaimana Iron Man, Thor juga termasuk salah satu pendiri Avengers.

9. Professor X

Charles Xavier adalah merupakan pendiri dan pemimpin sekolah para mutant, X-Men. Menjadi lumpuh saat muda, Charles Xavier yang dikenal sebagai Professor X adalah salah satu mutant dengan kemampuan telepati terkuat. Xavier berjuang untuk perdamaian dan kesetaraan antara manusia dan mutant di dunia di mana kebencian terhadap para mutant tersebar luas. Sejak kemunculan perdananya di komik The X-Men #1 (September 1963), Professor X sering dianalogikan dengan Martin Luther King, Jr yang berjuang untuk kesetaraan hak-hak sipil kulit hitam lewat jalur diplomatis dan damai.

Film Amerika, X-Men: Days of Future Past

Professor X (moviemovie.com.tw)

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, metalsucks.net, huffingtonpost.com

Add Comment