Suka Nonton Anime? Simak Dulu List 20 Anime Terbaik Ini

Umumnya kesuksesan sebuah komik jepang akan diikuti dengan kemunculan animenya. Anime sendiri dikenal sebagai istilah untuk produksi film kartun atau animasi khas japanese, sedangkan penggunaan istilah anime untuk produksi di luar Jepang, seperti Battle of Surabaya di Indo nesia misalnya, masih diperdebatkan. Bagi para penggemarnya, perdebatan lebih banyak terjadi membahas mana yang lebih baik antara manga atau anime dari satu judul yang sama, atau perdebatan tentang manakah anime terbaik dari yang tengah beredar.

Sejarah Anime Jepang

Oten Shimokawa disebut sebagai orang pertama yang memproduksi anime dan menyebarluaskannya pada tahun 1917. Karyanya berjudul Imokawa Mukozo The Doorman (Imokawa Mukozo si Penjaga Pintu) diakui secara luas sebagai karya anime pertama, walau kemudian terjadi perdebatan karena ditemukan sebuah karya anime 3 detik dalam pita seluloid berisi 50 gambar, yang dipercaya diproduksi antara tahun 1907 atau 1911, menceritakan tentang seorang anak laki-laki berseragam pelaut yang menuliskan Katsudo Shashin (gambar bergerak) kemudian membalikkan badan dan melambaikan topinya. Karena siapa pembuat Katsudo Shashin tidak diketahui, karya itu urung dianggap sebagai anime pertama.

Karakter dan style anime yang dikenal banyak orang saat ini, dibuat dan diperkenalkan pertama kali oleh Osamu Tezuka, bapak komik Jepang. Ciri khas komik dan anime jepang berupa bentuk mata besar, diakui merupakan salah satu penemuan Osamu Tezuka pada tahun 60an yang kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia pada akhir abad ke-20.

Bapak Komik Jepang

Osamu Tezuka Muda

Hingga saat ini terdapat lebih dari 400 studio produksi anime di Jepang dengan 3 terbesar di antaranya adalah Studio Ghibli, Gainax, dan Toei Animation. Anime juga telah diproduksi dalam berbagai bahasa dan beberapa studio produksi luar Jepang pun mulai membuat karya dengan style seperti anime, contoh teranyar adalah Battle of Surabaya yang diproduksi di Indonesia.

20 Anime Jepang Terbaik

Dalam menentukan sebuah anime adalah terbaik atau bukan, tentunya melibatkan banyak faktor, kadang subyektivitas dan selera bisa berpengaruh. Karenanya list 20 Anime Jepang Terbaik ini pun mungkin debatable, disebabkan ada ribuan jumlah anime yang telah beredar dengan berbagai genre. Ada yang suka nonton anime action, ada yang romantis, ada yang suka komedi, ada yang suka horror dan thriller, ada yang suka sport atau bahkan menyukai anime xxx. Terlepas dari itu semua, inilah list 20 Anime Jepang Terbaik yang terangkum dari beberapa sumber:

20. Great Teacher Onizuka (GTO)

Anime Terbaik ke-20

Onizuka dan Murid-muridnya (aminoapps.com)

Dibuat oleh Tohru Fujisawa, seri awal manga Great Teacher Onizuka terbit dalam rentang waktu Mei 1997 sampai April 2002. GTO telah memenangkan beberapa penghargaan salah satunya mendapatkan Kodansha Manga Award pada tahun 1998. 43 episode anime GTO kemudian ditayangkan di Jepang lewat channel Fuji Television dan Animax, penayangannya berlangsung pada Juni 1999 hingga September 2000. Penayangan animenya di Amerika Utara dilakukan dengan bendera Tokyopop.

Popularitas Great Teacher Onizuka membuatnya ditayangkan dalam serial televisi Jepang (dorama) pada tahun 1998, untuk kemudian disusul dengan live action movie pada tahun 2012. Onizuka versi dorama diperankan oleh Takashi Sorimachi, sedangkan versi live action movie diperankan oleh Ryohei “Akira” Kurosawa.

Anime Terbaik Jepang

Live Action Great Teacher Onizuka (mdpr.jp)

GTO menceritakan tentang seorang mantan anggota geng motor (bosozoku) berusia 22 tahun bernama Eikichi Onizuka yang menjadi guru di sekolah menengah swasta, Holy Forest Academy di Tokyo. Awalnya Onizuka tidak pernah berpikir untuk menjadi guru, sampai ketika seorang gadis yang baru ditemuinya dan diajak kencan, bersedia lompat dari lantai 2 untuk mendarat dalam pelukan seorang lelaki tua tidak menarik, yang ternyata adalah guru si gadis! Kenyataan itu membuat Onizuka terpesona dengan karisma yang dimiliki para guru terhadap siswi-siswinya, berbekal sertifikat mengajar (yang ternyata) dimilikinya, Onizuka pun melamar menjadi guru.

Ketidaksukaannya terhadap sistem pendidikan tradisional, memaksa Onizuka mengembangkan metode mendidiknya sendiri yang unorthodox dan terkadang lucu, membuatnya menjadi disukai para siswa. Dari situlah kemudian dia dijuluki Great Teacher Onizuka.

Kalau kamu ingin tahu lebih detil tentang anime ini, kamu bisa baca di sini.

19. Fate/Zero

Anime Terbaik ke-19

Karakter Fate/Zero (eyesonfireart.com)

Fate/Zero dimulai dengan novel yang ditulis oleh Gen Urobuchi dan ilustrasi dikerjakan oleh Takashi Takeuchi, yang terbit sebanyak 4 volume pada rentang Desember 2006 – 2007. Pada tahun 2011 berturut-turut dibuatkan manga dan anime dari Fate/Zero, animenya sendiri terdiri dari 25 episode (season pertama) yang diproduksi oleh Ufotable dan ditayangkan di luar negeri di bawah lisensi Madman Entertainment (Australia), Aniplex of America (Amerika Utara) dan MVM Films (Inggris).

Cerita Fate/Zero berlatar Holy Grail War (Perang Cawan Suci), yang dirancang oleh keluarga Einzbern, Matou dan Tosaka berabad lampau, di mana tujuh penyihir masing-masing memanggil tujuh heroic spirits untuk bertarung bersama (duet) demi mendapatkan kekuatan cawan suci. Pada Fate/Zero, Holy Grail War sudah memasuki pertempuran keempat di mana pada tiga pertempuran sebelumnya keluarga Einzbern selalu gagal. Pada pertempuran keempat ini, keluarga Einzbern berhasrat kuat untuk memenangkan pertempuran, dengan cara apapun.

18. Mononoke Hime (Princess Mononoke)

Anime Terbaik ke-18

Mononoke dan Ashitaka (elprincipelila.com)

Princess Mononoke (1997) adalah anime fantasi sejarah yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Animasinya dikerjakan oleh Studio Ghibli dan diproduseri oleh Toshio Suzuki. Anime ini kemudian diterjemahkan dan didistribusikan ke Amerika Utara oleh Miramax Films, kemudian ditayangkan di Amerika Serikat pada 29 Oktober 1999, menjadi titik awal Studio Ghibli dikenal positif oleh masyarakat Amerika.

Ceritanya sendiri terjadi di Era Muromachi Jepang, ketika sebuah perkampungan suku Emishi diserang oleh iblis, namun sebelum berhasil mencapai perkampungan, iblis itu berhasil dibunuh oleh Ashitaka, pangeran terakhir suku Emishi. Tapi sebelum terbunuh, iblis itu telah mengutuk Ashitaka, di sinilah cerita bermula, saat Ashitaka pergi dari perkampungan untuk mencari penawar dari kutukan iblis terhadapnya.

17. Tengen Toppa Gurren Lagann

Anime Terbaik ke-17

Mecha Gurren Lagann (alphacoders.com)

Tengen Toppa Gurren Lagann adalah seri anime televisi Jepang bergenre mecha yang diproduksi oleh Gainax bekerjasama dengan Aniplex. Animenya yang disutradarai oleh Hiroyuki Imaishi dan ditulis oleh Kazuki Nakashima, ditayangkan di TV Tokyo pada 1 April 2007 hingga 30 September 2007. Untuk distribusi luar Jepang, Gurren Lagann disebarkan ke Amerika Utara dengan bendera ADV Films, yang kemudian dipindahkan ke Bandai Entertainment pada tahun 2008 dan Aniplex of America pada 2013. Di Inggris Gurren Lagann disebarkan dengan bendera Manga Entertainment, kemudian dipindahkan ke Beez Entertainment pada 2008, lalu ke Anime Limited pada tahun 2013.

Kisah Gurren Lagann terjadi di masa depan, saat dunia dipimpin oleh Spiral King, Lordgenome. Demi menghindari kekejaman Lordgenome, masyarakat di masa itu tinggal di perkampungan bawah tanah, di mana mereka tidak mendapat sinar matahari, tidak dapat ke permukaan, sekaligus tidak dapat berinteraksi dengan perkampungan lainnya. Nantinya seorang pemuda bernama Simon, berhasil ke permukaan dengan mechanya yang dinamai Lagann dan saat itulah petualangan mereka bermula.

16. Monogatari

Anime Terbaik ke-16

Karakter Monogatari (duniaku.net)

Monogatari adalah novel yang dibuat oleh Nisio Isin dan ilustrasi digarap oleh Vofan, seorang ilustrator Taiwan. Novelnya sendiri telah terbit sebanyak 18 jilid sejak tahun 2006 dan diterbitkan oleh Kodansha lewat lini penerbitan mereka, Kodansha Box. Animenya sendiri baru ditayangkan pada Juli 2009 dengan judul Bakemonogatari, dilanjutkan sekuelnya, Nisemonogatari pada Januari 2012 dan Nekomonogatari (Kuro) pada Desember 2012. Pada Juli 2013 anime berjudul Monogatari Series Second Season ditayangkan, menyusul kemudian Tsukimonogatari pada Desember 2014. Rencananya pada Oktober 2015 akan ditayangkan anime berdasar novel Owarimonogatari. Pada tahun 2012, Aniplex of America mulai mendistribusikan anime Bakemonogatari ke Amerika Utara, untuk kemudian dirilis versi Blu-ray pada November 2012.

Serial Monogatari menggambarkan tentang kehidupan Koyomi Araragi, seorang pemuda SMA tingkat akhir yang sempat menjadi vampire sebelum disembuhkan oleh Meme Oshino, seorang lelaki paruh baya aneh yang tinggal di gedung kosong. Setelah peristiwa itu Koyomi kemudian bertemu dengan teman-teman baru yang memiliki keanehan-keanehan lain, seperti vampire dan makhluk metafisik lainnya.

BACA JUGA  5 Karakter Anime One Piece Ini Takkan Kamu Temukan Dalam Komiknya

15. Cowboy Bebop

Anime Terbaik ke-15

Cowboy Bebop (spanish.fansshare.com)

Cowboy Bebop adalah serial anime tahun 1998 yang disutradarai oleh Shinichiro Watanabe, naskahnya ditulis oleh Keiko Nobutomo, desain karakter oleh Toshihiro Kawamoto, desain mekanik oleh Kimitoshi Yamane dan komposer musik oleh Yoko Kanno. Ditayangkan perdana di TV Tokyo Jepang pada 3 April 1998, namun hanya bertahan sampai 12 episode karena konten ceritanya yang kontroversial. Episode selanjutnya kemudian ditayangkan di WOWOW mulai 24 Oktober 1998. Berbeda dengan anime kebanyakan, manga Cowboy Bebop justru baru dibuat menyusul sukses animenya.

Cerita Cowboy Bebop terjadi pada tahun 2071 di mana Spike Spiegel bersama teman-temannya bepergian menjelajah luar angkasa dengan spaceship bernama Bebop. Di masa ketika bumi tidak lagi bisa lagi ditinggali, Spike dan kawan-kawannya yang berprofesi sebagai pemburu bayaran, bertualang memburu para kriminall dan menangkapnya hidup-hidup untuk ditukar hadiah uang.

14. Hajime no Ippo (Fight!! Ippo)

Anime Terbaik ke-14

Ippo Makunouchi (danteq.deviantart.com)

Hajime no Ippo adalah sebuah manga bergenre olahraga tinju yang ditulis dan digambar oleh George Morikawa, diterbitkan oleh Kodansha dan telah terbit lebih dari 100 jilid hingga hari ini. Animenya yang disutradarai oleh Satoshi Nishimura mulai tayang di Nippon Television Network pada Oktober 2000 untuk kemudian dibawa ke Amerika Utara pada akhir 2003 oleh Geneon.

Hajime no Ippo bercerita tentang Ippo Makunouchi, seorang siswa SMA introvert yang merintis karir tinjunya di Sasana Kamogawa, setelah dirinya diselamatkan dari aksi pemukulan oleh petinju bernama Mamoru Takamura yang juga berlatih di Sasana Kamogawa. Dalam perjalanan karirnya, Ippo berusaha untuk bisa mengejar prestasi Mamoru Takamura, menjadi juara Jepang dan juara dunia.

13. Death Note

Anime Terbaik ke-13

L vs Kira (aminoapps.com)

Death Note bermula dari sebuah manga terbitan Shueisha yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan digambar oleh Takeshi Obata, dipublikasikan pertama kali pada tahun 2003. Anime televisi Death Note yang diproduksi oleh Madhouse dan disutradarai oleh Tetsuro Araki, mulai tayang di Jepang pada Oktober 2006 sampai Juni 2007.

Kisah Death Note adalah tentang seorang siswa SMA terbaik se-Jepang bernama Light (Raito) Yagami yang menemukan Death Note (buku catatan kematian) kepunyaan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk. Light yang merasa dunia sudah membusuk karena dipenuhi oleh orang-orang jahat, memutuskan untuk mulai membunuh para penjahat dengan menggunakan Death Note milik Ryuk. Dalam melakukan aksinya, Light menggunakan nama alias Kira. Aksi Kira kemudian mengundang perhatian L, seorang detektif muda terhebat di dunia yang berusaha menangkapnya. Pertarungan taktik antara Kira dan L inilah yang menjadikan Death Note sangat menarik.

12. Code Geass

Anime Terbaik ke-12

Karakter Code Geass (aminoapps.com)

Code Geass adalah serial anime Jepang yang dibuat oleh Sunrise, disutradarai oleh Goro Taniguchi dan ditulis oleh Ichiro Ōkouchi, dengan desain karakter dan gambar dibuat oleh Clamp. Code Geass tayang pertama kali di channel MBS pada 5 Oktober 2006, sedang sekuelnya, Code Geass: Lelouch of the Rebellion R2 tayang perdana di stasiun JNN pada 6 April 2008. Franchise anime ini di Inggris mulai tayang pada Desember 2007 di channel Cartoon Network.

Code Geass bercerita tentang bagaimana seorang mantan pangeran bernama Lelouch vi Britannia memperoleh kekuatan yang dikenal sebagai Geass dan memutuskan untuk menggunakannya demi melenyapkan Kekaisaran Suci Brittania, sebuah kekaisaran monarki dan negara adikuasa yang telah menaklukkan berbagai negara. Kekaisaran Suci Brittania telah berhasil menaklukkan Jepang, menguasai dan mengganti namanya menjadi Area 11, untuk kemudian menghapus seluruh hak dan kebebasan individu rakyat Jepang.

11. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Anime Terbaik ke-11

Kenshin Himura (pinterest.com)

Rurouni Kenshin adalah judul manga dan anime yang ditulis serta digambar oleh Nobuhiro Watsuki. Serial anime Kenshin tayang pertama kali pada 10 Januari 1996 di Jepang dan berakhir pada 8 September 1998. Nama Samurai X adalah versi english dari Rurouni Kenshin dan pertama kali digunakan oleh ADV Films yang merilis anime ini di Amerika. Nama Samurai X terinspirasi dari tanda codet berbentuk X di pipi kiri Kenshin.

Nonton Anime Terbaik ke-11

Kenshin dan Kaoru Kamiya (aminoapps.com)

Rurouni Kenshin adalah kisah tentang seorang samurai yang berusaha melepaskan julukan “Hitokiri (pembantai)” dari namanya. Untuk mewujudkan niatnya itu, Kenshin kemudian menggunakan pedang dengan mata terbalik yang akan membuatnya tidak bisa membunuh lagi. Namun masa lalunya sebagai pembantai membuat Kenshin memiliki banyak musuh yang memburunya, sehingga niat Kenshin untuk tak lagi menjadi pembantai, tidak dapat diwujudkan dengan mudah.

10. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Anime Terbaik ke-10

Chihiro dan Haku (blazblue.com)

Spirited Away adalah anime fantasi Jepang yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan diproduksi oleh Studio Ghibli. Anime ini tayang perdana pada tahun 2001 setelah proses produksinya dimulai sejak tahun 2000. Sutradara Pixar, John Lasseter yang juga merupakan penggemar Miyazaki, kemudian direkrut oleh Walt Disney Pictures untuk menggawangi penerjemahan Spirited Away ke dalam bahasa Inggris.

Anime Terbaik ke-10

Chihiro dan Orangtuanya yang Menjadi Babi (blacksheepreviews.com)

Anime yang meraup penghasilan kotor 330 juta dolar Amerika dan berhasil memenangkan Academy Award untuk kategori Best Animated Feature ini berkisah tentang perjalanan Chihiro Ogino, seorang gadis berusia 10 tahun bersama kedua orangtuanya. Secara tak sadar mereka kemudian memasuki sebuah dunia sihir yang mengubah ayah dan ibu Chihiro menjadi babi. Chihiro kemudian dibantu oleh Haku untuk menemukan jalan keluar, sekaligus mengembalikan ayah dan ibunya seperti sedia kala.

9. Clannad

Anime Terbaik ke-9

Karakter Clannad (taringa.net)

Berbeda dengan yang lain, anime Clannad justru merupakan adaptasi dari sebuah game dengan judul sama. Diproduksi oleh Key dan dirilis untuk Windows pada April 2004, game Clannad kemudian juga merambah konsol Playstation dan X-Box. Pada tahun 2007 anime Clannad yang disutradarai Tatsuya Ishihara dirilis oleh Toei Animation di Jepang untuk kemudian dirilis di Amerika Utara pada tahun 2009.

Kisah Clannad berkisar tentang Tomoya Okazaki, siswa tingkat akhir SMA yang tidak menyukai hidupnya. Setelah ibunya meninggal karena kecelakaan, ayah Tomoya menjadi sering berjudi dan mabuk-mabukan, membuatnya sering ribut dengan Tomoya. Tomoya kemudian menjadi jarang di rumah, lebih sering menghabiskan waktu bersama temannya, Youhei Sunohara. Cerita kemudian berkembang ketika Tomoya bertemu Nagisa Furukawa, seorang gadis bersuara lembut anggota klub drama yang tidak naik kelas karena sakit. Tomoya lalu membantu Nagisa untuk mereformasi klub dramanya, selama proses tersebut Tomoya bertemu dengan gadis-gadis lain yang memiliki masalah berbeda untuk Tomoya bantu pecahkan.

8. Gintama

Anime Terbaik ke-8

Karakter Gintama (taringa.net)

Ditulis dan digambar oleh Hideaki Sorachi, anime Gintama diawali dengan manga yang terbit pada Desember 2003. Animenya sendiri tayang perdana di TV Tokyo pada April 2006, untuk kemudian didistribusikan ke Amerika Utara oleh Viz Media. Bersama Naruto, anime Gintama disebutkan meraih penjualan terbesar di luar Jepang.

Gintama Terbaik ke-8

Gintoki dkk Menghadapi Amanto (gintama.wikia.com)

Cerita Gintama terjadi di zaman Edo, di mana manusia diserang oleh sekelompok alien yang dijuluki Amanto (manusia langit). Di Jepang, para samurai memberikan perlawanan sengit kepada para alien, namun ketika Shogun menyadari kekuatan para alien, dia mengkhianati para samurai dan rakyatnya dengan menyerah dan menjadikan dirinya pemimpin boneka para alien. Setelahnya para samurai dilucuti dan tidak boleh ada lagi yang membawa pedang di tempat umum.

Nonton Anime Terbaik ke-8

Gintoki Sakata (hqwallbase.pw)

Seorang samurai nyentrik, Gintoki Sakata, yang tidak suka dengan kepemimpinan Shogun kemudian perlahan membangun kelompok beranggotakan para samurai dan juga alien yang memihak manusia, bersama mereka berencana untuk mengkudeta Shogun dan merebut Jepang dari tangan para alien.

7. Shiki

Anime Terbaik ke-7

Sunako Kirishiki (zerochan.net)

Anime Shiki merupakan adaptasi dari manga karya Ryu Fujisaki, di mana manganya sendiri adalah adaptasi dari novel karya Fuyumi Ono. Berbeda dengan genre anime kebanyakan, Shiki bergenre horor, kata Shiki sendiri dapat diterjemahkan menjadi “jasad iblis”. Anime Shiki tayang perdana pada 8 Juli 2010 di stasiun-stasiun TV Jepang termasuk Fuji TV dan Kansai TV, kemudian versi DVD dan Blu-ray dirilis pada 27 Oktober 2010 oleh Aniplex.

BACA JUGA  Tahukah Kamu, Komik Jepang yang Lucu Ini Harganya Bisa Mencapai Jutaan Rupiah?

Anime ini bercerita tentang sebuah kota kecil di pinggiran Jepang bernama Sotoba, di mana serangkaian kematian aneh terjadi. Kematian-kematian aneh itu terjadi setelah kedatangan keluarga Kirishiki yang baru saja pindah ke sebuah istana di pinggiran kota Sotoba. Toshio Ozaki, kepala dari satu-satunya rumah sakit di Sotoba, mulai menyelidiki dan menemukan adanya keterlibatan supranatural dalam kematian-kematian tersebut.

Kalau kamu penggemar genre horror, simak ulasan anime-anime horror lainnya di sini.

6. Hunter x Hunter

Anime Terbaik ke-6

Gon dan Alat Pancing Senjatanya (1000mangas.centerblog.net)

Hunter x Hunter buah karya Yoshihiro Togashi berawal dari manga yang terbit lewat majalah Shonen Jump pada Maret 1998. Pada tahun 1999, manganya kemudian diangkat ke televisi lewat anime yang tayang di Fuji TV. Versi anime tersebut diproduksi oleh Nippon Animation dan disutradarai oleh Kazuhiro Furuhashi.

Killua dalam Anime Terbaik ke-6

Killua Zoldyck (narutofanon.wikia.com)

Hunter x Hunter mengisahkan tentang Gon Freecss, seorang anak muda yang mengetahui bahwa ayahnya yang dikira telah mati, ternyata masih hidup dan dikenal di dunia Hunter. Hunter merupakan sebuah profesi bagi para spesialis dalam mencari benda-benda tidak biasa, seperti wilayah tak bertuan, spesies hewan aneh, harta karun, bahkan orang-orang yang bermasalah dengan hukum. Demi menemukan ayahnya, Gon kemudian berusaha menjadi Hunter dan mengikuti Ujian Hunter. Dalam pencariannya Gon bertemu dengan teman-teman baru sesama Hunter, termasuk seorang anak yang juga anggota keluarga pembunuh, Killua Zoldyck.

5. FLCL (Furi Kuri/Fooly Cooly)

Anime Terbaik ke-5

Karakter FLCL (taringa.net)

FLCL adalah anime science-fiction remaja dengan tema mecha atau robot-robot besar. Ditulis oleh Yoji Enokido, disutradarai oleh Kazuya Tsurumaki dan diproduksi oleh FLCL Production Committee, yang terdiri dari Gainax, Produksi IG dan King Records, FLCL bercerita tentang Naota Nandaba, seorang anak lelaki berusia 12 tahun yang tinggal di Mabase, sebuah area suburban Jepang (area fiksi tentu saja). Adaptasi bahasa inggris pertama dari FLCL dilakukan oleh Synch-Point yang merilisnya dalam bentuk DVD dan original soundtrack pada tahun 2006. Pada tahun 2010 Funimation Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan merilis ulang seri DVDnya, serta merilis edisi Blu-ray nya untuk pertama kali. Seri FLCL pertama kali tayang di televisi Amerika pada tahun 2003 lewat channel Cartoon Network’s Adult Swim, kemudian pada rentang Oktober 2013 sampai Januari 2014 ditayangkan di channel Toonami.

FLCL bercerita tentang Naota Nandaba, seorang anak kelas pekerja yang tinggal dengan ayah single parent dan kakeknya. Kehidupan Naota tak lagi sama sejak seorang gadis bernama Haruko Haruhara memukul kepalanya dengan bass gitar listrik Rickenbacker 4001. Sejak saat itu, pada kepala bekas pukulan Haruko itu terbentuk “N.O.” portal di mana robot-robot besar produksi Medical Mechanica kerap muncul secara berkala.

Nonton Anime Terbaik ke-5

Perseteruan Segitiga FLCL (duniaku.net)

Naota kemudian menemukan bahwa Haruko adalah anggota dari Galactic Space Police Brotherhood, yang menggunakan Naota untuk mencari raja bajak laut bernama Atomsk. Naota sendiri juga diawasi oleh Komandan Amarao, seorang special agent dari Biro Imigrasi Luar Angkasa, yang meyakini bahwa Medical Mechanica punya rencana jahat untuk menguasai galaksi. Hal itu membuat Naota terlibat dalam perseteruan segitiga antara Haruko, Amarao dan Medical Mechanica.

4. Steins;Gate

Anime Terbaik ke-4

Karakter Steins;Gate (duniaku.net)

Sama seperti Clannad, Steins;Gate juga merupakan adaptasi dari game X-Box keluaran tahun 2009 yang dikembangkan oleh 5pb dan Nitroplus. Anime adaptasinya mulai tayang di Jepang pada April 2011 lalu masuk ke Amerika pada tahun yang sama.

Cerita bermula ketika Rintaro Okabe dan Mayuri Shiina pergi ke Radio Kaikan untuk sebuah konferensi, di sana Rintaro menemukan Kurisu Makise terbaring berlumuran darah. Saat dengan panik Rintaro mengirim SMS mengabarkan kejadian itu kepada Itaru “Daru” Hashida, Rintaro mengalami fenomena aneh di mana mendadak orang-orang di sekitarnya menghilang, lalu Kurisu menemuinya dalam keadaan hidup dan sehat, kemudian SMS yang telah dikirimnya kepada Daru, ternyata sudah terkirim dan di baca seminggu sebelumnya.

Nonton Anime Terbaik ke-4

Kurisu dan Rintaro (jaggerslayer.deviantart.com)

Belakangan Rintaro mengetahui bahwa ponselnya adalah sebuah mesin waktu, yang dapat mengirimkan SMS ke masa lalu. Dia dan teman-temannya kemudian menemukan pula bahwa SERN, sebuah organisasi yang sedang mengembangkan penelitian tentang mesin waktu, telah berhasil mengirimkan manusia ke masa lalu, namun semua obyek penelitian tersebut tewas saat tiba di sana.

3. Shingeki no Kyojin (Attack on Titan)

Anime Terbaik ke-3

Armin Arlert dan Mikasa Ackerman (attackontitan.wikia.com)

Shingeki no Kyojin bermula dari serial manga yang ditulis dan digambar oleh Hajime Isayama dan pertama kali dipublikasikan pada September 2009. Adaptasi animenya yang diproduksi oleh Wit Studio dan Production I.G. telah ditayangkan di Jepang antara bulan April dan September 2013. Season kedua dari animenya dikonfirmasi akan dirilis pada tahun 2016.

SnK Salah Satu Anime Terbaik

Eren Jaeger (comicvine.com)

Cerita Shingeki no Kyojin berpusat pada Eren Jaeger, Mikasa Ackerman dan Armin Arlert, ketiganya adalah teman masa kecil di mana Eren dan Mikasa adalah saudara angkat. Mereka bertiga tinggal di dalam benteng, di masa di mana kehidupan umat manusia terancam oleh keberadaan titan, raksasa-raksasa pemakan manusia yang tidak diketahui dari mana asalnya. Setelah kematian ibunya yang dimakan oleh titan, Eren bertekad untuk membunuh seluruh titan yang ada, untuk mewujudkan tekad itu dia memutuskan bergabung dengan militer. Keputusan Eren kemudian diikuti oleh Mikasa dan Armin. Ketiganya pun bergabung dengan militer untuk bertempur bersama menghadapi para titan.

Ingin tahu lebih detil tentang anime Shingeki no Kyojin? Di sini ulasannya!

2. Neon Genesis Evangelion

Anime Terbaik ke-2

3 Pilot Eva (duniaku.net)

Sering disebut dengan Evangelion atau Eva, anime mecha ini dibuat oleh Tatsunoko Productions dan Gainax, serta disutradarai oleh Hideaki Anno. Disiarkan perdana di TV Tokyo pada Oktober 1995, anime Evangelion menjadi salah satu yang tersukses di era 90an hingga kini, bahkan pada tahun 2013 franchise-nya diklaim telah menghasilkan pendapatan lebih dari 150 miliar yen. Oleh sebagian fans Evangelion, film Hollywood, Pacific Rim, diduga terinspirasi dari serial ini.

Evangelion adalah anime bergenre apokaliptik yang bercerita tentang masa 15 tahun setelah bencana besar menimpa bumi dan manusia harus berjuang menghadapi serangan monster-monster raksasa yang disebut Angels. Shinji Ikari kemudian direkrut oleh organisasi rahasia NERV yang mengembangkan proyek robot bio-machine raksasa, untuk menjadi pilot Eva-01 dan bertempur menghadapi para monster yang mengancam umat manusia.

1. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist yang sering disebut FMA, merupakan karya Hiromu Arakawa yang terbit pertama kali dalam bentuk manga pada Agustus 2001. Animenya yang dirilis pada tahun 2003, menuai banyak pujian, bahkan berdasar poling yang dilakukan TV Asahi, anime FMA terpilih sebagai anime terpopuler sepanjang masa di Jepang. Pada ajang American Anime Awards tahun 2007, anime FMA meraih 6 nominasi dan berhasil memenangkan 5 di antaranya. Di beberapa media besar Amerika, review terhadap FMA menuai banyak pujian, terutama terkait pengembangan karakter tokoh-tokohnya. Worth to watch banget!

Anime Terbaik Pertama

Alphonse dan Edward Elric (monsterwhacker.deviantart.com)

Kisah Fullmetal Alchemist terjadi setelah revolusi industri Eropa, ketika alchemy menjadi teknologi sains terdepan yang digunakan oleh manusia. Saat itu Elric bersaudara, Edward dan Alphonse mencoba menggunakan alchemy untuk membangkitkan ibu mereka yang telah meninggal. Tapi dalam alchemy, nothing is free. Upaya tersebut tidak berhasil dan hanya membangkitkan sesosok makhluk tak sempurna bahkan tidak berbentuk manusia, di sisi lain konsep pertukaran setara dari alchemy membuat Edward harus kehilangan salah satu kakinya sedangkan Alphonse kehilangan seluruh tubuhnya.

Demi menyelamatkan jiwa Alphonse, Edward kemudian mengorbankan salah satu lengannya dan menyegel jiwa Alphonse ke dalam baju zirah, menjadikan Al seperti robot. Setelah dewasa, keduanya kemudian menjadi Alchemist Negara demi menemukan cara untuk mengembalikan tubuh Al seperti semula.

Homunculus dari Anime Terbaik Pertama

Para Homunculus dari Anime FMA (pinterest.com)

Itulah daftar 20 nama anime lama maupun terbaru yang dikategorikan terbaik menurut beberapa sumber, uniknya baik Bleach, Naruto, maupun One Pice tidak ada dalam list, di websites myanimelist (MAL) bahkan ketiganya tidak masuk daftar 30 besar. Bisa jadi list di atas memang sangat subyektif.

Walaupun One Piece tidak termasuk dalam daftar, namun fakta bahwa karya Eiichiro Oda tersebut adalah manga/anime terlaris dan paling banyak penggemarnya, bisa kamu baca di sini.

Nah, dari list tersebut, adakah anime yang belum kamu tonton? Kalau ada, tidak usah risau, kamu masih dapat memburunya secara online.

Sumber tulisan: wikipedia, mzlmovie.blogspot.com, eyesonfireart.com, myanimelist.net, duniaku.net, comicvine.com

81 Comments

  1. L Danbo January 21, 2016
  2. dananggreen April 28, 2016
    • Alabn April 28, 2016
  3. wiwin April 29, 2016
    • Alabn May 1, 2016
  4. Rush May 5, 2016
    • Alabn May 6, 2016
  5. Dhea May 10, 2016
  6. famega May 27, 2016
    • Alabn May 27, 2016
  7. Roufan Naqib June 9, 2016
    • Alabn June 9, 2016
  8. japstyle June 17, 2016
    • vikar June 23, 2016
      • Alabn June 23, 2016
  9. Dimas June 21, 2016
  10. Rivto July 14, 2016
  11. andiska sinurat July 18, 2016
  12. Reza July 20, 2016
  13. sahril July 23, 2016
  14. sasuke desu July 23, 2016
  15. rully zulfany July 24, 2016
  16. Tulus Hendrian Adinata July 25, 2016
  17. any August 8, 2016
  18. Mzed August 10, 2016
  19. raven August 12, 2016
  20. Hari Muryanto August 13, 2016
  21. Lelouch Vie Britanian August 20, 2016
  22. Tipo August 24, 2016
  23. ohayo September 3, 2016
  24. Urzaizalybasya September 3, 2016
  25. Roy Mustang September 18, 2016
  26. Hutomo September 22, 2016
  27. utama kun September 27, 2016
  28. Rivaldo Ahmad September 28, 2016
  29. KamikazeKids September 29, 2016
  30. Katex October 27, 2016
  31. abarai October 30, 2016
  32. kirithoKun November 1, 2016
    • kirithoKun November 1, 2016
  33. Jojo kim November 1, 2016
  34. Lahmuddin November 2, 2016
  35. Kirana Rana November 2, 2016
  36. nobianto November 8, 2016
  37. Dimas ariian November 12, 2016
  38. hita November 14, 2016
  39. Aila November 18, 2016
  40. anime terbaik November 20, 2016
  41. anime terbaik November 20, 2016
  42. jay November 23, 2016
  43. Rendi November 23, 2016
  44. packyou November 25, 2016
  45. hana November 27, 2016
  46. Aziz Zulia November 27, 2016
  47. Farel tjah brenggolo December 11, 2016
  48. Elanggirip December 14, 2016
  49. M. Jamil Rahman December 16, 2016
  50. Allung December 27, 2016
  51. Allung December 27, 2016
  52. Ahgus Rhegils December 28, 2016
  53. hack December 29, 2016
  54. Ken January 17, 2017
  55. Anonim January 18, 2017
  56. hafisrrard February 12, 2017
  57. omen February 13, 2017
  58. fanriza February 17, 2017
  59. Teguh March 2, 2017
  60. Anonymous March 6, 2017
  61. Matt March 8, 2017
    • Alabn March 12, 2017
  62. bayu March 8, 2017
  63. ervan March 13, 2017
  64. gifa March 18, 2017
  65. Albatros April 7, 2017
  66. torikk April 8, 2017
  67. torikk April 8, 2017
  68. kazami kazuki April 8, 2017
  69. Camat99 April 16, 2017
  70. amsal April 29, 2017
  71. Bintang Ramdhan May 4, 2017

Add Comment