Tahukah Kamu Ada 3 Tokoh Muslimah Dalam Komik DC?

Setelah dibahas tentang 8 tokoh superhero muslim dari DC, kali ini akan dibahas tentang superhero muslimah DC Comics. Walau hanya tiga saja yang akan dibahas, namun ketiganya termasuk tokoh sentral dalam komiknya masing-masing. Ketiganya juga berperan penting dalam membantu misi yang dijalankan JLA di negara mereka. Siapa saja mereka? Inilah 3 tokoh muslimah yang pernah hadir dalam komik terbitan DC.

1. Sala Nisaba (kemunculan perdana dalam Green Lantern Annual vol. 3 #9, 2000)

Sala Nisaba, tokoh Komik Amerika

Sala bersama Green Lantern, Aquaman, Superman, Batman, Wonder Woman

Sala (Ishtar) adalah superhero muslimah yang merupakan keturunan dari makhluk luar angkasa, Ishtar. Sala yang berasal dari Tunisia kemudian pergi ke Amerika untuk meneruskan kuliahnya. Di Amerika, Sala yang telah mengetahui kekuatannya, bersama JLA berusaha menumpas kekuatan jahat yang datang dari zaman Sumeria. Memiliki tongkat magis, Sala dapat membuat dirinya berkekuatan, kecepatan dan daya sembuh super saat sedang memegang tongkatnya.

2. Selma Tolon (kemunculan perdana dalam JLA Annual #4, Agustus 2000)

Ketika sedang bersama Bulan Sabit Merah Turki membantu para korban gempa di Izmit, dr Selma Tolon secara tidak sengaja menemukan tempat di mana Sultan Suleiman, seorang pemimpin besar kekaisaran Ottoman, meninggal. Sebuah celah di tempat tersebut membawa dr Selma menemukan 2 artefak peninggalan Sultan Suleiman, pedang dan kitab keabadian.

dr Selma Tolon

The Janissary

Pedang yang sangat tajam itu kemudian memberi dr Selma kekuatan dan ketangkasan manusia super, sementara dengan kitab keabadian, dr Selma dapat merapal mantra-mantra berkekuatan luar biasa. Dengan keduanya dr Selma menjelma menjadi The Janissary, seorang superhero muslimah yang bersama JLA berjuang untuk menyelamatkan Turki dari serangan pasukan Iblis.

BACA JUGA  Inilah Mangaka dan Animasi Yang Menginspirasi Lahirnya One Piece

3. Kahina Eskandari (kemunculan perdana dalam Hardware #11, 1994)

Terlahir di Palestina sebagai seorang mutant, Kahina menjadi yatim piatu sejak kecil karena kedua orangtuanya dibunuh. Berusaha membalas dendam, Kahina kemudian bergabung dengan Shadow Cabinet, sebuah grup manusia super yang dipimpin oleh Dharma. Memiliki kekuatan mengendalikan metal seperti Magneto dari Marvel Comics, Kahina yang memiliki alias sebagai Iron Butterfly, secara perlahan jatuh cinta kepada pemimpin Shadow Cabinet.

Keberadaan Kahina yang merupakan kelahiran Palestina, termasuk langka dalam dunia komik Amerika.

Tokoh Komik dari Palestina, Karina Iskandari

Iron Butterfly dan Shadow Cabinet

Demikianlah ketiga tokoh muslimah buatan DC Comics, semoga kehadiran mereka dapat memberi warna keragaman yang positif terhadap jagad komik dunia.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, theweek.com, greenlantern.wikia.com, koffie-kommie.blogspot.com, writeups.org, dc.wikia.com, comicvine.com

Add Comment