Tahukah Kamu Bahwa 11 Anime Jepang Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata?

Kisah anime sangat diminati karena penggambaran cerita yang lugas dan disertai karakter-karakter yang unik dan menarik. Karena banyak peminat itulah, beragam tokoh dapat ditemui di dalam kisah anime, termasuk tokoh dunia nyata. Di Jepang, anime turut digunakan sebagai salah satu media propaganda, seperti Captain America dalam era perang dunia atau beberapa film Hollywood yang menjadi corong propaganda Amerika. Lalu sejauh mana penggunaan anime sebagai media propaganda di Jepang? Berikut ulasan tentang anime Jepang yang terinspirasi dari kisah nyata.

Komik dan Anime Sebagai Alat Diplomasi

Perang Dunia II telah membawa Jepang ke dalam masa keterpurukan. Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pemerintah Jepang bersama rakyat untuk membangun kembali Jepang yang porak-poranda akibat ledakan bom atom. Maka dimulailah sebuah evolusi besar dalam diplomasi publik dan diplomasi kebudayaan Jepang sebagai bentuk revitalisasi pemerintahannya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan budaya pop seperti musik, komik dan anime untuk membangun kembali citra dan status Jepang sebagai negara superpower di dunia internasional.

Di dalam negeri Jepang, komik dan anime dijadikan salah satu sarana membangkitkan rasa patriotisme dan kebanggaan rakyat Jepang. Melalui tema-tema sejarah seperti kisah samurai, ninja dan shogun, rakyat diingatkan kembali kepada masa kejayaan dan keemasan negaranya.

Jepang semakin serius mengembangkan diplomasi lewat budaya pop ini pasca tahun 90an, terlihat dengan dimasukkannya pop culture sebagai program dalam Diplomatic Bluebook 2004 dengan nama program “Cool Japan”. Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan pop culture tersebut, Kementerian Luar Negeri Jepang meluncurkan program kerjasama dengan Japan Foundation untuk menjadi pihak yang mempublikasikan kebudayaan Jepang (lewat manga dan anime) ke berbagai negara di dunia.

Anime Jepang Menembus Eropa

Cosplay Gathering di Prancis

Penyebaran budaya pop Jepang ke seluruh dunia semakin cepat dengan hadirnya internet. Banyak situs yang menyediakan manga untuk dibaca atau anime untuk ditonton. Walaupun mayoritas situs tersebut bukan official dan lebih cenderung merupakan situs komunitas yang gemar menerjemahkan manga atau membuat subtitle anime ke dalam berbagai bahasa, namun koleksi mereka lengkap dan bahkan hanya selang sehari setelah versi aslinya terbit, terjemahan versi mereka sudah muncul di internet.

Pada tahun 90an, saat akses internet belum semudah sekarang, di Indonesia hadir penerbit bernama Rajawali Grafiti yang menerbitkan banyak manga dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Entah resmi atau tidak, terjemahan dan editan versi penerbit ini terkesan seadanya, berbeda dengan versi Elex Media Komputindo yang rapi. Walaupun memiliki kualitas yang kurang, di beberapa toko buku resmi ketika itu bisa ditemukan komik-komik terbitan Rajawali Grafiti dalam rak-rak dagangan mereka.

Manga dan Anime Jepang Beredar di Internet

Contoh Terjemahan Rajawali Grafiti

Maraknya situs penyedia manga atau anime secara online, serta keberadaan Rajawali Grafiti sebagai penerbit yang dipertanyakan statusnya, seolah dibiarkan oleh pihak-pihak yang ingin agar budaya pop Jepang bisa mendobrak dominasi Amerika dan Eropa yang telah lebih dulu dikenal lewat komik maupun film. Strategi ini (apabila merupakan kesengajaan) terbukti berhasil, karena kini manga dan anime Jepang seperti menjadi menu wajib bacaan dan tontonan anak-anak Indonesia dan belahan dunia lain.

4 Anime Jepang Berdasar Sejarah Para Samurai

Berbicara tentang sejarah Jepang, maka yang terbersit pertama kali adalah sejarah seputar para samurai. Mulai dari nilai-nilai yang diusung seorang samurai sampai ke kisah perjalanan hidup, lengkap dengan romansa percintaan tokoh-tokohnya. Meski banyak bumbu intrik politik dan dinamika pertarungan yang kerap dikemas sadis, tapi kenyataannya tema samurai tetap jadi konsumsi terpopuler dari negara sakura ini.

Para Samurai Dalam Anime Jepang

Para Samurai Jepang

Lalu seperti apakah anime yang terinspirasi dari sejarah para samurai? Ini 4 di antaranya:

Hyakka Ryouran

Serial anime ini dibuat berdasarkan kondisi di era Sengoku hingga awal masa Edo di Jepang. Tapi jangan bingung, penulis kisah ini sengaja menampilkan setting cerita ala kekinian. Kisahnya dimulai pasca Perang Dunia II, dengan lokasi cerita berada di Great Japan (Dai Nippon-koku), sebuah versi alternatif negara Jepang di mana Dinasti Tokugawa masih memerintah melalui suatu tempat yang terisolasi dari dunia luar.

Klan Yagyu dalam Anime Jepang

Muneakira Yagyu dan Karakter Hyakka Ryouran

Karakter yang digambarkan sebagai tokoh utama cerita ini terpusat pada seorang gadis muda yang secara misterius turun dari langit, Jubei Yagyu. Gadis ini nantinya membantu tokoh utama lainnya, Muneakira Yagyu yang sedang menyelidiki kasus kematian siswa di sebuah perguruan (Buou Academic School). Kemampuan gadis samurai ini menjadi kemasan yang memberikan daya tarik bagi kamu pecinta drama, misteri dan pertarungan ala samurai.

Sanada Yukimura dalam Anime Jepang

Lukisan Sanada Yukimura dari Zaman Edo

Mayoritas karakter dalam anime ini memang ada di dunia nyata, seperti Munenori (Muneakira) Yagyu dan Jubei Yagyu yang hidup di awal masa Edo, serta Yukimura Sanada yang hidup di penghujung era Sengoku. Ketiganya memiliki peran penting pada masa berakhirnya era Sengoku dan bermulanya zaman Edo.

Sengoku Basara

Seperti Hyakka Rouran, serial anime Sengoku Basara juga dibuat berdasarkan era Sengoku dengan tokoh antagonisnya adalah Nobunaga Oda. Anime Sengoku Basara diadaptasi dari game buatan Capcom dengan judul yang sama. Karakter utamanya berpusat pada duo samurai yang juga merupakan pemimpin perang, Yukimura Sanada dan Masamune Date. Keduanya membuat aliansi untuk melawan Nobunaga Oda yang memiliki niat menyatukan Jepang dengan jalan penindasan dan penghancuran.

Sengoku Basara Anime Jepang

Karakter Anime Sengoku Basara

Karakter protagonis maupun antagonis dalam anime ini memang memiliki peran penting dalam sejarah Jepang. Nobunaga Oda, Hideyoshi Toyotomi dan Ieyasu Tokugawa adalah tokoh-tokoh yang secara bergantian berusaha menyatukan Jepang di bawah kekuasaan mereka. Kepemimpinan Tokugawa-lah yang nantinya disebut sebagai zaman Edo.

BACA JUGA  Inilah 5 Gambar Tokoh Anime yang Tidak Muncul Dalam Komik Naruto

Samurai Champloo

Anime ini seharusnya memiliki setting yang sama seperti Hyakka Ryouran dan Sengoku Basara, yaitu antara periode Sengoku dan zaman Edo, namun karena di dalamnya terjadi banyak pencampuran sejarah, latar belakang sejarah yang mendasari anime ini menjadi bias.

Anime Jepang Samurai Champloo

3 Tokoh Utama Anime Samurai Champloo

Contoh pencampuran sejarah itu di antaranya, kemunculan senjata api dalam salah satu episode dengan peristiwa Pemberontakan Shimabara dalam episode yang lain menunjukkan dua latar belakang zaman yang berbeda. Senjata api yang digunakan dalam episode tersebut berasal dari tahun 1814, tahun saat senjata itu diciptakan, sedangkan Pemberontakan Shimabara terjadi pada rentang tahun 1637 – 1638, sangat beda jauh kan?

Pemberontakan Shimabara dalam Anime Jepang

Patung-patung yang Dirusak Dalam Pemberontakan Shimabara

Tapi tak perlu terlalu memusingkan soal itu, karena anime yang bercerita seputar petualangan Fuu, Mugen dan Jin dalam mencari “samurai dengan wangi bunga matahari” ini termasuk tontonan seru dan menghibur.

Rurouni Kenshin (Samurai X)

Samurai X adalah salah satu anime yang sempat sangat populer di Indonesia dan pernah ditayangkan secara penuh oleh SCTV yang bekerjasama dengan Animax. Anime dengan judul asli Rurouni Kenshin Meiji Kenkaku Romantan ini berlatar belakang akhir zaman Edo dan berawalnya restorasi Meiji di Jepang.

Kenshin Dalam Anime Jepang

Shishio Dari Anime Samurai X

Seperti judul aslinya yang berarti Kisah Romantis Samurai Meiji, cerita Samurai X adalah tentang seorang samurai yang ingin menghapus masa lalunya sebagai pembantai, dengan menjadi sosok yang penuh cinta dan kasih. Adalah Tomoe Yukishiro, karakter perempuan yang telah mengubah jalan hidup Kenshin Himura dan membuatnya meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang pembantai. Ketika Tomoe secara tidak sengaja tewas di tangannya sendiri, Kenshin kemudian menemukan kembali cintanya pada figur Kaoru Kamiya, pelatih sekaligus pemilik dojo Kamiya Kasshin-ryu.

Saito Hajime dalam Anime Jepang

Saito Hajime dari Shinsengumi

Latar belakang kisah Samurai X adalah peristiwa Restorasi Meiji yang mengakhiri kekuasaan Dinasti Tokugawa. Pertarungan antara ishin shishi dengan shinsengumi benar-benar terjadi dalam sejarah Jepang. Karakter Saito Hajime dan Okita Souji di anime Rurouni Kenshin memang ada di dunia nyata dan merupakan duo samurai terkuat dalam shinsengumi, sedangkan karakter Shishio Makoto disebut oleh Nobuhiro Watsuki (mangaka Samurai X) terinspirasi dari tokoh shinsengumi lainnya, Serizawa Kamo.

3 Anime Jepang Berdasar Sejarah Perang dan Politik

Dalam sejarah Jepang, tentu bukan hanya kisah-kisah samurai yang bisa kita temui. Kisah tentang perjuangan dan pertempuran Jepang dalam Perang Dunia II, sampai kisah intrik politik di Jepang pun jadi topik yang kerap diangkat ke kisah anime. Lebih jelasnya, kamu bisa simak 3 judul anime yang terinspirasi oleh sejarah perang dan politik Jepang berikut:

Hadashi no Gen (Barefoot Gen)

Anime ini berlatar-belakang kondisi saat dan pasca Hiroshima dihantam bom atom dalam Perang Dunia kedua. Dibuat oleh mangaka yang juga merupakan korban dari bom atom tersebut, Keiji Nakazawa, anime ini sanggup membuat penontonnya seperti terbawa dalam suasana perang yang mencekam.

Anime Jepang Barefoot Gen

Salah Satu Adegan Mencekam Dalam Barefoot Gen

Gen Nakaoka yang masih berusia 6 tahun, harus berjuang menyelamatkan diri dan ibunya dari radiasi dan akibat yang ditimbulkan oleh bom atom. Shock akibat ledakan, ibu Gen yang sedang hamil melahirkan secara prematur, adik perempuan Gen kemudian dinamai Tomoko.

Bom Atom Hiroshima dalam Anime Jepang

Foto Cendawan Raksasa Hiroshima – Nagasaki

Dalam anime ini penggambaran tentang kondisi Hiroshima pasca pengeboman ditampilkan secara detil. Tubuh yang hangus terbakar, orang yang berjuang hidup dengan kulit meleleh dan berbagai kengerian lainnya akan membuat kamu yang menontonnya dapat kehilangan selera makan untuk sesaat.

Mudazumo Naki Kaikaku (The Legend of Koizumi)

Tema yang diangkat dalam kisah ini adalah pertarungan politik yang dituangkan dalam permainan mahjong. Anime Jepang ini menggambarkan kehidupan para politisi yang dikemas dalam analogi strategi bermain mahjong. Permainan mahjong sendiri adalah salah satu permainan yang populer di dataran Cina. Permainan ini memiliki pola strategi yang hampir serupa dengan permainan catur.

Junichiro Koizumi Dalam Anime Mahjong Jepang

Koizumi Dalam Komik dan Anime Legend of Koizumi

Mulanya anime Jepang ini dipublikasikan dalam bentuk manga oleh Takeshobo. Kemudian dirilis dalam bentuk original video animation (OVA) pada 26 Februari 2010.

Koizumi dalam Anime Keren Jepang

Foto Junichiro Koizumi Asli

Karakter-karakter yang muncul dalam anime ini adalah tokoh-tokoh nyata pemimpin dunia, seperti Junichiro Koizumi, George W. Bush, Vladimir Putin, bahkan Adolf Hitler! Walau begitu, Hideki Ohwada sebagai mangaka Mudazumo Naki Kaikaku merilis bahwa “Cerita ini adalah fiksi dan tidak memiliki hubungan apapun dengan tokoh-tokoh dunia yang ada.”

BACA JUGA  Tameng Captain America Pernah Dihancurkan oleh 5 Tokoh Ini

Grave of The Fireflies

Satu lagi kisah anime yang belatar-belakang kondisi pasca Perang Dunia kedua, selepas Jepang dihantam oleh bom atom. Cerita anime ini tercatat sebagai salah satu kisah terbaik dari Jepang, baik dari sisi penuturan kondisi pasca perang yang mengenaskan, mau pun kisah persaudaraan yang dikemas dengan gambar dan pewarnaan yang cantik.

Alur cerita bersifat mundur, karena di awal kisah pemeran utama justru telah mati karena kelaparan. Rohnya kemudian bercerita tentang kondisi Jepang di saat perang berkecamuk. Bagaimana rakyat Jepang bertahan hidup dari bombardir pasukan Amerika, digambarkan secara apik.

Setsuko dan Seita, Nama Tokoh Utama Anime Grave of The Fireflies

Setsuko dan Seita, Kakak – Adik Dalam Anime Grave of The Fireflies

Cerita ini sangat disarankan bagi kamu penyuka sejarah. Alih-alih kisah sejarah yang dikemas modern dan terlampau banyak berbumbu drama, di dalam kisah ini kamu akan benar-benar disuguhi kisah perjuangan di masa perang, hingga akhirnya bagaimana rakyat bertahan hidup melewati masa tersebut.

Kunang-kunang (fireflies) dalam cerita digambarkan sebagai penjaga yang melindungi roh kedua kakak-beradik yang merupakan tokoh utama cerita ini. Di akhir kisah roh kedua bersaudara ini tampak bahagia karena bisa bersama. Dan perang pun telah berakhir.

4 Karakter Anime Yang Memang Ada di Dunia Nyata

Beranjak dari kisah anime berlatar belakang sejarah Jepang, mari berlanjut mengulas mengenai nama karakter anime yang ternyata berasal dari tokoh dunia nyata. Sudah bukan hal baru jika penulisan kisah-kisah anime kadang berasal dari kisah dan sejarah tokoh yang benar-benar ada. Terlebih negara Jepang bisa dibilang salah satu yang sangat meghormati leluhur dan para tokoh pendahulu di masa lampau.

Oleh sebab itu, tidak aneh jika beberapa karakter unik yang digambarkan di anime kadang berasal dari tokoh riil di dunia nyata. Salah satu anime keren yang ternyata karakter utamanya berasal dari tokoh terkenal di Jepang adalah Spring and Chaos. Karakter utamanya adalah manusia tapi digambarkan dengan wujud kucing.

Anime Keren Spring and Chaos dari Jepang

Karakter Anime Spring and Chaos

Unik bukan? Kisah ini sebenarnya terinspirasi dari kehidupan seorang penyair bernama Kenji Miyazawa. Bahkan anime ini dirilis dalam rangka merayakan ulang tahun sang penyair yang ke-100.

Meski digambarkan berupa kucing, namun kisahnya sangat serius dan mengalir dengan baik. Kehidupan sehari-hari Kenji Miyazawa dan interaksinya dengan para penduduk desa digambarkan dengan apik di sini. Itulah alasan mengapa film ini sanggup menarik hati jutaan penonton dari luar Jepang. Sehingga kisah ini tidak hanya populer di negeri asalnya saja.

Kenji Miyazawa dalam Anime Jepang

Foto Kenji Miyazawa

Lain kisah Spring and Chaos lain pula kisah Nitaboh. Anime Jepang ini mengemas kisah lika-liku kehidupan seorang pemain shamisen yang buta. Shamisen adalah alat musik tradisional Jepang yang memiliki bentuk serupa gitar.

Nitaboh adalah Nama Anime Jepang

Adegan Permainan Shamisen Dalam Anime Nitaboh

Nitaboh adalah pemain shamisen terkemuka di Jepang yang hidup di akhir masa Edo. Dia menjadi buta setelah menderita penyakit cacar dan kemudian mewarisi shamisen milik ibunya. Nitaboh sendiri belajar bermain shamisen tidak melalui ibunya, melainkan seorang pemain shamisen keliling yang juga buta.

Shamisen dalam Anime Jepang

Para Pembuat Shamisen

Melalui berbagai rintangan kehidupan dengan dukungan dari teman-temannya, Nitaboh pun kemudian berhasil menjadi seorang pemain shamisen yang sukses. Nitaboh terkenal dengan gaya permainan tsugaru, yang merupakan salah satu cara memainkan shamisen. Moral yang bisa dipetik dari kisah ini adalah jangan pernah menyerah dengan keadaan dan kondisi yang ada.

Anime Jepang selanjutnya mungkin sudah tidak asing bagi mereka penyuka sejarah tentang ninja. Ya, anime berjudul Basilisk adalah kisah tentang pertarungan dua klan ninja terbesar pada zamannya, Kouga Manjidani dan Iga Tsubagakure. Kisah ini dijamin menarik bagi kamu yang suka dengan pertarungan antar jurus ala ninja.

Anime Keren Basilisk dari Jepang

Para Ninja Yang Bertarung Dalam Anime Basilisk

Inti kisah dimulai dengan pertarungan antara perwakilan dari kedua klan, untuk menentukan siapa yang akan menjadi pewaris tahta dari Tokugawa Ieyasu. Berbagai intrik politik yang melibatkan para ninja jadi bumbu yang menarik untuk dilihat. Kita akan disuguhkan dengan sebuah gambaran bahwa sekuat apapun seseorang atau suatu klan ninja, mereka dapat mudah dikalahkan dengan kekuatan politik.

Hattori Hanzo Karakter Anime Jepang

Hattori Hanzo Dalam Literatur Jepang

Karakter Hattori Hanzo dan Tokugawa Ieyasu benar ada di dunia nyata. Hattori Hanzo adalah ninja yang telah berjasa menyelamatkan nyawa Ieyasu dan keluarganya. Ketika kemudian Ieyasu menjadi shogun, dia mengangkat Hanzo untuk memimpin para ninja Iga sebagai mata-mata bagi pemerintahannya.

Anime terakhir yang hingga kini masih merajai genre olahraga sebagai anime terlaris adalah Slam Dunk. Anime yang juga sempat populer dan ditayangkan di stasiun televisi Indonesia ini bercerita tentang Hanamichi Sakuragi yang sangat ingin menjadi pemain basket yang hebat.

Slam Dunk Anime Sport Jepang

Tim Basket Hanamichi Sakuragi

Terdapat beberapa situs yang mengatakan bahwa karakter Sakuragi dalam anime ini terinspirasi dari tokoh dunia nyata bernama sama yang lahir pada tahun 1968. Namun karena foto yang ditampilkan situs-situs tersebut adalah foto dari Yoshiki Hayashi, salah satu pendiri, drummer, pianist, sekaligus penulis lagu dari grup band X Japan, informasi tentang kisah nyata Sakuragi tersebut menjadi diragukan validitasnya.

Walaupun begitu, terlepas dari tokoh Hanamichi Sakuragi benar-benar ada atau tidak, kemiripan antara karakter Sakuragi dengan Yoshiki muda, membuat anime Slam Dunk masih layak masuk dalam daftar karakter yang ada di dunia nyata.

Hanamichi Sakuragi Karakter Anime Jepang

Yoshiki Hayashi muda (kiri) dan Hanamichi Sakuragi (kanan)

Nah, kalau kamu masih belum puas dengan ulasan sebelas anime Jepang tadi, kamu bisa cari info lebih dalam lagi di berbagai situs anime. Tapi hati-hati ya, beberapa situs anime ada yang langsung masuk sistem filter Internet Sehat karena gambar-gambar vulgar yang terpampang di situs tersebut. Jadi pilihlah situs yang benar-benar aman untuk ditelusuri.

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, japanfocus.org, mangaupdates.com, fuyoh.com, brittanica.com, fandompost.com, tuskercomma.com, gamefaqs.com, redaura.animeblogger.net, mynamefaisal.wordpress, animeportifolio.wordpress, datemasamune21.blogspot, liv-is-alive.blogspot

5 Comments

  1. hide September 16, 2016
    • Alabn September 16, 2016
  2. Regina December 8, 2016
    • Alabn December 12, 2016
  3. ilham pratama putra February 6, 2017

Add Comment