Tameng Captain America Pernah Dihancurkan oleh 5 Tokoh Ini

Apalah arti seorang Captain America tanpa tamengnya. Disebutkan terbuat dari vibranium, bahan yang diyakini lebih kuat dibanding adamantium (logam pembentuk tulang dan cakar Wolverine), tameng Captain America nyaris tak dapat dihancurkan. Bahkan hantaman Hulk atau palu Thor, Mjolnir (seperti dalam adegan film pertama The Avengers) tidak dapat menghancurkan tameng tersebut.

Pada awal kemunculan Captain America, tamengnya berbentuk segitiga menyerupai badge dan terbuat dari bahan anti-peluru. Namun muncul kritik dari penerbit lain karena tameng itu bentuknya mirip dengan desain baju tokoh superhero mereka, The Shield yang terbit 14 bulan sebelum Captain America. Akibat kritik tersebut kemudian bentuk tamengnya diubah menjadi lingkaran seperti sekarang, yang terbukti ternyata lebih disukai penggemar Captain America.

Tameng Segitiga Captain Amerika

Tameng Captain Menyerupai The Shield (insert kanan atas)

Namun benarkah tameng vibranium tersebut tak dapat dihancurkan? Ternyata tidak, karena ada beberapa tokoh komik Marvel yang berhasil menghancurkan tameng Captain America, 5 dari mereka adalah sebagai berikut:

1. Molecule Man

Dalam komik The Avengers #215 (Januari 1982), Molecule Man menggunakan kekuatan mengontrol benda miliknya untuk menghancur-leburkan tameng Captain America. Korban Molecule Man saat itu bukan hanya tameng, tapi juga palu Thor, baju tempur Iron Man dan papan selancar Silver Surfer. Molecule Man kemudian menyusun kembali palu Thor, tameng Captain America dan papan selancar Silver Surfer dalam komik The Avengers #216 (Februari 1982), tapi dia tidak dapat melakukan hal yang sama terhadap baju tempur Iron Man karena sirkuit listrik di dalamnya sulit dia pahami.

Penghancur Tameng Captain Pertama

Molecule Man Menghancurkan Tameng Captain America (geekandsundry.com)

2. Doctor Doom

Dalam komik serial Secret Wars yang terbit antara tahun 1984-1985, diceritakan bahwa Doctor Doom berhasil meremukkan tameng Captain America yang dilemparkan ke arahnya. Ketika itu Doctor Doom mencuri kekuatan dewa bernama The Beyonder dan membuatnya menjadi sulit dikalahkan. Saat Doctor Doom berhasil dikalahkan dan The Beyonder berhasil mendapatkan kembali kekuatannya yang dicuri, Captain America diberikan satu permohonan untuk dikabulkan dan itu digunakannya untuk memperbaiki tameng yang telah diremukkan Doctor Doom.

BACA JUGA  Godam, Sosok Manusia Super dalam Komik Indonesia
Tameng Captain Amerika Diremukkan Doctor Doom

Captain America Menghadapi Doctor Doom (teehunter.com)

3. Thanos

Dalam komik miniseri The Infinity Gauntlet yang terbit tahun 1991, Thanos yang mendapatkan kekuatan luar biasa dari sarung tangan tanpa batas (infinity gauntlet) berhasil menghancurkan tameng Captain America hanya dengan satu pukulan. Tameng tersebut kemudian dikembalikan kondisinya seperti sediakala saat cucu Thanos, Nebula berhasil menguasai sarung tangan tanpa batas dan mengembalikan semua yang telah dihancurkan atau dibunuh Thanos dalam rentang waktu 24 jam ke belakang.

Thanos dalam Komik Captain Amerika

Tameng Captain America Dihancurkan Thanos (toptenz.net)

4. King Thor

Dalam komik Thor volume 2 #73 (Januari 2004), King Thor yang telah mewarisi tahta Odin dan memiliki Odin Force (kekuatan Odin), mengamuk saat Asgard diserang oleh para superhero bumi. Para superhero bumi menyerang Asgard untuk menuntut pertanggungjawaban Thor sebagai dewa karena telah berlaku tidak adil terhadap para manusia. Kemampuan King Thor dan Loki tidak dapat ditandingi oleh para superhero bumi, berturut-turut Wolverine, Hulk dan The Thing tewas di tangan King Thor, sebelum akhirnya dia berhasil membunuh Captain America dan menghancurkan tameng vibraniumnya. Namun dalam Thor volume 2 #79, King Thor yang menyesal kemudian berhasil mengembalikan waktu ke saat di mana semua kematian superhero bumi belum terjadi.

Tameng Captain Hancur oleh King Thor

King Thor Membunuh Captain America (comicvine.com)

5. The Serpent

Kalau kamu pernah menonton film Captain America 2: The Winter Soldier, di sana ada adegan saat dengan mudahnya Winter Soldier menangkap lemparan tameng Captain America. Tapi itu belum apa-apa bila dibandingkan dengan adegan dalam komik miniseri Fear Itself (2011). The Serpent, salah satu dewa Asgard dan saudara dari Odin, dengan mudah menangkap dan menghancurkan tameng Captain America dengan tangan kosong.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Bahwa 11 Anime Jepang Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata?

Diceritakan bahwa kemudian Thor membantu Captain America dengan menjatuhkan palunya ke bumi dan selanjutnya Captain menghadapi The Serpent menggunakan Mjolnir. Tameng Captain kemudian diperbaiki oleh para kurcaci Asgard dengan menambahkan bahan baku Asgard yang menjadikan tameng itu lebih kuat dari sebelumnya.

The Serpent dalam Komik Captain Amerika

The Serpent Menangkap dan Menghancurkan Tameng Captain (comicvine.com)

Demikianlah para tokoh komik Marvel yang pernah menghancurkan tameng Captain America. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti daftar nama mereka akan bertambah.

One Response

  1. Miun April 22, 2016

Add Comment