Wid NS, Komikus Indonesia yang Otodidak

Bila membahas Hasmi, ‘bapak’ Gundala, tentunya tak akan lengkap tanpa juga membahas Wid NS, pembuat Godam, sobat Gundala dan juga anggota kelompok superhero Indonesia, Patriot. Wid NS yang merupakan nama pendek dari Widodo Noor Slamet (sebagian orang menyebut namanya dengan Wida Nara Soma), sudah saling kenal dengan Hasmi sejak tahun 1963, sebelum Godam lahir. Memiliki selera yang sama pada fiksi ilmiah dan dunia superhero, keduanya sering melakukan crossover dalam komik-komik mereka. Kadang Godam muncul dalam komik Gundala, kadang sebaliknya. Rumah Wid NS di Yogyakarta bahkan difungsikan sebagai studio bersama yang dinamakan Studio Savicap, singkatan dari Sagitarius, Virgo dan Capricornus, tiga rasi bintang yang dimiliki Wid NS, Hasmi dan seorang teman.

Godam adalah Tokoh Komik Indonesia buatan Wid NS

Gundala vs Godam

Wid NS lahir di Yogyakarta pada tanggal 22 November 1938. Setelah lulus SMP Negeri II Yogyakarta pada tahun 1956, Wid NS tidak menamatkan pendidikan lanjutannya di SMA PPK Yogyakarta. Walau tidak pernah mengenyam pendidikan seni, bakat alami Wid NS telah membawanya menjadi salah satu seniman yang disegani.

Wid NS adalah komikus Indonesia Pembuat Godam

Wid NS

Belajar berbagai jenis seni secara otodidak, Wid NS memulai karirnya di dunia komik pada tahun 1968. Komik pertamanya ketika itu dihargai Rp 7.500, nilai jual yang lumayan pada masanya. Pada tahun 1970-an, komiknya dipercaya sudah dihargai Rp 50.000. Selain menggambar komik, Wid NS juga menguasai berbagai jenis seni lainnya seperti seni patung, relief, mural, teater, musik, lawakan lucu dan beberapa kesenian tradisional. Komik-komik karya Wid NS diyakini banyak terpengaruh oleh komik Amerika, dengan dipadu gaya lokal seperti Kapten Koet karya Kong Ong dan Sri Asih karya RA Kosasih, dua komik favorit Wid NS.

BACA JUGA  Punya Komik Sendiri? Terbitkan Saja Secara Online
Aquanus adalah tokoh komik Indonesia sebelum Godam

Aquanus, Tokoh Komik Indonesia Buatan Wid NS

Sebelum melahirkan Godam, Wid NS telah lebih dulu melahirkan Aquanus dan Kapten Dahana. Komik-komik Godam dibuat olehnya selama kurun waktu 1969 sampai 1980 dan telah terbit sebanyak 15 judul. Pada tahun 1983, Wid NS bersama beberapa komikus lain seperti Hasmi, Djoni Andrean, Hasyim Katamsi dan Marsoedi membuat komik berjudul “Merebut Kota Perjuangan”. Komik yang berkisah tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 tersebut dibuat berdasar pesanan pemerintah kala itu, untuk kemudian diedarkan ke perpustakaan-perpustakaan sekolah. Selepas itu, seri ke-16 dari Godam, “Ujian Buat Awang” tak pernah terselesaikan karena kondisi kesehatan Wid NS yang terganggu.

Komik Sejarah Indonesia

Komik Merebut Kota Perjuangan

Selain membuat komik superhero, Wid NS juga dikenal sebagai komikus yang sanggup membuat karya khas dengan cerita yang jarang diproduksi komikus lain. Karyanya yang lain adalah cerita silat berjudul “Anjing Setan de La Rosa” dan cerita horor berjudul “Pengantin Rumah Kubur”, juga cerita sejarah berjudul “Ken Arok” yang diterbitakan oleh penerbit Misurind. Wid NS juga pernah membuat komik bertema moralitas terbitan Kanisius yang berjudul “Fadjar”.

Pada tanggal 26 Desember 2003, di Balai Roepa Tembi, Yogyakarta, diadakan Pameran Ilustrasi Komik karya Wid NS. Sayang 5 jam sebelum pameran dibuka, Wid NS tutup usia, meninggal dengan tangan masih berlumuran cat saat sedang menyelesaikan lukisan potret dirinya, yang ternyata adalah lukisan terakhirnya. Wid NS meninggalkan seorang istri, Suradinah dan empat orang anak; Hayuning Dewi Darjati, Fajar Sungging Pramodito, Prasidani Lintang Satiti dan Anggoro Purnomosidi. Salah seorang anaknya, Fajar Sungging Pramodito kemudian meneruskan jejak Wid NS dan membuat Godam Reborn, mencoba menghidupkan kembali karya fenomenal Wid NS sekaligus berupaya membangkitkan tokoh komik superhero Indonesia.

Wid NS adalah Pengarang Komik Indonesia

Lukisan Terakhir Wid NS

Sumber tulisan dan gambar: wikipedia, sekuensi.com, lambiek.net, indosiar.com, admirawijaya.deviantart.com, popular-world.com, wikiwand.com

BACA JUGA  Keren! Ternyata 7 Karakter One Piece Ini Memang Ada di Dunia Nyata

Add Comment