9 Rekomendasi Film Tentang Perempuan Yang Sangat Inspiratif, Kartini day!

Hai movieholic berhubung kemarin adalah hari kartini maka untuk merayakannya penulis akan kasih kalian semua rekomendasi film- film inspiratif yang dimana pemeran utamanya adalah perempuan – perempuan yang kuat dan juga tangguh. Langsung saja kita mulai dari list yang pertama.

1. Hidden Figure (2016)

rekomendasi film #1

Sumber : medium

Nah di urutan pertama rekomendasi film tentang perempuan ada film Hidden Figure, film ini sendiri menceritakan tentang tiga orang wanita tangguh bernama Dorothy Vaughan, Katherine G. Johnson, dan Mary Jackson yang dimana mereka bekerja untuk NASA pada saat amerika sedang gentar melawan rusia.

Mereka merupakan tiga perempuan berkulit hitam yang sangat pintar matematika, hal ini menjadikan bukti nyata bahwa kehadiran mereka sebagai perempuan dengan ciri dan ras tertentu tidak menjadi batasan dalam meraih sebuah impian yang ingin dicapai.

tidak sampai situ saja, ketiga perempuan tersebut memiliki tantangannya masing – masing  baik dalam aspek sosial maupun aspek yang lainnya. Intinya, film ini tuh sangat menunjukan kekuatan perempuan banget, deh.

2. The Help (2013)

rekomendasi film #2

Sumber : pinterest

Film yang terinspirasi dari masalah dan isu ras pada pertengahan tahun 1960-an ini menceritakan tentang kisah seorang perempuan berkulit putih yang bernama Eugene Skeeter Phelan. Phelen menulis sebuah buku yang mewakili perasaan dan isi hati para asisten rumah tangga yang didiskriminasi karena berkulit hitam.

Tidak hanya itu, karakter perempuan yang dimainkan sangat ceria ini juga menghadapi masalah stereotype, stereotype ini adalah dimana seorang wanita yang diaggap sudah matang dan diharuskan menikah dan menjadi ibu rumah tangga, dibanding bekerja sebagia perempuan karier yang dianggap tabu pada saat itu.

Film ini menunjukan bahwa setiap manusia baik laki – laki ataupun perempuan bebas menentukan kehidupan mereka sendiri dan tidak terkekang oleh peraturan yang hanya mengkhususkan ras tertentu. Film ini menurut penulis adalah kartini nya amerika hehehe.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Drakor Terbaik Yang Wajib kamu Tonton!

3. Mona Lisa Smile (2003)

rekomendasi film #3

Sumber : deseretnews

Mona Lisa Smile ini hanyalah analogi dari sang pemeran utama dalam film ini dimana dia adalah seorang perempuan yang selalu tersenyum meskipun sebenartnya masalah yang bertumpuk sangat banyak, sama seperti lukisan karya Leonardo Da Vinci yang berjudul Mona Lisa Smile.

Meskipun senyuman mengisyaratkan kebahagian, namun matanya tidak. Film ini bercerita tentang perjuangan seorang tenaga pendidik untuk merubah tradisi yang ada dilingkungan tempat dia tinggal. Tradisi itu adalah tradisi dimana menempatkan perempuan sebagai individu nomor dua setelah laki – laki.

Mirisnya lagi, tradisi tersebut juga mengharuskan wanita menyerahkan seluruh hidupnya dan mengabdi kepada laki – laki yang menjadi suaminya dan memaksa seorang perempuan untuk mengubur dalam – dalam impiannya karena harus taat kepada suami.

4. Suffragete (2015)

rekomendasi film #4

Sumber : justwatch

Film ini adalah film yang berlatarkan peristiwa nyata di negara Inggris Raya pada awal abad ke 20-an. Nah movieholic, film ini nih menceritakan tentang tuntutan damai para perempuan untuk mendapatkan hak pilih di parlemen. Namun tuntutan para perempuan itu tidak ditanggapi oleh petinggi negara.

Melalui berbagai macam kekecewwaan, cemooh, penjara, penyiksaaan, dan kesedihan ialah Maud Watts seorang wanita yang meskipun sudah disiksa tetap menjadi aktivis dan tetap berjuang dalam memerangi ketidakadilan yang dialami oleh kaum perempuan dengan menjadi seorang militan.

Di film ini, kita bisa melihat bagaimana susah dan terpuruknya perempuan dimasa itu dimana mereka mengalami kekerasan rumah tangga, kerasnya kehidupan perempuan yang bekerja, kekerasan seksual pada anak serta keberpindahan hukum pada kamul laki – laki, pokonya sedih banget deh film yang satu ini.

5. Still Alice (2014)

rekomendasi film #5

Sumber : telegraph

Diadaptasi dari sebuah novel yanag laris karya Lisa Genova yang berjudul sama, film ini menceritakan sebuah kisah seorang ibu bernama Dr. Alice Howland. Karakter Alice dalam film ini dijelaskan bekerja sebagai seorang profesor di bidang liguistik yang amat sangat cerdas.

BACA JUGA  Rekomendasi Anime

Namun tiba – tiba dia merasakan perubahan fisik dan emosional karena peyakit yang dideritanya. Dia khawatir penyakit yang dideritanya ini berpotensi menurunkan kepada anak – anak nya secara genetis. Nah, dari film ini sendiri kita akan melihat berbagai macam cara dan kekuatan seorang ibu.

Dimana seorang ibu ini harus memikirkan dan berusaha berfikir positif demi melindungi anak – anaknya. Selain itu film ini juga menyisipkan pesan penting mengenai pentingnya dukungan antar sesama perempuan dalam melewati berbagai macam masalah.

6. Sokola Rimba (2013)

rekomendasi film #6

Sumber : cinejour

Setelah tadi ada film dari luar negeri kali ini rekomendasi film tentang wanita datang dari dalam negeri, sekarang kita membicarakan film dalam negeri dulu ya. Film yang digarap oleh sutradara Riri Riza menampilkan peran Prisia Nasution, sebagai Butet Manurung yang diangkat dari kisah Saur Malina yang merupakan perempuan batak.

Karena jiwa sosial yang tinggi dia pun membuka sekolah di sebuah pedalaman suku kubu di taman Nasional Bukit Dua Belas, jambi. Di film ini, butet diceritakan bertemu dengan sikap sosial dan budaya atau culture yang baru baginya. Tentu saja Butet mendapatkan penolakan dari suku tersebut, namun Butet tidak mudah menyerah.

Film ini sangat bagus, perjuangan seorang perempuan yang ingin memajukan dan mencerdaskan sebuah suku di sebuah pedalaman ini sangat layak untuk kalian tonton. Ditambah film ini dari indonesia.

7. 3 Nafas Selikas (2014)

rekomendasi film #7

Sumber : youtube

Film yang dirilis tahun 2014 ini sangat rekomended untuk kalian tonton selain alur cerita yang komplit dan bagus, film ini sangat menginspirasi betapa perjuangan seorang perempuan yang membuat bulu kuduk penulis merinding nonton film ini.

BACA JUGA  7 Rekomendasi Anime Romance Yang Bikin Baper

Film yang dirilis awal tahun 2014 ini mengisahkan tentang seorang wanita benama Likas yang ingin menggapai cita -cita dan kesuksesannya dengan berpegang erat pada janji nya pada tiga orang yaitu Ayahnya, kakaknya dan suami tercintanya.

Likas kemudian berjuang membuktikan kepada tiga orang yang dicintainya itu dan tentu harus berhadapan dengan tradisi budaya karo yang menganggap bahwa perempuan bekerja itu merupakan aib bagi keluarga, tentunya ini menjadi cobaan sendiri bagi likas.

8. 3 Srikandi (2016)

rekomendasi film #8

Sumber : idntimes

Film garapan sutradara Imam Brotoneso ini mengisahkan kisah tiga atlet panahan asal indonesia bernama Lilies Handayani, Kusuma Wardani dan Nurfitriyana.

Film ini menceritakan bagaimana perjuangan atlit panahan ini berhasil melawati masa – masa sulit dan berbagai penentangan batin sebelum bisa berhasil meraih medali emas Olimpiade yang di gelar pada tanggal 1 Oktober 1988 di Seoul, Korea Selatan dan menjadi wanita hebat dengan berprestasi di bidang olahraga.

9. Brave (2012)

rekomendasi film #9

Sumber : youtube

Nah movieholic tidak semua inspirasi atau motivasi bisa didapat dari film – film biasa loh, kali ini ada Brave sebuah animasi besutan Disney yang menurut penulis sangat menginspirasi karena mengisahkan seorang perempuan kuat yang  dipaksa untuk menjadi seorang putri pada umumnya.

Film ini adalah pelajaran tentang fenimisme yang di jelaskan dalam bentuk animasi untuk anak – anak. Tokoh utamanya sendiri bernama Putri Merida. dia merupakan anak dari seorang raja skotlandia, Merida sangat berbeda dari putri – putri yang lain. Jiwanya bebas, nggak suka diatur-atur oleh kerjaan dan posisi nya sebagai putri.

Dia sangat suka berpetualang, menunggang kuda, memanah bahkan memanjat tebing. Pokonya film besutan Disney ini menunjukan bahwa sosok perempuan itu bukanlah sosok yang lemah hanya saja kodrat sebagai wanita itu sendiri yang menghalangi diri untuk berekspresi.

Add Comment